31+ Jenis Burung Lovebird Tercantik di Dunia dan Faktanya

Restuemak.comJenis burung cinta atau burung lovebird ini merupakan salah satu jenis burung dari Sembilan jenis spesies genus Agapornis. Agarponis ini berasal dari Bahasa Yunani “agape” yang artinya cinta dan ornis yang berarti burung.

Dapat disebut juga dengan nama burung cinta sebab kelakuan sepasang burung cinta yang saling berdekatan dan menyayangi satu sama lain.

Spesies burung cinta asli ini berasal dari benua Afrika dan juga terdapat Sembilan spesies lovebird yang sudah teridentifikasi, dan juga jenis lainnya lagi berasal dari hasil perkawinan silang atau rekayasa genetik.

Burung cinta ini mempunyai tinggi sekitar 13 hingga 17 cm dan untuk berat sekitar 40 hingga 60 gram, mempunyai ekor pendek dan berparuh besar.

Selain terkenal dengan kicauannya, burung ini juga mempunyai variasi warna yang banyak teman-teman sehingga banyak dari pecinta burung mengoleksinya dan juga bahkan ada komunitas burung cinta di Indonesia.

Jenis Burung Lovebird

Jenis Burung Lovebird

Di Negara Indonesia ini sendiri penggemar dari burung cantik ini semakin meningkat dari waktu ke waktu, sampai beberapa tahun belakangan ini banyak sekali bermunculan komunitas pecinta Lovebird. Nah untuk Kalian yang mengaku sebagai pecinta Lovebird, pastikan Kalian mengerti jenis-jenis Lovebird berikut ini ya:

JENIS LOVEBIRD PALE FALLOW

Pale fallow ini adalah salah satu jenis lovebird hasil mutasi dari ras albino dan latino. Jenis lovebird yang satu ini telah terlihat sangat anggun dan bersih dengan tubuh yang berwarna putih dan sayap berwarna biru, abu-abu atau kuning agak pudar.

Walaupun mempunyai gen albino namun ras lovebird pale fallow ini mempunyai kuku dan juga paruh yang berwarna kuning terang. Selain itu untuk matanya juga berwarna merah cerah.

JENIS LOVEBIRD JOSAN (IJO STANDAR)

Burung lovebird josan atau ijo standar ini adalah cikal bakal dari beragam jenis burung lovebird baru, selain itu burung ini juga dapat dikenal mempunyai suara ngekek yang berkualitas bagus.

Ciri fisik burung lovebird ijo standart (josan)

  • Kepala dan juga lehernya berwarna kemerahan.
  • Bulu punggung dan juga sayapnya berwarna hijau cerah.
  • Pada bagian dada hingga perut berwarna kuning.

Baca Juga: Jenis Burung Cendrawasih

JENIS LOVEBIRD PASJO (PASTEL IJO)

Jenis burung ini telah menyandang nama lovebird pasjo atau pastel ijo sebab mempunyai perpaduan warna yang sangat identic yakni hijau agak kekuningan yang kalem maupun lembut.

Ciri fisik burung lovebird pastel ijo (pasjo)

  • Kepalanya yang berwarna orange agak kemerahan.
  • Sayap dan juga badannya berwarna hijau kekuningan.

JENIS LOVEBIRD MISTY

Salah satu hal dari ras mutasi genetik yang telah menghasilkan warna unik lainnya adalah lovebird misty. Sesuai dengan namanya tersebut “mist” ada di dalam bahasa Inggris berarti kabut, maka lovebird yang satu ini juga mempunyai bulu yang menyerupai kabut.

Untuk warnanya yang terlihat lusuh namun dapat memancarkan efek kemerahan jika terkena sinar atau cahaya. Kebanyakan dari misty ini mempunyai warna dasar kuning mengkilap dengan kepala dan ekor yang berwarna hitam.

JENIS LOVEBIRD SLATY

Lovebird Slaty ini mempunyai tampilan warna dan juga corak yang sama dengan lovebird cobalt namun dengan warna yang agak pudar. Lovebird slaty ini juga sama dengan albino karena mempunyai bulu pada tubuh yang berwarna putih.

Di bagian sayap berwarna abu-abu kebiruan dengan ujung dan juga kepala berwarna hitam. Slaty ini juga masih tergolong ke dalam jenis lovebird dengan paruh putih dengan mata bulat hitam dan juga lingkaran mata putih.

JENIS LOVEBIRD MUKA SALEM (AGAPORNIS ROSEICOLLIS )

Lovebird muka salem ini adalah salah satu ras asli yang banyak dijumpai di daerah gurun Namib sekitar barat daya Afrika. Burung ini mempunyai tubuh kecil dengan panjang 17-18 cm. dengan panjang rata-rata sayap 106 mm dan pada ekor 44-52 mm.

Lovebird muka salem ini mempunyai bulu yang sebagian besar berwarna hijau, pantat dan juga punggung bawahnya berwarna biru, sedangkan untuk wajahnya berwarna merah muda dengan paruh gading.

JENIS LOVEBIRD FISCHER (AGAPORNIS FISCHERI)

Lovebird Fischer ini pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-19 dan juga diberi nama seperti penjelajah asal Jerman Gustav Fischer. Sama halnya dengan ras asli lainnya, fischer ini juga mempunyai dasar berwarna hijau di bagian dada, punggung dan juga sayap.

Pada bagian kepala atasnya berwarna hijau zaitun dengan paruh berwarna merah terang. Sedangkan untuk bagian lehernya berwarna kuning keemasan sampai orange gelap, dengan ekor berwarna biru atau ungu.

JENIS LOVEBIRD PIPI HITAM (AGAPORNIS NIGRIGENIS)

Lovebird pipi hitam adalah salah satu jenis monotypic yang kadang telah dianggap sebagai ras Nyasa. Mereka pada umumnya dijumpai di Zambia barat daya dengan panjang sekitar 14 cm dan juga bulu yang sebagian besar berwarna hijau.

Pada bagian kepala belakang dan juga leher cenderung coklat sedangkan di bagian depannya lebih ke warna coklat kemerahan. Selain itu pada bagian dada atas berwarna oranye, dengan paruh berwarna merah dan juga berkacamata putih.

JENIS LOVEBIRD NYASA (AGAPORNIS LILIANAE)

Lovebird nyasa atau yang dapat disebut juga dengan lilian lovebird ini adalah jenis endemik yang banyak dijumpai di sekitar Zambia, Malawi, Zimbabwe, Tanzania dan juga Mozambik. Burung yang mempunyai panjang 13 cm ini terkadang dianggap sebagai ras fischer.

Sebagian besar bulu dari Nyasa ini berwarna hijau termasuk pantat dan juga punggungnya. Pada bagian leher, dada dan juga kepala berwarna oranye. Di bagian matanya juga mempunyai kacamata putih dan paruh yang berwarna merah.

Baca juga: Jenis Burung Pleci

JENIS LOVEBIRD TOPENG (AGAPORNIS PERSONATA)

Agapornis personata ini mempunyai wajah hitam dengan kacamata putih. Selain itu juga ia mempunyai pupil cokelat sehingga tampak seperti menggunakan topeng. Lovebird ini lebih banyak dijumpai di kandang dibandingkan pada alam bebas.

Untuk ukurannya yaitu 14,5 sampai 15 cm dengan banyak varian warna akibat mutasi genetik. Beberapa warna yang khas yaitu kastanye kehitaman dengan paruh merah terang. Selain itu pada bagian dada dan juga lehernya berwarna kuning sampai orange.

JENIS LOVEBIRD ABISINIA (AGAPORNIS TARANTA)

Lovebird dengan sayap hitam atau yang biasa dikenal dengan Abyssinian ini adalah jenis lovebird terbesar dengan panjang 16 sampai 16,5 cm. sebagian besar dari bulunya berwarna hijau dengan sayap hitam.

Sedangkan untuk ciri khas pada burung jantan ini mempunyai dahi dan cincin pada sekitar mata yang berwarna merah. Burung yang berasal dari Ethiopia dan Eritrea ini juga mempunyai ekor yang berwarna hitam dan senang hidup di daerah pegunungan dan dataran tinggi.

JENIS LOVEBIRD MADAGASKAR (AGAPORNIS CANUS)

Lovebird dengan kepala abu-abu ini berasal Madagaskar adalah jenis atau spesies terkecil jika dibandingkan dengan ras lainnya. Untuk beratnya hanya 30-36 gram dengan panjang 13 cm. Jenis burung ini juga mempunyai sebagian besar bulu yang berwarna hijau dengan kaki dan juga paruh berwarna abu-abu pucat.

Ketika menginjak dewasa sayap dan juga punggung lovebird Madagaskar ini menjadi hijau gelap ditambah dengan tampilan kepala dan dada pada burung jantan berwarna abu-abu pucat.

JENIS LOVEBIRD MUKA MERAH (AGAPORNIS PULLARIUS)

Lovebird yang berasal dari Afrika ini mempunyai panjang 15 cm dengan wajah berwarna merah, kecuali pada betina yang agak oranye. Warna ini melingkupi pada bagian atas paruh, dahi sampai pertengahan mahkota dan juga memanjang sampai ke tepi bagian dalam kelopak mata.

Selebihnya telah dipenuhi dengan bulu hijau terang dengan kaki yang berwarna abu-abu. Beberapa betina mempunyai paruh yang berwarna merah pucat, sedangkan pada jantan berwarna merah terang.

JENIS LOVEBIRD BERKERAH HITAM (AGAPORNIS SWINDERNIANUS)

Jenis lovebird yang berkerah hitam atau yang biasa dikenal dengan ras Swindern ini mempunyai panjang tubuh sekitar 13,5 cm.

Jenis burung ini mempunyai bulu dasar berwarna hijau dengan leher cokelat. Di bagian leher belakang terdapat garis atau pita yang membentuk kerah dengan warna hitam.

Untuk pada bagian dada berwarna merah kecoklatan dan di bagian paruh dan kaki berwarna abu-abu kehitaman, sedangkan pada iris matanya berwarna kuning.

JENIS LOVEBIRD LUTINO

Jenis lutino adalah spesies lovebird yang tergolong mahal dan sangat aktif untuk dapat dijadikan hewan peliharaan. Mereka adalah jenis lovebird hasil dari mutasi genetik dari ras muka salem.

Panjang tubuh dari burung ini sekitar 16 hingga 18 cm dengan tampilan yang sangat berbeda dari ras aslinya. Secara keseluruhan untuk tubuhnya berwarna kuning dengan wajah berwarna merah cerah sampai oranye kemerahan. Untuk pada bagian matanya mempunyai variasi warna hitam dan ada yang berwarna merah.

Baca juga: Jenis Burung Hantu

JENIS LOVEBIRD BLOROK

Jenis blorok ini adalah spesies lovebird hasil rekayasa genetika yang mempunyai bulu dengan degradasi lebih dari satu warna. Adapun degradasi inilah sudah tersusun secara tidak rata sehingga dapat terkesan sangat unik.

Jenis lovebird yang satu ini juga sudah tergolong sangat langka dan juga mahal harganya karena tidak dapat dihasilkan dengan cara yang mudah. Beberapa dari jenisnya yang populer dan biasa dijumpai yaitu blorok biru, violet, blue series dan juga lutino.

JENIS LOVEBIRD PASTEL

Lovebird pastel ini adalah jenis yang hampir sama dengan Lutino terutama pada jenis pastel kuning. Pastel kuning ini mempunyai kepala berwarna merah dan juga tubuh berwarna kuning nama ada juga yang berwarna hijau. Pada paruhnya berwarna merah cerah dan juga pada bagian mata terdapat kacamata putih.

Selain warna kuning-merah, lovebird pastel ini juga mempunyai varian misalnya pastel hijau-kuning, biru-putih, biru kehijauan dengan warna putih, ungu-putih dan biasanya dominan putih-biru.

JENIS LOVEBIRD AUSTRALIAN CINNAMON

Australian Cinnamon ini mempunyai ciri yang hampir sama serupa dengan lovebird pastel namun dengan ciri khas warna yang lebih soft dan juga kalem.

Lovebird ini mempunyai badan yang berwarna kuning puyeh dengan dada dan leher yang berwarna putih.

Beberapa di antaranya juga mempunyai punggung yang berwarna hijau tosca. Mata dari Australian Cinnamon ini berbentuk bulat hitam dengan paruh yang berwarna oranye cerah sehingga dapat membuat tampilannya tampak elegan dan bersih.

JENIS LOVEBIRD ALBINO

Lovebird Albino ini adalah jenis atau spesies lovebird yang mempunyai kelainan pigmen kulit sehingga dapat membuat tubuhnya secara keseluruhan tampak berwarna putih.

Warna ini telah mencakup bulu tubuh baik dada atau sayap, paruh, kaki dan juga kuku. Sedangkan mata albino ini ada yang berwarna merah dan hitam.

Tampilan dari albino ini sekilas hampir sama dengan lovebird pastel putih. Namun pada pastel putih ini masih terdapat bulu dengan warna yang lain.

JENIS LOVEBIRD BIRU MANGSI

Lovebird biru mangsi ini mempunyai corak warna yang sekilas tampak seperti lovebird violet. Burung ini mempunyai sayap dan juga tubuh berwarna biru samudra dengan pada bagian dada, leher dan paruh yang berwarna putih.

Pada bagian kepala yang mempunyai tudung berwarna hitam, ada yang hitam pekat yang bernama biru mangsi personata dan terdapat juga gradasi warna hitam yang dapat disebut dengan biru mangsi standard atau biru mangsi fischeri.

JENIS LOVEBIRD BIRU COBALT

Lovebird biru cobalt ini adalah ras lovebird yang mempunyai bulu berwarna biru tosca, seperti halnya warna langit pada saat sedang cerah. Beberapa varian jenis yang biasa dijumpai yaitu cobalt personata dan juga cobalt fischeri.

Burung ini mempunyai leher, dada dan juga paruh yang berwarna putih dengan tudung kepala yang berwarna hitam pekat atau gradasi. Pada ujung sayap nya juga terdapat warna hitam dan di bagian matanya terdapat putih.

JENIS LOVEBIRD VIOLET

Jenis lovebird violet ini mempunyai ciri yang sama dengan biru cobalt dan juga biru mangsi, namun burung ini lebih mahal dibandingkan dengan kedua ras tersebut. Jenis violet ini mempunyai tubuh dan sayap berwarna biru gelap atau violet, dan juga mempunyai leher serta dada yang berwarna putih.

Burung ini juga mempunyai tudung kepala berwarna hitam dengan paruh dan kacamata putih dan pada bagian ujung sayap, punggung dan kaki berwarna hitam.

JENIS LOVEBIRD BATMAN

Sesuai dengan namanya, lovebird ini mempunyai tampilan seperti pemain film batman. Burung ini mempunyai ciri khas sayap dan juga tudung kepala yang berwarna hitam pekat. Sedangkan di bagian tubuh pada bawah sayap berwarna agak abu-abu.

Mata lovebird batman ini berbentuk bulat hitam dengan kacamata putih dan juga paruh melengkung berwarna putih kekuningan. Pada bagian lehernya juga terdapat warna putih yang mengalung layaknya lovebird pada umumnya.

JENIS LOVEBIRD MERAH

Keberadaan dari lovebird ini masih menjadi sebuah tanda tanya. Karena jenis lovebird yang mempunyai warna merah ini sangat sulit untuk dijumpai. Burung ini mempunyai ciri khas seluruh tubuh yang berwarna merah agak orange. Pada beberapa ekor dan juga punggung mempunyai gradasi warna kuning yang lembut.

Selain itu pada ujung sayap juga terdapat beberapa variasi dengan warna putih. Beberapa dari orang telah mengklaim bahwa jenis ini hanyalah bentuk dari keisengan semata.

JENIS LOVEBIRD OLIVE

Burung lovebird hasil rekayasa genetika yang mempunyai bulu unik yaitu ras olive. Jenis yang satu ini mempunyai paduan warna hijau gelap dengan warna kuning. Warna hijau gelap yang terdapat pada sayap dan juga punggung. Sementara itu pada ujung sayapnya dan juga ekornya berwarna hitam.

Warna kuning yang mengalung di leher dengan tudung kepala yang berwarna hitam. Sementara itu, burung ini juga mempunyai mata hitam dengan kacamata putih.

JENIS LOVEBIRD PARBLUE

Parblue atau partial blue adalah jenis atau spesies dari lovebird hasil dari mutasi genetik yang mempunyai banyak ragam warna. Kebanyakan dari parblue ini mempunyai wajah berwarna kuning namun ada juga yang dapat berwarna hitam.

Beberapa dari warnanya yang khas itulah sayap biru keputihan atau kekuningan dengan ujung yang berwarna hitam. Jenis dari lovebird yang telah dikembangbiakkan di Negara Amerika Serikat ini masih terbilang langka dan juga cukup mahal walaupun banyak sekali peminatnya.

JENIS LOVEBIRD HALFSIDER

Halfsider ini sudah termasuk jenis lovebird yang masih sejenis dengan Blorok. Burung ini juga adalah mutasi dari lovebird paruh merah dan juga paruh putih.

Sesuai dengan namanya halfsider atau separuh sisi, maka pada jenis lovebird yang satu ini juga mempunyai gradasi dua warna yang dominan di sisi kanan atau sisi kiri saja. Beberapa dari gradasi halfsider yang banyak dijumpai yaitu pastel kuning, biru dan hijau serta juga pastel biru.

JENIS LOVEBIRD BIOLA

Lovebird biola ini masih termasuk di dalam ras sable dan fischeri. Burung ini mempunyai bulu berwarna hijau yang berbeda dari jenis standar. Beberapa dari bulu hijaunya juga telah bercampur dengan hijau muda dan kuning cerah.

Selain itu lovebird biola ini juga mempunyai tudung kepala yang berwarna merah cerah atau pekat. Jenis biola yang lainnya juga ada yang berwarna biru dengan kepala putih dan ekor serta untuk punggung berwarna hitam.

JENIS LOVEBIRD DAKOCAN

Lovebird Dakocan ini mempunyai warna dominan sayap  dan juga tubuh berwarna hijau dengan leher kuning sampai orange. Namun ada juga yang telah dominan biru dengan leher putih. Di bagian kepalanya terdapat tudung hitam dengan mata yang mempunyai lingkaran putih.

Lovebird Dakocan ini juga mempunyai paruh berwarna merah dan juga ekor yang hitam. Dakocan ini termasuk jenis lovebird yang sensitif namun burung ini juga ramah dan suka berkelompok.                                                                                      

JENIS LOVEBIRD DAKORI

Sama halnya dengan jenis Dakocan, dakori ini juga mempunyai warna dasar hijau dengan dada berwarna kuning. Perbedaannya dengan dakocan, warna kuning yang ada pada dakori ini sangat bersih dan tidak ada efek oranye.

Di bagian kepalanya juga terdapat tudung hitam dengan mata bulat hitam berkacamata putih. Untuk paruh pada dakori ini juga sama merahnya dengan dakocan namun untuk harga dari dakori ini lebih mahal dan juga paling banyak mempunyai penggemar atau komunitas.

JENIS LOVEBIRD EUWING

Euwing atau ewing ini adalah jenis lovebird selanjutnya yang dijumpai oleh peternak asal Belanda, Piet Verhijde. Burung yang satu ini adalah perkawinan silang dari lovebird hijau standart dengan lovebird lutino.

Nama dari euwing ini sendiri diambil dari kata Melanin dan Wing yang berarti mempunyai corak sendiri pada sayap. Dimana untuk warna sayap dan juga ekor pada lovebird yang satu ini bercorak hitam dan kuning.

JENIS LOVEBIRD IMPORT HOLLAND DAN TAIWAN

Jenis lovebird hasil impor dari Negara Belanda dan Taiwan ini mempunyai kelebihan di dalam hal postur tubuh. Lovebird ini mempunyai badan yang lebih besar dibandingkan dengan lovebird pada biasanya.

Selain itu warnanya juga lebih melekat, bersih dan juga cerah. Beberapa diantara spesies ini mempunyai tampilan yang hampir sama dengan lovebird biasanya dengan ciri tubuh berwarna hijau, kepala merah atau hitam, dan leher serta dada berwarna kuning.

Baca juga: Jenis Burung Beo

Fakta Burung Lovebird

Fakta Menarik Burung Lovebird

Nah, teman-teman bagaimana? Bagus banget kan jenis-jenis lovebird di atas, setelah kalian mengerti beberapa perbedaan burung ini dari segi warna dan genetik, dibawah ini merupakan fakta-fakta menarik tentang jenis lovebird yang harus kalian ketahui. Berikut ini merupakan kumpulan dari fakta-faktanya:

1. Memiliki satu pasangan untuk seumur Hidup

Burung yang satu ini adalah tipe hewan monogami yang mana akan dapat mencapai tingkat kematangan dari seksualnya ketika sudah berusia sekitar 10 bulan, nah dari waktu 10 bulan ini, burung cinta akan mencari pasangannya dan juga akan terus berlangsung sampai mereka berdua mati, di dalam banyak kasus, ketika pasangannya mati, yang tersisa akan menyusul tidak lama kemudian, wah setia banget ya teman-teman, pantas dinamakan lovebirds.

2. Pinus satu sama lain

Ini yang sudah disinggung dalam point pertama dimana ketika pasangannya mati, burung cinta ini akan menjadi depresi. Sulit sekali untuk makan yang pada akhirnya nanti akan berdampak kepada kesehatan yang kian memburuk sampai pada akhirnya ikut mati.

3. Mereka romantis

Semua jenis lovebird pada umumnya akan melakukan ini dimana ia akan memberikan makanan kepada pasangannya sebagai tanda kasih sayang, waduh ternyata burung yang satu ini tidak hanya setia ya, akan tetapi juga romantic, tidak seperti hewan kelinci yang playboy hehehe.

5. Ada banyak jenis Lovebird

Nah, ini tentunya kalian sudah sangat paham ya, jenis burung ini sangatlah banyak dimana mayoritas datang dari hutan dan juga sabana yang berada di Negara Afrika dan Madagaskar.

6. Coklat merupakan racun

Coklat mempunyai banyak zat yang mana zat tersebut dapat menjadi racun untuk burung satu ini, ketika Anda memaksanya makan coklat, pada awalnya reaksi yang akan terlihat yaitu burung ini akan menjadi lemas kemudian kehilangan kesadaran, reaksinya sangat cepat, berbeda dengan kucing yang juga tidak dapat memakan coklat namun hanya bisa berdampak pada pencernaannya saja.

7. Lovebird dapat membawa zoonosis

Ini yang harus dapat kalian perhatikan, burung lovebird ini merupakan jenis burung yang dapat membawa penyakit zoonosis yang dapat juga menyerang manusia, ia umumnya akan membawa bakteri ragi atau yang di dalam bahasa latin yaitu Cryptococcus neoformans yang dapat menginfeksi manusia.

Baca juga: Jenis Burung Merpati

8. Beberapa jenis lovebird terancam punah

Ini adalah sebuah berita yang cukup menyedihkan sebab ternyata beberapa jenis burung lovebird ini telah dikatakan sedang mengalami krisis populasi di habitatnya dan di penangkaran misalnya jenis Agapornis Nigrigenis.

Demikian sedikit penjelasan tentang burung lovebird dan juga fakta unik dari burung ini. Semoga dengan adanya artikel diatas dapat menambah wawasan kalian terutama untuk kalian yang hendak mengoleksi burung cantik ini.

Sekian dan terimakasih, jangan lupa share kepada teman-temanmu.. salam Kicau Mania.

 

 

Tinggalkan komentar