30++ Daftar Jenis Burung Kenari Terbaru Tahun 2021, Penjelasan lengkap

Home » Makhluk Hidup » Burung » 30++ Daftar Jenis Burung Kenari Terbaru Tahun 2021, Penjelasan lengkap

Restuemak.comBurung kenari merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai penggemar paling banyak di Negara Indonesia.

Begitu banyaknya pecinta burung yang menjadikan burung kenari jenis ini sebagai hewan peliharaan juga sudah di impor dari berbagai spesies burung kenari yang diimpor dari luar negeri, hanya untuk memenuhi permintaan pasar burung kenari yang terus meningkat.

Daya tarik yang dapat membuat burung jenis ini menjadi favorit di kalangan orang indonesa yaitu suara yang sangat lembut. Sudah tidak lazim lagi bagi sejumlah besar masyarakat, bahkan di daerah pemerintah daerah dan juga nasional, untuk selalu menyelenggarakan berbagai jenis kompetisi atau perlombaan kenari di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, admin akan menjelaskan tentang berbagai jenis kenari yang yang ada di Indonesia bahkan dunia. Langsung saja simak pada artikel berikut ini!

Asal-usul Burung Kenari

Jenis Burung Kenari
Jenis Burung Kenari

Nenek moyang dari semua buurng kenari yang ada pada saat ini adalah generasi anak cucu kenari liar. Buurng kenari inilah dapat dijumpai berkembang biak dengan bebas di Kepulauan Canary dan juga di dataran bagian timur laut Afrika.

Burung kenari ini bukanlah burung asli Kepulauan Canary, akan tetapi sengaja diperkenalkan sebagai burung kepulauan tersebut yakni Pulau Canary.

Pada awalnya, ada sebuah kapal dengan sejumlah kandang sarat kenari karan dan hampir tenggelam di daerah dekat pulau. Kemudian seorang pelaut melepaskan burung-burung tersebut dengan maksud agar tidak mati tenggelam.

Banyak diantara burung-burung itu mendarat ke pulau terdekat dan di sana ia menemukan banyak makanan dan iklim yang cocok untuk dapat berkembang biak.

Ketika bangsa Spanyol mengetaui tentang burung kenari, maka mereka mulai menangkapi burung kenari dan menangkarkannya.

Kenari menjadi burung peliharaan yang bernilai dan juga sangat populer, terutama ketika varietas kenari kuning, cokelat dan merah dilahirkan.

Baca juga: Jenis Burung Cendrawasih

Ciri-ciri Burung Kenari

Jenis Burung Kenari

Meskipun sama-sama dari jenis burung seperti kolibri dan juga walet, burung kenari ini juga mempunyai ciri khas yang dapat membedakannya dengan burung lain. Berikut ini adalah ciri-ciri dari burung kenari tersebut:

a. Burung Petarung

Untuk habitat asli dari kenari dikenal sebagai burung petarung. Kejantan dari burung ini dinilai dari Kicauannya yang indah dengan suara yang melengking.

Hal ini yang dapat menjadikan salah satu faktor pecinta burung berbondong-bondong ingin segera membawakannya pulang untuk dipelihara.

b. Mudah Dijinakkan

Karena jinaknya burung kenari ini akan mulai berkicau keras apabila bertemu dengan pemiliknya.

Burung ini sangat mudah untuk dijinakkan sebab memang sebelumnya kenari ini pada umumnya diperoleh dari penangkaran hewan ternak. Oleh karena itu kenari akan lebih cepat mengenali pemiliknya dengan cara mengeluarkan kicauan merdu melengking.

Kejinakan ini menjadi salah satu karakteristik burung kenari yang tidak akan kita jumpai dari jenis burung lainnya.

c. Tidak Gampang Stress

Karakteristik atau ciri khas kenari berikutnya yakni tidak gampang stress. Burung in tidak akan mudah stress meskipun biasa dipindah kandangkan, burung kenari ini akan tetap berkicau.

Inilah yang menjadikan salah satu keunggulan dari burung kenari yang tidak dimiliki oleh burung lain.

Umumnya jenis burung lain akan mengalami stress jika dipindahkan dari kandangnya, akibatnya burung tidak dapat berkicau lagi.

Oleh karena itu, jangan heran jika Sahabat Biru biasa melihat burung kenari memenangkan berbagai jenis kontes burung kicau.

d. Mudah Beradaptasi

Sejatinya burung kenari merupakan jenis burung khas atau burung endemik yang berasal dari Afrika dan Eropa. Namun karena kemampuannya untuk beradaptadi di lingkungan baru, maka burung kenari sangat layak untuk diternakkan sekaligus untuk dipelihara.

e. Bentuk Telur

Bentuk dari telur jantan biasanya mempunyai bentuk lonjong atau oval sedangkan pada kenari betina memiliki bentuk agak bulat.

f. Bentuk Tubuh

Jika Anda melihat kenari jantan, secara kasat mata bentuknya terlihat lebih langsing dan juga ramping dengan bentuk tubuh memanjang. Sedangkan pada kenari betina umumnya bentuk bulat atau buntek.

g. Kicauan Kenari

Pada kenari jantan yang baru berumur kurang lebih 1 tahun, umumnya akan terus mengoceh. Sedangkan pada kenari betina lebih banyak diam.

h. Burung Omnivora

Burung kenari merupakan salah satu burung omnivore atau hewan pemangsa segalanya, sama halnya dengan jenis burung cendrawasih.

Macam Macam Jenis Kenari di Dunia

Jenis Burung Kenari

Kenari sudah menjadi burung yang dulunya mendominasi untuk mendorong pangsa pasar burng di Negara indonesi. Hanya saja setelah munculnya berbagai jenis burung baru misalnya burung Murai Batu, Jalak, Tledekan, Dara, Branjang dan Kacer, tampaknya burung yang memiliki nama Latin Serinus Canaria ini mulai kehilangan popularitasnya.

Namun, ternyata burung ini masih menjadi nomo satu dan sudah menjadi banyak idola bagi pemeliharaan sebagian orang.

Tentang kapasitas masing-masing jenis, burung ini tidak pantas untuk dilupakan, sebab semua jenis kenari tidak hanya menawarkan suara gacor yang merdu, akan tetapi juga diberkahi dengan tubuh yang indah dan tegas yang dapat memanjakan mata untuk orang yang melihatnya dan memeliharanya.

Baik itu dari jenis Yorkshire, Norwich, gloster, rim roller dan juga nut ridges, semuanya sama-sama memiliki ke unggulan. Berikut ini adalah jenis kenari yang populer baik itu di Indonesia maupun di dunia :

1. Burung Kenari Norwich

Kenari Norwich merupakan jenis kenari yang diimpor dari Inggris tepatnya dari kota Norwich.

Dapat dikatakan untuk ukuran rubuh dari kenari ini cukup besar dibandingkan dengan jenis kenari lainnya.

Kenari ini panjangnya dapat mencapai 16 cm.  Bukan hanya karena ukurannya yang terlihat menarik, warna bulu burung ini cukup beragam, dari putih hingga kayu manis.

2. Burung Kenari Roller

Burung kenari Roler merupakan sejenis kenari yang berasal asli dari Negara Jerman, dikembangkan di atas rata-rata. Makanan yang dapat diberikan pada burung ini setiap hari sangat memengaruhi nyanyiannya. Jadi Anda perlu untk perhatikan lebih intensif jika Anda ingin memeliharanya.

3. Burung Kenari Gloster

Kenari jenis ini merupakan salah satu kenari yang biasa kita temui di pasar burung. Keunikan pada jenis burung ini terdapat pada bulu-bulu di kepalanya yang terlihat seperti rambut manusia yang mengetuk untuk menutupi matanya.

Kenari dengan jenis ini mempunyai ukuran yang cukup kecil yakni 11,5 cm. WOW, ini lucu sekali jenis kenari yang satu ini ya teman-teman.

4. Burung Kenari Frill

Burung jenis ini merupakan salah satu jenis burung kenari yang biasa kita kenal sebagi kenari Belanda. Sebutan ini selaras dengan asalnya yang sebetulnya adalah spesies burung asli Kincir Angin Belanda.

Beberapa keunikan dari burung ini yaitu terletak pada pola pertumbuhan bulu yang indah. Selain pola pertumbuhan bulu yang unik, ternyata jenis burung ini adalah jenis kenari yang mempunyai ukuran tubuh terbesar di antara jenis kenari lainnya sampai 21 cm dan 29 cm.

5. Burung Kenari Belgia

Jenis kenari Belgia ini sangat sulit untuk berkembang biak. Dikatakan bahwa suku Belgia yang berada di Negara Belgia bernama Flamand, menggembangkan burung ini selama beberapa abad.

Sejak tahun 1800, burung ini sangat terkenal sebab tubuhnya yang unik dan juga anggun, sehingga orang dahulu menganggapnya kenari yang mulia. Hean ini akan menjadi nenek moyang dari Canary Canary Canary Scothch canaries, Yorkshire Canary dan juga Lancashire.

Ciri khas dari kenari jenis ini yaitu kepala kecil mirip dengan ular, bentuk tubuhnya yang sama dengan bulan sabit, tampilannya untuk meskipun terlihat rusak, badan dapat memanjang sampai 18 cm. Di dalam perlombaan jenis burung ini, biasanya dilihat dari hal posisi dan juga bentuknya.

6. Burung Kenari Melayu atau Kenari Gunung

Sesuai dengan namanya, jenis kenari ini sangat mudah untuk di temukan pada daerah pegunungan, misalnya di kawasan gunung agung, gunung pangrango, papandayan, gunung lawu dan ada juga yang ditemuka di daerah gunung tengger. Penyebaran kenari jenis ini banyak dijumpai di Pulau Jawa.

Tidak seperti jenis lain yang suka hidup berkelompok, kenari ini merupakan jenis burung yang lebih suka hidup sendiri. Namun, ada juga yang tinggal berkelompok, meski dengan jumlah kecil.

7. Burung Kenari Domestik

Kenari domestic, sering dikenal hanya sebagai kenari, merupakan jenis bentuk kenari liar yang dijinakkan, burung penyanyi kecil dalam keluarga burung finch ini berasal dari Kepulauan Macaronesian.

Burung kenari pertama kali ini dikembangkan di penangkaran pada abad ke-17. Mereka dibawa oleh pelaut Spanyol ke Eropa.

8. Burung Kenari Yorkshire

Kenari jenis ini merupakan kenari dari negeri Paman Sam, New York, Amerika Serikat. Meskipun bukan berasal dari spesies burung Indonesia, kenari Yorkshire ini sudah banyak memikat pecinta kenari sejak kedatangannya di Indonesia.

Ciri khas dari kenari Yorkshore ini yaitu postur tubuhnya yang lebih besar dan juga terlihat lebih cerah daripada kenari lainnya. Harga yang telah dikutip dari beberapa situs untuk jenis burung ini bervariasi dari 5 sampai 10 juta. Harga yang fantastis bukan?

9. Burung Kenari Border

Tidak seperti jenis kenari pada umumnya, kenari tipe ini mempunyai bentuk fisik yang khas dan dapat dikatakan untuk untuk kenari lainnya.

Keunikan pada kenari ini terletak pada bulu-bulu penari yang bengkak seperti balon. Bulu-bulu pada burung kenari kebanyakan berwarna mirip kucing , akan tetapi ada juga  warna kuning, putih, hijau, kayu manis dan masih banyak lagi.

10. Burung Kenari Scotch Fancy

Kenari Scoth Canary merupakan salah satu spesies atau jenia kenari paling populer dan merupakan burung asli Negara Skotlandia. Ciri khas dari kenari ini terletak pada posisinya, yang cendenrung membungkun. Burung ini dapat tumbuh sampai panjang sekitar 18 cm dengan kaki panjang dan juga kecil.

11. Burung Kenari Gibber Italicus

Burung kenari Italian humback fril ini lebih dikenal dengan nama kenari gibber italicus. Jenis kenari yang berasal dari Italian dan sudah mulai berkembang sejak tahun 1951.

Pemerintah italia sendiri sudah secara resmi mengakui kenari ini sebagai salah satu burung asli Negara tersebut.

Walnut Gibber Italicus mempunyai panjang sekitar 6 sampai 8 inci dengan warna kuning cerah di bulunya.

Hal yang paling mencolok dalam kenari jenis ini yaitu postur tubuhnya yang biasa dianggap sebagai burung cacat. Leher dari burung ini cenderung membungkuk ke bawah, sehingga untuk posturnya terlihat seperti busur. Kepala tidak diisi dengan banyak bulu dengan tubuh yang kurus. Kaki burung ini juga tergolong kecil dan panjang.

12. Burung Kenari Japan Hoso

Marilah kita untuk mengerti lebih banyak tentang salah satu jenis kenari yang unik, yakni walnut japon hoso. Pada tahun 1963, para pecinta kenari di daerah Jepang mulai mempolulerkan kenari Jepan lokal  ke masyarakat Eropa.

Kenari lokal ini lalu dikawin silangkan dengan kacang Eropa, yakni Scoth Fancy. Jadi, jangan heran jika kenari ini juga sering disebut dengan mini fantasi kenari dengan tubuh kecil.

Secara umum, bentuk dari kenari hoso Jepang ini menyerupai lengkungan bulan sabit dan dapat memberikan kesan bahwa lengkungan tersebut melengkung.

Untuk ekor dari kenari ini cukup panjang dan bulunya yang halus di sepanjang tubuhnya. Ukurannya dapat mencapai 11 cm dengan bentuk leher panjang dan juga tipis. Warna dari kenari yang indah ini terutama dihiasi dengan kuning dan juga putih cerah.

13. Burung Kenari Spanish Timbrado

Kalian dapat menemukan jenis kenari ini dengan lagu khusus di kenari timbrado Spanyol. Asli asal Spanyol ini dikembang biakan dari tahun 1940 sampai 1950.

Banyak dari ahli burung Spanyol sudah melakukan sebuah penelitian dan bereksperimen dengan mengawinkan burung kenari ini dengan burung kutilang asli. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan burung jenis baru dengan kualitas terbaik.

Timbrado Spanyol mempunyai karaktik fisik yang khusus dan dibedakan dari spesies atau jenis burung lainnya. Burung ini mempunyai postur tubuh yang kuat dan seimbang.

Bentuk dari dadanya yang lebar dan juga kuat membuat jenis burung ini sempurna. Kaki kenari pendek, bulunya cukup lebar dan bentuk ekornya menyerupai huruf V. warna bulunya yang didominasi hitam, abu dan putih pada bagian bawah tubuh.

14. Burung Kenari American Singer

Para pecinta kenari harus mengerti kenari cantik ini, yaitu kenari Amerika. Kenari ini berasal adri daerah Boston, Massachusetts dan merupakan persilangan antara jenis border dengan roller..

Pecinta kenari di Negara Amerika menyukai jenis ini sebab kualitas tinggi, karena kicauannya yang sangat berkualitas dan juga irama nyanyiannya yang sangat merdu untuk didengarkan.

Panjang dari nyanyian jenis kenari Amerika ini dapat mencapai 15 cm dengan berbagai warna, seperti Oranye, Hijau, Putih, Coklat, Biru dan juga kuning.

Meskpun untuk ukuran tubuh cenderung panjang dan kecil, kenari jenis ini termasuk ke dalam jenis yang kuat. Memang, kekuatan dari tubuh kenari Amerika cukup kuat untuk melawan penyakit dan juga masalah kesehatan burung lainnya.

15. Burung Kenari Rusia

Kenari Rusia merupakan salah satu jenis kenari yang pertama kali dipopulerkan oleh seorang imigran Rusia di beberapa Negara di Amerika dan Kanada. Jenis kenari ini berasal dari Jerman akan tetapi sebagian besar dikembangbiakkan di Negara Rusia.

Itu sebabnya banyak orang yang menyebutnya dengan kenari Rusia. Bahkan sekarang, Anda dapat dengan menemukan jenis ini di Rusia karena adalah salah satu burung yang terkenal dan digemari oleh banyak pencinta burung.

Untuk bentuk postur dari kenari Rusia ini cenderung pendek dan gemuk. Warna bulu yang didominasi oleh putih dan abu. Akan tetapi ada yang kuning dan putih. Kaki burung ini cenderung pendek dan juga kecil, pada bagian paruhnya pendek dan tebal.

Beberapa jenis kenari Rusia ini mempunyai warna rambut khas yang menyerang seluruh area mata dan kepala. Ada juga beberapa keuntungan bagi burung ini yang pantas untuk Anda ketahui.

16. Burung Kenari Waterslager

Jenis kenari selanjutnya yaitu kenari yang diimpor dari Negara Belgia. Kenari ini dapat disebur dengan waterlanger sebab untuk suara kicauannya yang hampir sama dengan suara cipratan air.

Waterlanger kenari ini mempunyai panjang sekitar 16.5 cm. Meskipun cukup kecil, banyak orang yeng menyukai kenari jenis ini karena keindahan dan keunikan suaranya.

17. Burung Kenari Stafford

Pada tahun 1980, kenari Stafford dibesarkan dengan serius oleh peternak kenari di kota Starfford, Inggris. Itu sebabnya kenari ini dapat disebut dengan kenari Stafford.

Beberapa orang yang mulai mengenal burung ini setelah diperlihatkan kepada public pada tahun 1987 di salah satu festival kenari di daerah inggris.

Popularitas dari burung ini sudah menyebar tidak hanya di Negara asal mereka, akan tetapi juga di Negara-negara Eropa lainnya, serta di Negara Amerika dan Kanada.

Ukuran tubuh dari kenari Stafford cukup pendek dan juga tidak melebihi 12 cm. kenari ini terdiri dari dua warna utama, yakni merah mudah merah dan juga merah cerah.

Bulu yang sudah ditemukan pada burung kenari ini terdiri dari tiga  jenis, yaitu mosaic, frosted dan juga non-frosted. Ada juga jenis kenari Stafford yang mempunyai jambul pada kepala mereka dan yang lainnya tidak mempunyai jambul sama sekali.

18. Burung Kenari Cinnamon

Jenis kenari yang berasal dari Negara Inggris dan mulai tumbuh pada abad ke-19. Sekilas, burung ini hampir sama dengan kenari Norwich sebab bentuk dan ukurannya yang mirip.

Hal yang menarik tentang kenari ini yaitu jenis mutasi dari burung liar yang ada di Spanyol. Penampilan dari burung ini yang mencolok dengan warna bulunya membuat burung jenis ini sangat cantik.

Canary dengan kayu manis ini dapat mencapai panjang tubuh sekitar 14 sampai 16 cm. Untuk ukuran ini jauh lebih besar dari burung Norwich.

Untuk warna bulu dari burung ini cenderung merah seperti kayu manis, akan tetapi ada juga tipe agak hijau kecoklatan. Sedangkan untuk kenari cinnamon putih kekuningan tidak mudah untuk ditemukan.

19. Burung Kenari Color Bred

Burung kenari yang mudah untuk dipelahara Anda sebagai penggemar kenari, yakni warna kenari. Jenis kenari ini merupakan jenis kenari yang dikembangkan dengan mengembangkan struktur genetik warna.

Perkembangan ini dimulai dari Negara Inggris oleh para ahli yang lalu mencapai kesepakatan bahwa warna kenari yaitu warna kenari yang baik.

Warna burung ini mempunyai panjang sekitar 15 cm dan juga warna yang indah pada bulunya. Warna bulu dengan corak pada burung ini tidak selalu sama.

Untuk perbedaannya tergantung pada indukannya. Keunikan warna yang berbeda ini membuat warna kenari jenis ini paling populer di hampir semua orang.

Bentuknya yang tidak terlalu panjang dan cenderung kecil dengan paruh yang tebal menambah kecantikan dari burung kenari ini.

20. Burung Kenari Red Factor

Kenari dengan warna merah alami ini juga disebut dengan red faktor. Jenis kenari ini disebut faktor red sebab warna dasar bulunya yaitu merah.

Selain merah, ada juga campuran warna kuning dan juga putih pada burung ini. Yang perlu untuk Anda ketahui yaitu bahwa kenari ini merupakan hasil persilangan antara kenari kuning dan merah, keduanya berasal dari Negara Venezuela.

Ciri khas yang paling menonjol dari burung kenari fed factor ini tentu saja warna bulunya yang merah menyala. Untuk ukuran tubuhnya cenderung kecil dan tidak panjang. Kaki burung ini pendek dengan leher yang relative pendek.

Untuk bentuk kepalanya bulat, dengan mata hitam dan paruh pendek serta tebal. Keunnggulan dari kenari ini tidak hanya terletak pada warna bulunya, akan tetapi juga pada kualitas tweetnya bagi mereka yang telah mendengarnya.

Penutup

Itulalah sedikit penjelasan tentang jenis burung kenari, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu Anda ketika hendak mengoleksi burung indah ini. Sekian dan terima kasih.

                                                                                Jenis burung terindah di dunia

Tinggalkan komentar