20+ Jenis Burung Kutilang Terbaru 2021 dan Cara Perawatannya Lengkap

Home » Makhluk Hidup » Burung » 20+ Jenis Burung Kutilang Terbaru 2021 dan Cara Perawatannya Lengkap

Restuemak.comBurung kutilah merupakan salah satu jenis atau spesies burung kicau yang ada di Indonesia dengan harga yang bisa dikatakan sangat terjangkau.

Jenis ini selain menjadi salah satu hewan peliharaan untuk menyalurkan hobi, namun juga dapat dipakai sebagai hewan untuk ajang perlombaan ada suara untuk mengukur kelincahan dari suara burung ini.

Biasanya, penilaian tersebut akan mengukur suara yang paling banyak keluar dan juga tingkat kenyaringan dari suara si burung ini sendiri.

Selain itu, burung kutilang ini mempunyai beberapa keunikan lainnya seperti pada penjelasan berikut ini.

Penjelasan  Burung Kutilang

Penjelasan Burung Kutilang

Burung kutilang ini banyak dicari oleh orang karena ia mempunyai suara kicauan yang unik dengan variasi warna bulunya yang sangat banyak.

Spesies atau jenis satu ini juga tersedia sangat banyak, sebab ia terus dikembang biakan dnegan baik dan sempurna.

Pada suara kicaunnya ini sendiri sangatlah unik dan merdu, sehingga hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para penikmatnya.

Dengan adanya keunikan inilah, burung jenis ini juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dengan faktor yang mempengaruhi harga yaitu usia dan juga jenis burung itu sendiri.

Baca juga: Jenis Burung Cendrawasih

Karakteristik dan Ciri Burung Kutilang

Ciri Khas Burung Kutilang

Sebelum Anda mengenal ciri dan juga karakteristik dari burung kutilang ini, maka ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui terkait dengan karakter dari burung kutilang itu sendiri, antara lain adalah sebagai berikut ini:

Memiliki nama ilmiah Pycnonotus Ausrigaster dan juga masih tergolong kedalam kelompok burung cucak-cucakan.

Mempunyai ukuran tubuh rata-rata berkisar antara 20 cm.

Tubuhnya didominasi dengan warna cokelat sampai kekuningan.

Burung satu ini hidup di dalam suatu kawanan atau secara berkelompok.

Kutilang ini memiliki keterampilan dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan yang baru ditempati.

Di wilayah Indonesia, persebaran dari burung ini mayoritas berada di Pulau Jawa dan Bali.

Tidak termasuk ke dalam kelompok burung monokmorfik, sebab terdapat perbedaan jasmani yang gampang terlihat antara burung kutilang jantan dengan burung kutilang betina.

Jenis burung ini pemakan serangga kecil dan buah-buahan.

Mempunyai bentuk kaki yang sejajar dengan ukuran sangat kecil.

Mampu dengan mudah menirukan suara kicauan burung yang lain dengan sangat baik.

Mudah untuk ditangkap.

Tidak terlalu tahan terhadap suhu dingin.

Dapat dijumpai tempat dengan ketinggian tidak lebihd dari 1.600 mdpl.

Umur ia berkisar antara 8 sampai 11 tahun tergantung bagaimana cara merawatnya.

Mitos Burung Kutilang

Mitos Burung Kutilang

Beberapa dari orang telah percaya bahwa kutilang ini dapat membawa keberkahan dan rezeki tidak terputus. Dimana sanga pemilik rumah dapat memperoleh kebaikan secara bertubi-tubi, khususnya dalam hal pekerjaan.

Ia juga akan dihormati oleh orang sekitar, bagaimanapun keadaanya. Dapat dikatakan kutilang ini banyak diyakini sebagai tolak bala untuk pemiliknya.

Baca juga: Jenis Burung Beo

Jenis Burung Kutilang

Jenis Burung Kutilang

Seperti yang sudah diketahui burung ini mempunyai spesies yang banyak dan juga berbeda, serta setiap spesies tersebut terbagi dalam varietas yang juga beragam tidak terkecuali spesies burung kutilang ini.

Berikut ini akan admin sampaikan informasi tentang beberapa jenis dari burung kutilang yang ada di dunia, agar teman-teman dapat memahaminya secara lebih dalam.

Jenis Burung Kutilang Zebra

Jenis kutilang yang satu ini dinamakan zebra sebab mempunyai motif zebra pada bagian lehernya sampai ke dada.

Pada pipi mereka terdapat corak oranye dengan wana cokelat bertotol putih di bagian samping sayap-sayapnya.

Warna yang dimana biasanya dimiliki oleh pejantan, sedangkan pada betinanya mempunyai corak yang tidak terlalu mencolok.

Kedua jenis kelamin ini sama-sama mempunyai paruh berwarna orange kemerahan. Jenis ini dapat hidup mulai dari 3 tahun sampai 15 tahun lamanya.

Harga Burung Kutilang:

Untuk harganya mulai dari Rp200.000 an.

2. Kutilang Jawa

Kecil, cantik dan sedikit pendiam adalah ciri khas dari burung kutilang Jawa ini. Ia termasuk jenis kutilang yang dapat dipelihara di dalam sangkar. Seperti namanya, kutilang jenis ini tentunya berasal dari tanah Jawa.

Kutilang Jawa ini dapat hidup sampai 10 tahun lamanya bahkan lebih tergantung dengan bagaimana cara perawatannya.

Jenis burung ini adalah jenis kutilang yang mudah bersosialisai dan juga dapa dilatih agar tidak takut dipegang oleh pemiliknya.

Warna dari bulu ia hitam dibagian kepala, ekor dan abu-abu pada bagian punggung. Bulu pada bagian dada dan juga perut ia berwarna abu kecoklatan dengan pipi bernoda putih.

Harga:

Untuk harga dari jenis kutilang ini sangat murah, kutilang jenis ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp90.000 sampai Rp150.000 an saja.

3. Lesser Goldfinch

Lesser Goldfinch adalah salah satu jenis burung kutilang terkecil di Amerika Utara dari henis (Genus) Spinus.

Mungkin mereka juga termasuk salah satu spesies kutilang paling kecil di dunia karena hanya dapat tumbuh sampai 3,5 hingga 4,7 inci saja. Lesser goldfinch hanya mempunyai berat sekitar 0,28 sampai 0.41 ons saja.

Harga:

Untuk harga burung ini sangat mahal mulai dari Rp1.000.000 an

4. Gouldian

Salah satu jenis burung kutilang yang paling menawan karena bulunya yang berwarna-warni. Gouldian ini banyak difavoritkan sebagai burung peliharaan.

Nama lain dari burung ini yaitu kutilang lukisan sebab bulu ia yang cantik. Walaupun tidak sudah dipegang oleh manusia, teteapi ia sangat indah untuk dipandang. Keindahan bulunya menjadi kepuasan tersendiri bagi orang yang merawatnya.

Burung ini bisa hidup dengan beberapa kutilang lain salam satu kandang. Gouldian bisa hidup hingga 6 sampai 8 tahun lamamya.

Panjang dari tubuh gouldian ini pada saat dewasa sekitar 5-6 inci dari paruh sampai ekornya. Ia adalah burung dari tanah Australia.

Burung ini sangat suka terbang sesekali sebab jika ingin memelihara jenis ini pastikan Anda memiliki kandang yang cukup luas.

Harga:

Untuk harga burung kutilang jenis ini mulai Rp170.000 sampai Rp500.000 an.

5. Diamond Firetail

Kutilang yang satu ini juga telah termasuk jenis kutilang yang sangat difavoritkan. Warnanya mungkin terlihat seperti halnya corak yang digambar oleh anak SD, tetapi ia benar-benar imut. Burung ini memiliki ekor yang berwarna merah tua terang.

Terdapat pola putih bulat di bagian samping pada kedua sisi tubuhnya. Burung ini berasal dari daerah Australian di bagian Tenggara dan hidup di padang rumput atau hutan.

Harga: Untuk harga dari burung ini mulai Rp750.000 sampai Rp2.000.000 an.

Baca juga: Jenis Burung Kakatua

6. Cordon-bleu Pipi Merah

Jenis burung mungil yang satu ini masih termasuk jenis burung kutilang lho. Jenis condon-bleu pipi merah adalah jenis burung kutilang Afrika yang mempunyai bulu berwarna cantik.

Burung ini mempunyai bulu berwarna biru langit dengan corak merah bulat pada bagian pipi untuk pejantannya.

Warna merah inilah dapat membuat seolah-olah si burung sedang tersipu malu. Berat dari kutilang ini hanya mencapai 5 inci saja dengan berat rata-rata 35 ons.

Walaupun burung ini aslinya berasal dari Afrika tengah dan timur, tetapi ia sudah banyak diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

Harga:

Untuk harganya sampai sekarang ini admin belum mengerti, untuk kalian yang mengerti harga bisa tulis di kolom komentar ya teman-teman hehehe.

7. Kutilang Biasa

Jenis burung kutilang biasa ini banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Seperti namanya, tampilan dari burung ini seperti kutilang pada umumnya.

Berwarna cokelat kelabu di sisi atas sedangkan di sisi bawah didominasi warna putih keabu-abuan. Pada bagian kepala dan juga dahi berwarna hitam.

Harga:

Rp50.000 untuk burung jantan  yang belum mempunyai kicauan merdu.

Rp100.000 untuk burung jantang yang sudah dapat berkicau sesuai dengan durasi standart.

Rp150.000 untuk burung betina yang paling murah, akan dipengaruhi juga dengan tingkat kesuburannya.

8. Jenis Burung Kutilang Emas

Dapat dikatakan jenis burung kutilang emas ini paling populer di kalangan pecinta burung kicau. Mengapa tidak? Warna kuning eemasan ini dapat mendominasi tubuh burung yang dianggap mempunyai suara indah ini.

Pada bagian kepala ada sentuhan warna hitam yang membuatnya semakin menarik. Untuk mempunyai burung yang biasa dijadikan sebagai masteran ini relative murah.

Harga:

Harga burung ini mulai dari Rp75.000 sampai Rp100.000 tergantung dengan kualitas dan kicauan yang dihasilkan

9. Kutilang Sutra

Jenis kutilang sutra ini terkenal dengan kicauannya yang merdu sehingga biasa dijadikan masteran. Pesonanya yang cantik dengan hiasan bulu yang berwarna hijau.

Semakin sempurna dengan warna hitam mengkilap yang telah menutupi pada bagian kepalanya. Berminat memilikinya? Anda harus mergok kocek sedikit mahal.

Harga:

Untuk harga mulai dari Rp150.000 – Rp500.000.

10. Kutilang Wilis

Burung kutilang wilis ini populer dengan sebutan burung cucak rengganis, cucak gunung dan cucak wilis.

Termasuk di dalam  burung endemik yang habitatnya berada pada ketinggian 800 sampai 3000 meter diatas permukaan air  laut.

Pupulasi dari kutilang wilis ini semakin menipis akibat rusaknya habitat asli dan juga kurangnya minat masyarakat untuk memeliharanya.

Harga:

Untuk harganya mulai dari Rp50.000 – Rp300.000.

11. Kutilang Jambul

Burung yang berasal dari Thailand ini mempunyai ciri khas dengan adanya jambul berwarna hitam di atas kepalanya, warna merah dekat tenggorokannya dan juga warna putih pada bagian bulu dadanya.

Panjang dari tubuhnya sekitar kurang lebih 20cm diantara kerabatnya, penampilan dari kutilang jambul ini tergolong sangat baik, sebab corak bulunya yang paling menarik. Sebutan lain dari burung ini yaitu merbah jambul.

Harga:

Untuk harga mulai dari Rp90.000 – Rp200.000.

12. Jenis Burung Kutilang Gacor

Burung kutilang gacor biasanya lebih mahal karena siulannya memang sudah indah. Karena itu jenis burung ini seringkali menjadi jagoan dalam kontes-kontes burung.

Di dalam bahasa Indonesia gacor berarti berisik, hal ini sesuai dengan kualitas dari suaranya yang lebih baik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Untuk dapat mempunyai burung kutilang gacor ini bisa membelinya di pasar fauna dengan harga yang beragam, akan tetapi biasanya dibandrol dengan harga kisaran 100.000

Harga:

Untuk harga dari burung kutilang jenis ini mulai dari Rp100.000.

Harga dari burung kutilang yang dijual di pasaran adalah burung kutilang gacor yang sebelumnya tidak dijual berdasarkan spesiesnya.

Melainkan dijual dengan cara mengukur tingkat kualitas suara, umur dan kapan burung tersebut mulai gacor yang nantinya dapat berpotensi untuk menghasilkan siulan lebih baik.

Baca juga: Jenis Burung Merpati

Habitat Burung Kutilang Secara Umum

Habitat Asli Burung Kutilang

Jenis burung ini mempunyai habitat yang tersebar luar di seluruh bagian dunia hingga dengan ketinggian 1.600 mdpl.

Penyebaran dari berbagai daerah ini lalu membuat penamaan baru pada beberapa spesies tersebut.

Secara luas burung kutilang ini tersebar di daerah Tiongkok Selatan dan juga hampir semua kawasan Asia Tenggara kecuali Negara Malaysia.

Di Indonesia ini sendiri teman-teman akan dengan mudah menemukan burung ini di daerah pulau Jawa dan Pulau Bali.

Walaupun begitu, pada saat ini kutilang juga menyebar di pulau Kalimantan karena telah dilakukan pengembangbiakkan di pulau Sumatera dan Sulawesi.

Biasanya burung ini hidup berkelompok baik dengan jenisnya itu sendiri atau dengan jenis lainnya, atau bahkan bersama spesies burung lainnya.

Makanan Burung Kutilang

Untuk kalian yang berniat ingin memelihara burung yang satu ini, perlu sekali untuk memperhatikan apa makanan yang baik untuk mereka sehingga lalu burung tersebut dapat hidup dalam waktu yang cukup lama.

Karena seperti halnya manusia yang membutuhkan asupan nutrisi, begitu pula dengan burung kutilang dan jenis hewan-hewan lainnya.

Pada dasarnya makanan utama dari burung ini yaitu buah-buahan lunak misalnya pisang, papaya, atau jenis buah lain yang mempunyai tekstur lembut.

Selain itu ia juga memangsa serangga seperti kupu-kupu, ulat, belalang dan lain sebagainya. Hal ini yang kemudian dapat membuat para petani senang degan burung kutilang ini, karena ia dapat mengurangi serangga yang telah mengganggu tanaman para petani.

Cara Merawat Burung Kutilang

Cara Merawat Burung Kutilang

Sebagai informasi tambahan, admin disini juga akan membagikan tips bermanfaat untuk teman-teman yang ingin atau sedang memelihara burung kutilang ini.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya perawatan yang dapat dilakukan terhadap hewan peliharan akan mempengaruhi kualitas hidup dari hewan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat burung kutilang yang dapat teman-teman praktikan di rumah masing-masing.

a. Memberikan tempat atau kandang terbaik

Berikanlah kandang yang sesuai dengan jenis burung tersebut, hal ini agar burung tidak mengalami stress sehingga ia mampu untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Selain itu, kalian juga harus dapat memperhatikan kebersihan sangkar agar burung tersebut terhindar dari penyakit atau virus yang membahayakan.

b. Memandikan dan menjemurnya secara rajin

Waktu terbaik untuk mejemur burung ini yaitu sekitar pukul 09.00 hingga 10.00 pagi, karena pada waktu itulah vitamin D dapat terserapnya.

c. Mengganti wadah dan air minum secara rutin

Mengganti wadah air secara rutin ini juga dapat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan burung tersebut.

Karena wadah air yang tidak diganti-ganti dapat menimbulkan bintik nyamuk dan juga bakteri. Tips lainnya yang perlu untuk dilakukan yaitu memberikan minuman dengan air mineral dan bukan air yang mentah.

Baca juga: Jenis Burung Kenari

d. Memberikan makanan yang bernutrisi

Seperti halnya burung berkicau pada biasanya, jenis kutilang ini juga menjadi salah satu burung pemakan buah-buahan.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi beberapa buah dan juga makanan sehat lainnya yang dapat Anda berikan untuk dapat menunjang kualitas suara kicauannya agar semakin tinggi, antara lain:

Buah-buahan: misalnya apel merah, papaya, pisang atau segala jenis buah yang mempunyai serat tinggi dan mengandung vitamin.

Pastikan jika Anda membeli buah yang masih segar, agar nantinya tidak akan mengganggu sistem pencernaan burung tersebut.

Buah – buahan. Contohnya apel merah, pepaya, pisang maupun segala jenis buah yang memiliki serangga : misalnya jangkrik, kupu-kupu atau ulat.

Jenis serangga di atas bermafaat untuk meningkatkan rangsangan pada pita suara burung, sehingga ia dapat lebih cepat gacor.

Sentrat atau pakan burung yang dibuat dari pabrik. Jika anda memilih makanan jenis ini, maka terlehih dahulu pastikan jika merknya harus sesuai dan si burung menyukainya. Agar nantinya burung tidak merasa stress dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

f. Melatih suaranya secara rutin pagi dan sore

Untuk bisa mendapatkan suara kicauan yang sempurna, maka Anda juga perlu untuk melatihnya secara rutin.

Anda dapat melatihnya dengan menggunakan suara pancingan yang diputar pada device tertentu untuk melatih mengajari si burung untuk berkicau.

Waktu yang paling efektif dalam melatih kicauannya adalah ketika pukul 09.00 pagi dan juga sore hari pada pukul 16.00.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis kutilang yang ada di dunia. Mana kutilang yang menjadi favorit Anda. Pastikan jika ingin memelihara burung ini, rawatlah dengan baik.

Semoga dengan adanya artikel mengenai burung kutilang ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya ya! Terus kunjungi bloh restuemak.com untuk mendapatkan informasi tentang harga burung terbaru.

Jenis Burung Kutilang Terbaik 2021

Tinggalkan komentar