20+ Jenis Burung Beo: Ciri, Cara Perawatan dan Harga Terbaru 2021

13 min read

Jenis Burung Beo
Home » Makhluk Hidup » Burung » 20+ Jenis Burung Beo: Ciri, Cara Perawatan dan Harga Terbaru 2021

Restuemak.comNegara Indonesia mempunyai beragam flora dan juga fauna. Salah satu fauna yang cukup unik yakni Burung Beo. Keunikan dari burung ini terlihat dari suaranya yang dapat menirukan suara yang didengarnya.

Burung beo ini lebih dikenal sebagai salah satu burung yang sangat ahli dalam menirukan suara manusia dan apapun yang ada di sekitarnya, hal ini dikarenakan beo mempunyai struktur yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis burung penyanyi lainnya.

Ada juga jenis dari burung Calibri yang juga mempunyai suara bagus, namun suara dari burung Calibri ini masih kalah bagus dengan suara burung beo. Burung beo mempunyai kecerdasan yang lebih.

Meskipun, burung beo mempunyai otak yang mampu untuk mengendalikan pembelajaran vocal yang bernama cora dan juga mempunyai cangkang atau cincin luar yang relative besar. Hal ini yang dapat menyebabkan burung beo dapat menirukan suara manusia.

Berikut ini restuemak.com akan menjelaskan secara singkat tentang burung beo yang wajib untuk kalian ketahui:

Sejarah atau Asal Usul Burung Beo

Jenis Burung Beo
sumber: gemarburung.com

Banyak orang yang masih penasaran kenapa sih burung beo ini dapat  menirukan suara manusia maupun yang didengarnya. Sehingga untuk sebagian banyak, orang beo ini mempunyai keistimewaan jika dibandingkan dengan burung lainnya.

Beo dapat menirukan suara manusia karena pada lidahnya dapat mengatur suara yang keluar, sampai mampu menirukan ucapan dari manusia. Burung beo dapat mengeluarkan suara per huruf vocal, hingga beberapa kata yang telah diucapkan manusia tersebut.

Manusia dan juga burung beo sama-sama dalam menghasilkan suara dari pangkal tenggorokan. Suara inilah dapat diubah sesuai dengan gerakan lidah. Sehingga burung beo dapat dengan baik untuk mengucapkan huruf vocal dan juga konsonan.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa beo sangat berbeda dengan burung lainnya, karena beo adalah salah satu burung yang dapat menghasilkan suara dari laring tanpa dibantu dengan lidah. Burung beo juga dapat berbicara karena lidah beo dapat digerakkan ke depan maupun ke belakang.

Dengan gerakan inilah dapat menciprakan sebuah suara yang hampir sama dengan suara  manusia maupun suara apapun yang telah didengarnya.

Dengan adanya kelebihan-kelebihan inilah, tidak heran lagi jika beo mempunyai harga yang terbilang lebih mahal jika kita bandingkan dengan burung lainnya.

Ciri-Ciri Burung Beo

Jenis Burung Beo
sumber: burungnya.com

Setelah kalian mengerti singkat tentang kelebihan beo dibandingkan dengan burung lainnya, Anda wajib untuk mengetahui ciri-ciri dari burung beo. Karena antara burung jantan dan burung Betina mempunyai ciri-ciri tersendiri, namun sangat sulit sekali untuk dibedakan.

Karena dari segi burung beo baik itu yang jandan maupun yang betina juga mempunyai ciri fisik yang hampir sama seluruhnya, sehingga untuk mengerti perbedaan dari keduanya perlu dibutuhkan waktu yang lama.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin mempunyai burung beo ini, sangat penting untuk mengerti lebih jauh tentang perbedaan antara keduanya.

Untuk dapat mengerti perbedaannya, ada beberapa bagian utama dari burung ini yang di kenal dapat menunjukkan ciri-ciri perbedaan antara beo betina dan juga jantan. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ciri-ciri antara beo jantan dan burung beo betina.

A. Ciri-Ciri Burung Beo Jantan yang Sudah Dewasa

Burung beo jantan mempunyai ciri pertama adalah tubuhnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung beo betina. Selain itu, pada burung beo jantan ini juga mempunyai kepala yang lebih besar, papak dan kotak dika dibandingkan dengan burung beo betina.

Untuk dapat mengerti kedua ciri-ciri tersebut, Anda dapat meletakkan kedua burung tersebut di dalam satu kandang. Selain kedua ciri-ciri tersebut, tentunya masih  banyak perbedaan dari ciri-cirinya.

Seperti halnya yang terdapat pada beo jantan, pada bagian kepala belakangnya terbentuk lengkungan sudut, matanya juga mempunyai ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan dengan jenis beo betina dan juga mempunyai bentuk paruh yang ukurannya lebih pendek dan lebih besar jika dibandingkan dengan burung beo betina.

Perbedaan yang dapat dilihat antara beo jantan dan betina juga terlihat dari cara berdirinya. Burung beo jantan cenderung membungkuk dan menunduk pada bagian tubuhnya, karena mempunyai bagian tubuh yang lebih besar, selain itu, burung beo juga mempunyai jengger yang sangat khas.

Pada burung beo jantan mempunyai jengger yang berwarna kuning gelap. Pada bagian sisi mata ini terbentuk seperti segitiga yang tidak beraturan jika dilihat dari samping.

Ciri khas lain yang dapat membedakan antara beo betina dan juga beo jantan adalah terlihat pada bagian saluran pembuangan yang dimilikinya terdapat benjolan lebih mencolok.

Saluran pembuangan ini dapat disebut dnegan Kloaka. Burung beo jantan ini mempunyai nafsu makan yang relating sedikit, sehingga tidak secerewet dengan beo betina. Namun lengkingan dari suara beo jantan tidak jauh lebih keras.

B. Ciri-Ciri Burung Beo Betina yang Sudah Dewasa

Ciri-ciri dari burung beo betina sangat berbeda dengan jenis beo jantan. Burung beo jantan mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan bulat jika dibandingkan dengan beo betina.

Untuk bentuk dari kepalanya juga sangat berbeda dengan beo jantan. Beo betina mempunyai bentuk kepala yang lebih kecil.

Bahkan, untuk bagian belakang kepala terdapat bentuk sudut lebih landau. Selain itu pada burung beo betina ini juga mempunyai mata lebih kecil, tampilan paruh beo betina lebih ramping dan juga panjang jika dilihat dari samping. Perbedaan yang lain juga terletak pada jengger beo betina yang terlihat lebih kuning dan lebih terang.

Hal ini tentu saja berbeda dengan jenis beo jantan yang mempunyai jengger berwarna kuning gelap. Pada bagian sisi mata beo betina adalah berbentuk segitiga sempurna dan juga saluran pembuangan tidak ada benjolan seperti pada beo jantan.

Dari beberapa perbedaan inilah, ciri utama yang telah dimiliki oleh beo betina adalah cara berdirinya yang lebih tegak.

Selain itu pada beo betina ini juga lebih menengadahkan kepalanya dengan baik dan sikap burung betina jauh lebih cerewe dan mempunyai nafsu makan yang lebih besar.

Baca juga: Jenis Burung Cendrawasih

Jenis Burung Beo Dengan Karakter Berbeda

Jenis Burung Beo
sumber: jaraksuren.net

Berikut ini adalah 12 jenis Burung beo yang berasal dari seluruh dunia, langsung saja berikut ini adalah penjelasannya

1. Jenis burung beo srilanka gracula ptilogenys.

2. Jenis burung beo nias gracula robusta.

3. Jenis burung beo enggano gracula enganensis.

4. Jenis burung beo gracula relegiosa.

5. Jenis sub spesies burung beo yang pantas dipelihara

6. Jenis burung beo dari daerah pulau flores.

7. Jenis burung beo dari kep. Sunda kecil maupun besar.

8. Jenis burung beo dari bastar india tengah.

9. Jenis burung beo dari pulau pelawan,Filipina.

10. Jenis burung beo dari indocina.

11. Jenis burung beo dari nekobar.

12. Jenis burung beo dari kepulauan mentawai dan batu.

Setelah kita mengerti 12 spesies dari burung beo  yang berasal dari belahan dunia, ada juga hal lain yang perlu untuk Anda ketahui tentang variasi jenis beo. Berikut ini adalah varian jenis dari beo tersebut:

a. Burung Beo Jenis Nias (Gracula Robusta)

Jenis burung beo yang berasal dari Pulau Sumatera yakni Beo Nias. Hampir sama dengan jenis beo pada umumnya, beo nias ini juga mampu untuk berbicara dengan cara mengulang perkataan manusia atau suara apapun yang telah didengarnya.

Burung beo Nias ini mempunyai ciri tersendiri jika kita bandingkan dengan jenis beo lainnya.

Adapun ciri khasnya adalah pada bagian kepalanya terdapat bulu-bulu pendek dan juga sepanjang cuping telinganya dapat menyatu dengan bagian kepala belakangnya. Selain itu pada bagian kepala belakangnya terdapat gelambir.

Selain itu terdapat pula jengger yang berwarna kuning mencolok hampir sama dengan jengger ayam pada bagian telinganya.

Di bagian sisi kepalanya terdapat sepasang pial yang berwarna kuning dan iris matanya yang berwarna coklat gelap. Selain itu ciri-ciri lain yang terdapat pada beo nias adalah bentuk paruhnya yang runcing dan juga berwarna kuning oranye.

Selain itu, jenis burung nias ini pada bagian tubuhnya tertutup dengan bulu berwarna hitam dan berwarna putih pada bagian ujungnya.

Uniknya lagi, pada beo nias ini mempunyai kaki berwarna kuning dan mempunyai 4 jari kaki. 3 jari menghadap ke depan dan juga 1 jari menghadap ke belakang. Burung Beo Nias ini sangat menyukai biji-bijian, sejenis serangga dan juga buah-buahan.

b. Burung Beo Jawa

Varian dari burung beo yang selanjutnya adalah Beo Jawa. Sesuai dengan namanya beo ini berasal dari pulau Jawa dan Sumatera. Burung beo Sumatera ini mempunyai bentuk fisik yang hampir sama dengan burung Beo Nias. Namun untuk perbedaanya terletak pada bentuk tubuhnya.

Burung beo dari Nias mempunyai postur tubuh yang lebih besar. Sedangkan untuk burung beo Jawa ini mempunyai postur yang lebih kecil. Uniknya dari burung beo Jawa ini mempunyai bentuk yang cukup berbeda dengan beo jenis lainnya.

Burung beo ini memang sudah terkenal sebagai burung yang mempunyai kemampuan berbicara, baik itu beo jantan maupun beo betina.

Jika burung ini dilatih mulai dari anakan, maka naluri dari burung tersebut untuk mengucapkan kalimat yang didengarnya akan semakin mudah dan juga cepat.

Jika dilihat dari segi fisiknya, burung beo Jawa dengan burung beo Nias terlihat hampir sama, yang menjadi perbedaannya adalah dari ukuran dari tubuhnya.

Lebih tepatnya yaitu ukuran panjang beo Jawa rata-rata 29 cm sampai 30 cm, sedangkan untuk beo Nias mempunyai ukuran 36 cm. selain itu perbedaan dari beo jawa dan nias terlihat pada jenggernya.

c. Burung Beo Enggano

Varian dari burung beo yang berikutnya adalah beo Enggano, burung ini mempunyai nama latin yakni Gracula Enganensis.

Burung jenis ini berhabitat di pulau Enggango yang merupakan pulau kecil yang berada di daerah pulau Sumatra, sampai inilah asal usul dari nama burung beo enggano tersebut.

d. Burung Beo Sri Langka

Beo Sri Langka ini yang berasal dari  Negara Sri Langka, hal ini telah disesuaikan dengan namanya. Burung beo Sri Langka ini mempunyai nama latin Gracula Ptilgenys.

Sri Langka memang sudah terkenal sebagai daerah yang memang ditinggali oleh berbagai jenis hewan, sala satunya adalah Burung Beo.

Semua jenis beo memang mempunyai keahlian atau kemampuan untuk dapat menirukan suara manusia maupun suara apapun yang telah didengarnya.

Namun, tetap saja jika burung ini belum pernah dilatih untuk berbicara, maka kemampuan untuk menirukan suara manusia juga nol atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan dari burung beo dalam berbicara menirukan suara manusia, latihlah secara rutin memang sangat diperlukan sekali.

Nah, untuk kemampuan berbicara menirukan dari suara manusia, untuk itu mari kita simak penjelasan selanjutnya tentang keunikan dari burung beo  tersebut.

Keunikan Burung Beo

Jenis Burung Beo
sumber: jaraksuren.net

Jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya, Burung Beo ini mempunyai keunikan tersendiri karena dapat menirukan semua bicara manusia atau suara yang didengarnya.

Selain itu, burung beo juga mempunyai fakta unik yang lain. Berikut ini adalah keunikan lain dari burung beo yang perlu untuk kalian ketahui, antara lain:

1. Hewan Cerdas Pemakan Segala

Burung beo ini memang sangat istimewa jika dapat dibandingkan dengan jenis burung-burung lainnya. Karena burung beo adalah salah satu burung yang cukup unik dan juga cerdas.

Kecerdasan serta kemampuan beo dalam berbicara ini dapat dilatih dengan sangat mudah. Jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya, beo ini mempunyai perbedaan pada lidah dan juga suaranya yang begitu unik.

Dengan mempunyai lidah dan juga suara ini, beo tersebut dapat lebih mudah untuk menirukan suara manusia maupun yang telah didengarnya. Burung beo sudah dikenal sebagai binatang Omnivora, karena burung ini tergolong burung pemakan segala jenis.

2. Fasih Menirukan Suara Manusia

Keunikan selanjutnya dari beo adalah mempunyai suara yang fasih dan dapat dengan mudah menirukan suara manusia maupun suara apapun yang didengarnya, namun tentu saja masih perlu dilatih oleh manusia.

Burung beo ini mampu untuk membedakan beberapa huruf vocal, sebab keunikan lidahnya. Dengan begitu, beo dapat mengucapkan berbagai jenis kata yang telah didengarnya.

Misalnya halnya dengan huruf A dan O. Burung beo ini juga mempunyai kemampuan lain yakni ingatannya yang cukup kuat.

Burung beo tidak hanya terkenal di Negara Indonesia saja. Namun, juga di beberapa daerah burung ini cukup terkenal, misalnya di Negara Filipina, India, Sri Langka dan juga beberapa Negara lainnya.

3. Harganya Mahal

Dengan keunikan dan juga kelebihan inilah, harga dari beo memang sangat mahal. Namun, jenis dan juga kemampuan yang telah dimilik beo yang dapat menyebabkan harganya berbeda-beda.

Biasanya, satuan harga dari burung beo antara Rp.500.000, sampai lebih dari Rp.3.000.000, di pasaran.

Selain mempunyai kemampuan yang unik, beo juga tergolong hewan yang mempunyai umur panjang bahkan sampai puluhan tahun, sehingga tidak heran lagi jika harga beo ini sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya.

Baca juga: Jenis Burung Kenari

Cara Merawat Anak Burung Beo

Anak an dari burung beo memang tidak jauh berbeda dengan burung lainnya. Yang mana pada anakan yang masih berwarna pink, tanpa bulu dan juga masih buta.

Dengan kondisi yang seperti itulah, burung beo harus dijaga serta dirawat secara hati-hati. Perawatan macam ini perlu dilaksanakan sampai anakan tersebut berusia 8 hingga 10 hari.

Namun, tetap saja harus teratur, misalnya halnya memberikan makan pada jam 6 pagi sampai menjelang malam dengan jumlah kurang lebih 10 kali dalam sehari.

Dengan kata lain memberikan makanan pada anakan beo ini setiap 2 jam sekali. Mulai dari usia 0 sampai 2 minggu, anakan dari beo ini perlu untuk diserahkan perawatannya pada induknya, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatannya.

Dengan begitu kalian dapat keuntungan yakni tidak perlu repot-repot untuk selalu memantaunya. Kalian juga dapat memisahkan anakan dari indukannya dan juga dipelihara sendiri, jika burung beo berusia 10 hinggan 14 hari.

Pada saat anakan sudah berusia 3 minggu, kalian dapat memberikan pakan yang lebih bervariasi agar beo tidak mengalami bosan.

Seperti halnya pisang yang sudah ditumbuk lalu dicampur dengan voer halus dan air, sedangkan untuk EF-nya dapat memakai jangkrik.

Burung beo dapat mencari makan sendiri, jika sudah berusia 6 hingga 7 minggu. Untuk dapat meningkatkan kemampuan beo di dalam berbicara, ada beberapa teknik khusus yang dapat kalian lakukan. Sebab, pada fase ini anakan burung beo sudah berpisah dengan indukannya.

Cara Merawat Burung Beo Dewasa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika beo adalah salah satu hewan yang mempunyai umur panjang sampai puluhan tahun lamanya. Dengan panjangnya umur inilah, maka sangat diperlukan untuk pemeliharaan dengan komitmen yang kuat.

Burung beo yang membutuhkan beberapa perhatian khusu misalnya bermain dan berlatih, sehingga tidak hanya membutuhkan perawatan fisik saja.

Burung beo akan mudah bosan dan juga stress jika kurangnya sebuah perhatian, kurangnya perhatian juga dapat menimbulkan kebiasaan buruk pada beo misalnya mencabut bulunya sendiri.

Jika dapat dibandingkan dengan jenis burung lainnya, burung beo ini dikenal pintar. Bahkan, beo ini lebih cerdas dan juga mempunyai keingintahuan yang begitu tinggi.

Maka dari itu, jika dari kalian mempunyai beo, perlu untuk mengerti tata cara untuk merawat beo. Berikut ini adalah tips atau cara merawat beo yang benar dan juga tepat:

a. Kenali Jenis Burung Beo

Apakah Kalian adalah salah satu orang yang ingin memutuskan untuk memelihara beo? Jika ini benar, terlebih dahulu Kalian harus dapat mengenali jenis dan juga karakteristik dari burung tersebut. Dengan mengetahuinya, Kalian dapat lebih mudah untuk memperlakukannya dengan tepat.

Ada juga perlu untuk mengerti jenis makanan apa yang cocok untuk beo. Selain itu juga penting untuk mengerti jenis penyakit yang sering menyerangnya, bagaimana cara memperlakukan burung tersebut dan juga lain sebagainya yang telah berhubungan dengan burung tersebut.

Untuk dapat memlihara beo, Kalian perlu untuk mengerti juga apakah burung itu termasuk burung yang dilindungi atau tidak. Karena jika memelihara burung beo yang telah dilindungi termasuk tindakan legal, sampai bertentangan dengan hukum.

b. Membersihkan Kandang Burung Setiap Hari

Di dalam merawat beo, Kalian juga perlu untuk membersihkan kandangnya secara rutin setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk agar kesehatan dari beo tersebut lebih terjaga dan tentunya lebih nyaman.

Dengan kita menjaga kebersihan kandang juga dapat menghindarkan dari infeksi kuman penyakit, karena setiap harinya di kandang tersebut aka nada makanan, kotaran, bulu burung yang rontok.

Maka dari itulah memang sangat penting untuk dibersihkan dengan cara dicuci dan juga di sikat memakai air yang mengalir.

Cara mencuci kandang beo ini tidak bisa sembarangan, yang perlu untuk Kalian lakukan untuk membersihkan kandang burung yakni memakai air. Kemudian campur air tersebut dengan sabun cuci piring. Melaksanakan cara ini sangat bermanfaat untuk dapat menghilangkan bau kotoran pada kandang tersebut.

Cara berikutnya yang perlu untuk Kalian lakukan adalah keringkan kandang tersebut sebelum dipakai kembali, caranya adalah dikeringkan memakai lap kering atau dijemur.

c. Cuci Tempat Makan Dan Minuman

Selain dengan membersihkan kandangnya, penting juga untuk membersihkan tempat makan dan juga minumnya. Setidaknya dibersihkan minimal 3 hari sekali.

Hal ini bertujuan untuk agar apapun yang dikonsumsi beo ini dapat terjaga kebersihannya. Selain itu, tempat makan yang bersih juga dapat meminimalisir kontaminasi dari kuman.

d. Memberikan Makanan Dan Minuman Secara Teratur

Burung beo ini masih sama dnegan burung lainnya yang juga membutuhkan makanan dan juga minuman secara rutin. Pada umumnya beo ini diberikan makanan secara rutin 2 kali sehari. Adapun jenis makanan untuk beo tidak dapat sembarangan.

Adapun beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi misalnya pellet yang dapat kalian beli dengan mudah di petshop.

Makanan dengan jenis lainnya yang dapat dikonsumsi oleh beo yakni buah-buahan, roti, biji-bijian, jangkrik dan juga ulat hongkong. Kalian dapat memvariasikan makanan-makanan ini agar burung beo tidak merasa bosan.

e. Berikan Tambahan Multivitamin

Selain dengan memberikan beberapa makanan tersebut, burung beo juga dapat membutuhkan tambahan multivitamin, agar semua kebutuhan nutrisi dari beo tercukupi.

Tambahan dari nutrisi ini misalnya vitamin dan juga mineral. Umumnya, nutrisi ini dicampurkan pada makanannya. Untuk dapat memberikan nutrisi ini bisa 2-3 kali dalam seminggu.

f. Latih Burung Untuk Berbicara

Seperti yang sudah dijelaskan berulang kali bahwa beo ini memang mempunyai kemampuan untuk menirukan suara manusia maupun yang telah didengarkannya.

Untuk dapat memulai melatih beo berbicara, kalian perlu untuk melatih beberapa kata dasar yang sopan misalnya ucapan terima kasih, ucapan salam, menyapa orang dan juga lain sebagainya secara rutin agar burung beo lebih mudah dan cepat untuk menagkapnya.

Cara Mengawinkan Burung Beo

Hal yang harus Kalian ketahui di dalam melaksanakan budadaya beo yakni melaksanakan perjodohan yang tepat. Dalam hal ini Kalian harus dapat memilih beo yang sudah siap kawin atau burung yang sudah berusia 10 sampai 12 bulan.

Namun, untuk burung beo betina ini idealnya berusia 12 bulan. Sedangkan untuk beo jantang berusia 1,5 sampai 2 tahun. Umumnya burung betini lebih cepat dewasa jika dibandingkan dengan beo jantan. Untuk dapat mengawinkan beo ini tentu saja memerlukan kandang dan pasangan yang cocok.

Setelah kandang dan juga pasangannya sudah siap, langkan berikutnya adalah proses menjodohkan. Perlu sekali diadakan perjodohan terlebih dahulu sebelum dari indukan jantan dan juga betina dimasukkan ke dalam kandang penangkaran, untuk mengantisipasi terjadi sebuah perkelahian yang nantinya dapat berakibat fatal atau bahkan kematian.

Setelah kedua Beo ini sudah akrab dan juga saling mengenal, maka dari indukan sudah siap untuk dimasukkan ke dalam kandang penangkaran pada sore hari.

Kemudian setelah dimasukkan ke kandang penangkarang, harap tunggu kurang lebih 1 jam, hal ini dapat bertujuan untuk memastikan apakah burung tersebut benar-benar berjodoh.

Pakan Terbaik Untuk Burung Beo

Jenis Burung Beo

Meskipun burung beo ini termasuk hewan pemakan segala jenis makanan atau Omnivora, namun ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk beo.

Hal ini dapat bertujuan agar beo tetap sehat dan juga cepat tanggap pada saat dilatih. Berikut ini adalah jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk burung beo:

1. Kroto

Untuk anda para pecinta burung, Kroto adalah salah satu makanna burung yang sudah tidak asing lagi. Kroto mempunyai banyak manfaat. Misalnya yaitu membantu merajinkan kicauan si burung dan juga menambah stamina dari burung.

2. Voer

Jenis makanan berikutnya yang disarankan untuk beo adalah Voer, karena sudah mengandung banyak protein. Sehingga makanan ini dapat meningkatkan kesehatan pada beo.

3. Pisang

Buah pisang memang sudah terkenal sebagai makanan burung yang mudah untuk ditemukan. Beo juga dapat diberikan makanan pisang, karena mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh burung.

4. Pepaya

Buah papaya juga dapat dipakai untuk memberikan makan beo, karena papaya ini dapat menyegarkan tubuh burung. Pada papaya memang diyakini mengandung beberapa vitamin yang tinggi.

5. Sawi

Sayur sawi tidak hanya dapat dikonsumsi oleh manusia saja, namun sawi juga dapat dikonsumsi oleh beo. Sawi ini bermanfaat untuk menambah energi dan stamina pada burung.

Perawatan Kandang Burung Beo

Jenis Burung Beo

Untuk seorang pemula memang masih kebingungan dalam merawat kandang beo dengan benar dan baik. Agar tidak salah faham dalam merawatnya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Bersihkan Menggunakan Lap Basah

Umumnya burung beo mengeluarkan zat yang menyerupai tepung, maka dari itu pada bagian tangkringannya, perlu untuk selalu dibersihkan memakai handuk basah.

Selain itu perlu sekali untuk membersihkan pada bagian tangkringannya, perlu juga membersihkan pada bagian lainnya memakai lap basah sampai bersih. Kesehatan dan juga kenyamanan pada beo ini akan tetap terjaga kebersihannya.

b. Gunakan Pembersih

Sebelum kalian membersihkan kandangnya, terlebih dahulu keluarkan burung ke dalam kandang lainnya. Dengan begitu kandang dapat lebih mudah untuk dibersihkan seluruhnya. Agar lebih maksimal di dalam membersihkannya, perlu memakai pembersih.

c. Bersihkan Kandang Secara Keseluruhan

Untuk dapat membersihkan kandang beo sangat disarankan untuk memakai air hangat untuk dapat membunuh kuman dan juga bakteri yang ada di kandang. Agar lebih mudah dalam membersihkan kandangnya laksanakan secara rutin.

d. Jemur Kandang Dibawah Sinar Matahari Langsung

Setelah semuanya dibersihkan, alangkah baiknya jika kemudia di lap atau dijemur sampai kering. Lalu Kalian juga dapat memakai kembali sangkar tersebut untuk beo setelah dibersihkan. Agar bisa kering secara sempurna, Kalian dapat menjemurnya dibawah sinar matahari.

e. Lap Dengan Kain Bersih

Kemudian setelah dijemur, Kalian juga dapat mengelapnya kembali memakai lap kering dan bersih. Ulangi terus sampai kandang benar-benar bersih dan kering.

Burung Beo dapat Menari Mengikuti Alunan Musik

Burung beo juga mempunyai struktur otak yang dapat mengatur vocal learning. Jadi tidak heran jika seringkali dijumpai beo menari dengan mengikuti alunan musik.

Burung beo ini dapat lebih cepat dan mudah untuk memproses informasi, suara dan juga gerakan, karena itu beo memakai tenaga dalam otak yang lebih signifikan.

Burung beo tidak hanya mempunyai kemampuan untuk dapat meniru gerakan suara manusia saja. Namun, gerakan dari burung beo ini juga berguna untuk menarikan perhatian lawan jenisnya dalam mencari pasangan di alam liar. Kemampuan vocal burung beo inilah biasa dipakai untuk beradaptasi dengan kelompok lainnya.

Metode Efektif Melatih Burung Beo Cepat Berbicara

Jenis Burung Beo

Untuk dapat melatih beo pandai berbicara, ada beberapa metode yang dapat dilaksanakan, antara lain adalah sebagai berikut ini:

A. Melatih beo menggunakan suara audio.

Cara yang pertama yaitu melatih beo memakai suara beo lain juga, Anda dapat memakai untuk melatih beo cepat berbicara. Dengan catatan beon lain inilah yang sudah pandai berbicara.

B. Melatih beo secara langsung.

Cara yang kedua yaitu melatih beo dengan menggantungkan burung pada tempat yang ramai. Dengan cara begitu beo dapat meniru suara yang didengar di lingkungan.

Harga Burung Beo Di Pasaran

Jenis Burung Beo

Setelah kalian mengerti keunikan, kelebihan, cara melatih, dan juga cara merawat beo dengan baik dan benar, Anda juga perlu untuk mengerti harga beo di pasaran. Adapun berikut ini adalah harga beo yang sesuai dengan jenisnya:

 

NoJenis Burung BeoHarga Burung Beo
1Harga Beo NiasRp.1.250.000 sampai Rp.1.500.000
2Harga Beo MentawaiRp. 1.300.000 sampai Rp.1.750.000.
3Harga Beo burung MedanRp 1.450.000 sampai Rp.1.750.000
4Harga Beo JawaRp.1.350.000 hingga Rp.2.500.000.
5Harga Beo FloresRp.1.250.000 hingga Rp.2.000.000
6Harga Beo KalimantanRp. 1.650.000 hingga Rp.3.000.000.
7Harga Beo PapuaRp.1.550.000 hingga Rp.2.500.000
8Harga Beo Sri LangkaRp. 4.500.000 hingga Rp.6.000.000.
9Harga Beo IndocinaRp.3.750.000 hingga Rp.4.500.000
10Harga Beo Putih (Albino)Rp.125.000.000 hingga Rp.150.000.000.

 

 

Penutup

Itulah sedikit ulasan tentang jenis burung beo, mulai dari keunikan, kelebihan, cara melatih, cara merawat sampai harganya. Untuk kalian yang ingin memelihara burung beo tersebut, terpenting bagi kalian untuk membaca ulasan  terlengkap ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

                                                       Jenis Burung Beo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *