Cara Menggabungkan File Menjadi Satu

Menggabungkan PDF pada saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang biasa digunakan di dalam dunia kerja. Bagaimana tidak, pola kerja yang telah menuntut Anda untuk selalu cepat dan tepat membuat Anda harus mencari sebuah tools yang dapat membantu produktivitas pekerjaan.

Portable Document Format atau PDF adalah salah satu format dokumen yang biasa digunakan untuk mengirim file secara online.

Format PDF yang telah dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 ini mempunyai tujuan untuk menampilkan dokumen misalnya; huruf, teks, gambar dan grafis menjadi dua dimensi.

Maka dari itu, kali ini kami akan mengulas bagaimana cara menggabungkan file PDF. Langsung saja simak pada penjelasan berikut ini:

1. Smallpdf.com

Cara menggunakan file PDF yang pertama bisa dilakukan secara online. Karena Anda akan membuat file PDF melalui salah satu situs yang bernama smallpdf.com.

Berikut ini adalah bagaimana cara membuat PDF melalui situs smallpdf ini:

1. Pertama Anda bisa masuk ke browser di komputer Anda, kemudian kunjungi situs smallpdf.com

2. Lalu, pilih dokumen yang ingin Anda gabungkan, klik dan tahan pada dokumen tersebut, kemudian seret berkas ke jendela yang berwarna abu-abu bertulisan Drop PDF Here yang terdapat di laman situs.

3. Kemudian sunting berkas Anda sesuia dengan urutan yang Anda inginkan.

4. Terakhir apabila Anda sudah selesai merapikan dokumen yang sudah sesuai dengan urutan, klik tombol Merge PDFI yang berada di bagian bawah. Jika Anda ingin menyimpan file di komputer Anda, klik download file yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini Anda bisa klik disini.

2. Nitro PDF

Nitro PDF merupakan salah satu software yang telah dirancang untuk membuat dan menyunting file PDF. Tetapi sayangnya aplikasi ini berbayar. Tentunya Anda dapat memanfaatkan versi trial dari Nitro PDF untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Berikut ini adalah panduan lengkap bagaimana caranya menggunakan aplikasi Nitro PDF ini:

1. Pertama, Anda bisa mendownload Nitro PDF. Di sini, Anda akan mendapatkan versi trial yang dapat Anda pakai selama 14 hari. Ketika masa sudah habis dan Anda ingin menggunakannya lagi harus membeli aplikasi ini.

2. Kedua, buka aplikasi Nitro PDF yang sudah Anda download.

3. Ketiga, pilih dokumen yang ingin Anda gabungkan dalam bentuk file PDF. Tekan shift+klik kiri pada semua dokumen yang sudah Anda pilih. Pindahkan file ini dalam suatu folder agar nantinya mempermudah Anda untuk mencarinya.

4. Keempat, masuk kembali ke aplikasi Nitro PDF dan kemudian buka folder yang berisi dokumen yang ingin Anda gabungkan melalui aplikasi tersebut dengan memilih menu Combine Files in Nitro PDF.

5. Kelima, lalu rapikan dokumen yang suah Anda pilih dengan cara menyortirnya sesuai dengan urutan. Gunakan tombol Move Up dan Move Down untuk menaikkan atau menurunkan urutan dari dokumen tersebut.

6. Pilihlah kualitas terbaik sehingga nantinya dokumen yang Anda inginkan menjadi terlihat terbaik, dengan cara klik Make PDF File. Di sini saya menyarankan Anda untuk menggunakan Print Ready (Large File Size).

7. Simpan dokumen Anda pada kotak Save PDF to dan kemudian pilihlah lokasi penyimpanan.

8. Selanjutnya pilih Crate, maka file PDF Anda selesai dibuat

Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender

3. Adobe Acrobat

Berbeda halnya dengan Adobe Reader, Adobe Acrobat merupakan salah satu software besutan dari Adobe Sytems yang dipakai untuk membuat sampai mengedit file PDF.

Salah satu yang dapat digunakan dari aplikasi ini yaitu menggabungkan beberapa file sekaligus. Berikut ini merupakan beberapa cara menggunakan aplikasi Adobe Acrobat ini:

1. Unduh Adobe Acrobat di komputer Anda. Pilihlah versi Standart Pro dan bukan lagi versi trial. Biasanya komputer sudah dilengkapi dengan Adobe Acrobat. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda mengunduh versi terbarunya.

2. Lalu, buka software Adobe Acrobat, klik menu Create yang terdapat pada toolbar utama. Jika Anda tidak bisa menemukan tombol Create PDF, lalu buka View yang terdapat di toolbar, kemudian pilih tombol Task dan kemudian dengan memilih menu Show All Task Buttons.

3. Kemudian, pilihlah menu Combine Files Into a Single PDF yang terdapat pada menu Menu ini memiliki fungsi yaitu untuk menggabungkan beberapa dokumen yang ada di komputer Anda menjadi satu file.

4. Klik tombol Browse pada windows yang telah muncul di layar komputer Anda. Lalu carilah dokumen yang akan Anda gabungkan dalam satu file. Kemudian klik OK dan dokumen yang telah Anda pilih akan otomatis tersalin ke kontak putih sebelah kanan.

5. Lalu, sortir dokumen yang sudah Anda pilih sesuai dengan urutan. Anda dapat memakai tombol Remove, Move up dan Move Down untuk dapat merapikan data. Jangan lupa hilangkan tanda centang pada sebelah tulisan Include all Open PDF Files jika Anda tidak ingin memakai file PDF yang sudah pernag Anda buka sebelumnya.

6. Kemudian, setelah dokumen tersebut diurutkan, klik tombol Combine Files dan tekan OK.

7. Jika proses penggabungan dokumen sudah menjadi satu file PDF selesai, sekarang saatnya Anda untuk menyimpan file PDF dengan cara Save As, sesuai dengan nama yang sudah Anda inginkan.

Jika Anda hendak mengunduh dan menggunakan aplikasi ini tentunya Anda bisa mendowloadnya disini.

4. Icecream PDF Split & Merge

Icecream PDF Split & Merge merupakan jenis aplikasi yang telah dikembangkan oleh Adobe Systems. Namun, jenis aplikasi ini sangat cukup efektif untuk dapat menyatukan dokumen menjadi satu file.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menggabungkan PDF dengan aplikasi Icecream PDF Split & Merge:

1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Icecream Split & Merge dan kemudian install ke komputer Anda. Pada saat Anda menginstall aplikasi tersebut, jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang di bagian pilihan opsi instalisasi perangkat lunak yang Anda inginkan.

2. Lalu, buka aplikasi ini, kemudian klik tombol Add File dan pilih dokumen yang akan Anda gabungkan.

3. Kemudian, sortir beberapa dokumen yang sudah Anda pilih sesuai dengan urutan yang Anda inginkan dengan memakai tombol UP dan DOWN yang berada di samping kanan. Anda dapat juga menambahkan kata sandi untuk memperoteksi berkas yang sudah Anda gabungkan tersebut.

4. Lalu, ketika Anda sudah merasa selesai merapikan dokumen, klik tombol Merge untuk menggabungkan seluruh dokumen menjadi satu file PDF.

Anda ingin menggunakan aplikasi ini tentunya sangat bisa dengan cara klik disini.

5. Xodo PDF Reader & Editor

Ini adalah salah satu aplikasi untuk membaca dan juga mengedit PDF dengan mudah dan cepat. Yaitu dengan cara menggabungkan file PDF pada HP Android. Anda hanya perlu untuk install dan juga download aplikasi Xodo PDF Reader dan Editor ini.

Hanya saja Anda perlu untuk memasukan file PDF yang ingin digabungkan, lalu Anda langusng merge file PDF tersebut. Xodo PDF Reader & Editor ini mempunyai beberapa fitur untuk dapat mengedit file di PDF. Anda tentunya bisa memakai tools yang berada pada bagian atas.

6. PDF Utility – Lite

Ini adalah salah satu aplikasi yang dapat menggabungkan dua atau lebih file PDF. Cara yang pertama yaitu Anda bisa mendownload di Google Play Store.

Lalu, Anda dapat memilih fitur Merge. Nah, setelah itu Anda akan diminta untuk memilih beberapa file PDF yang ingin Anda gabungkan, klik select file. Berikutnya, Anda dapat klik tanda Checklist yang berada pada bagian pojok kiri bawah. Sangat mudah, bukan?

Baca juga: Cara Merekam Layar di Laptop

7. WPS Office

Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih PDF menjadi satu PDF saja. Selain itu, Anda juga dapat membuat tanda tangan secara langsung pada layar HP Anda dengan cara mengandalkan aplikasi WPS Office.

8. PDF Tool

Walaupun aplikasi ini tergolong aplikasi berbayar, namun untuk harga dari aplikasi ini juga tidak mahal, hanya Rp.6000 saja.

Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah. Pertama, Anda hanya perlu download aplikasinya dengan cara klik disini. Kemudian pilihlah Merge.

Lalu, Anda bisa memilih beberapa file yang telah Anda inginkan. Terakhir, klik tombol Merge pada bagian bawah. Tunggu beberapa saat sampai PDF Tool selesai melakukan proses penggabungan file PDF tersebut.

9. PDFelement 6

Tidak perlu ribet ketika Anda hendak mencari software  untuk menggabungkan file menjadi PDF. Ini adalah salah satu aplikasi bagus dan juga praktis untuk mengedit file PDF atau menggabungkan PDF.

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk menggunakan aplikasi PDFelement 6 ini:

1. Unduh aplikasinya, lalu masuk ke dalam aplikasinya, dan langsung pilih Combine PDF.

2. Lalu, pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan. Anda dapat klik langsung pada Browse dan mencari file-nya atau Anda juga dapat langsung melakukan drag & drop pada file PDF-nya.

3. Jika sudah selesai, maka Anda langsung bisa klik

4. Kemudian, tunggulah beberapa detik untuk menggabungkan dua file PDF menggunakan aplikasi PDFelement 6 ini.

10. PDF Utils

PDF Utils ini merupakan salah satu jenis aplikasi yang dapat memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin menggabungkan file PDF atau gambar menjadi satu file PDF. Keistimewaan lain yang telah disajikan oleh aplikasi ini yaitu beban iklan yang tidak ada atau gratis untuk digunakan.

Nah, untuk menggabungkan file PDF ini sangat mudah, yaitu dengan cara Anda bisa langsung pilih tools Merge. Lalu, Anda bbisa langsung masukkan file PDF yang ingin digabungkan dan lalu langsung gabungkan file-nya tersebut.

11. PDF Tools

Sebetulnya aplikasi ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi lainnya. Untuk dapat menggabungkan pdf, yang pertama Anda harus klik pada bagian merge. Lalu, pilihlah beberapa file pdf yang ingin Anda gabungkan. Terakhir, Anda cukup klik tanda centang yang terdapat pada bagian bawah dan tunggulah beberapa saat sampai semua file pdf Anda berhasil digunakan.

12. Foxit

Foxit adalah sebuah software yang dapat Anda gunakan untuk menggabungkan semua jenis file PDF menjadi satu file saja.

Aplikasi ini telah mengklaim bahwa dapat mampu untuk menggabungkan file-file PDF dengan cepat dan mudah, hingga beberapa pun file-nya.

Selain digunakan untuk menggabungkan file PDF, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai software PDF Editor dimana didalam penggunaannya  dapat menambahkan watermark, pages, header/footer, ke dalam file PDF-nya tersebut.

Baca juga: Cara ScreenShot di Laptop

13. PDF Doctor Premium

Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan yaitu Anda hanya perlu memilih tools Merge. Kemudian,  Anda dapat secara langsung memilih file PDF yang ingin digabung. Selanjutnya, Anda dapat langsung klik Meger PDFs. Ketika sudah selesai, sekarang file PDF Anda berhasil digabungkan menjadi satu.

14. Combine PDF

Seperti halnya dengan aplikasi smallpdf, combine PDF ini adalah alat pengolah PDF online secara gratis yang cukup mudah untuk Anda gunakan.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan oleh para penggunanya, diantaranya dapat memilih sampai 20 file PDF dan gambar dari komputer atau drag file-file Anda ke area combine PDF. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang sangat mudah ketika Anda hendak menggunakan aplikasi combine pdf ini:

1. Masuk ke situs combinepdf.com

2. Lalu, klik dan seret file untuk mengubah susunannya tersebut.

3. Pada saat semua file sudah digabungkan, kemudian klik tombol gabungkan.

15. Ilovepdf

Aplikasi berbasis online berikutnya adalah iLovePDF. Berdarkan riset dari aplikasi ini, bahwa menangani file PDF ini terkadang memakan waktu. Beberapa tawaran menarik dari iLovePDF adalah tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak ketika untuk menggabungkan PDF.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan ketika Anda ingin menggabungkan PDF menggunakan aplikasi iLovePDF ini, diantaranya:

1. Buka situs iLovePDF.com

2. Lalu Anda arahkan ke menggabungkan PDF

3. Kemudian pilih beberapa file PDF yang akan Anda gabungkan sesuai dengan urutan, file dapat lewat di unggah dari perangkat komputer atau cloud misalnya Google Drive dan Dropbox.

4. Berikutnya pilih gabungkan PDF.

5. Langkah selanjutnya untuk PDF yang sudah Anda gabungkan tersebut.

Itulah beberapa cara atau tutorial untuk menggabungkan file PDF baik itu secara online maupun offline, selamat mencoba dan jangan lupa share kepada teman-teman Anda ya.

Tinggalkan komentar