luqman Hai nama saya Luqman, saya adalah seorang publisher asal Bojonegoro Jawa Timur, saya seorang anak desa yang ingin sukses di dunia marketer.

Ikan Hoki, Inilah 35 Jenis Ikan Hoki dan Harganya (Lengkap)

9 min read

Jenis Ikan Koi

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer, baik itu di Negara Indonesia atau di dunia.

Ikan ini berasal dari Negara Sakura Jepang dan pada awalnya, ikan ini adalah ikan yang digunakan untuk dikonsumsi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ikan ini berkembangbiak dan memiliki banyak variasi.


Beberapa variasi-variasi yang muncul ini mempunyai keindahan dan keunikan masing-masing pada bagian sisiknya. Oleh sebab itu, ikan ini dimanfaatkan sebagai ikan hias.

Sejarah Ikan Koi

Sejarah Ikan Koi
Sejarah Ikan Koi

Pada awalnya, ikan koi ini berasal dari dataran Tiongkok. Kemudian pada abad ke 17, ikan koi ini dibawa ke Negara Jepang untuk dijadikan sebagai bahan makanan.

Di dalam bahasa Jepang ikan koi ini berarti ikan karper atau nishikigio yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, ikan koi ini dilambangkan sebagai cinta dan                                 juga persahabatan.

Fakta Unik Ikan Koi

Fakta Unik Ikan Koi
Fakta Unik Ikan Koi

Berikut ini adalah beberapa fakta unik dari ikan koi yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Ikan koi terbesar yang pernah dicatat mempunyai berat sekitar 40 cm dan juga panjang 120 cm.

2. Ikan koi gemar mengintimidasi jenis ikan lain jika digabungkan dalamn satu tempat.

3. Ikan koi mudah teriritasi jika terkena sinar matahari secara langsung, maka perlu disedikan pohon untuk menutupi kolam dari sinar matahari secara langsung.

4. Ikan koi termasuk jenis ikan pemakan segalanya atau omnivore sehingga ikan koi bisa makan berbagai buah dan sayuran misalnya semangka.

5. Ikan koi tertua pernah hidup selama 226 tahun.

Jenis Ikan Koi Terbaik Tahun 2021

Untuk bisa mengetahui apa saja jenis ikan koi, berikut ini adalah beberapa jenis ikan koi beserta gambarnya:

1. Ikan Koi Kohaku

Ikan koi kohaku merupakan spesies koi yang mempunyai warna tubuh putih dengan corak kemerahan di atasnya. Adapun ciri-ciri dari ikan koi ini adalah seperti sapi berwarna putih-merah.

Koi kohaku ini sendiri sangatlah terkenal dan varian yang banyak penggemarnya atau populer. Bagaimana dengan harganya? Untuk harga per ekor ikan koi jenis kohaku ini mulai dari harga Rp. 200.000, masing terbilang sangat murah dengan melihat popularitasnya.

Namun untuk harga ini masih dapat berubah tergantung dari ukuran dan kualitas dari ikan koi ini sendiri.

2. Ikan Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku atau yang lebih dikenal dengan nama Showa adalah salah satu jenis ikan koi yang mempunyai kombinasi warna dasar merah dan putih yang juga dilengkapi dengan warna hitam diatasnya.

Berbeda dengan kebanyakan pada jenis lainnya, ciri-ciri ikan koi ini lebih memiliki corak yang memenuhi tubuhnya, sehingga nampak seperti batu marmer saja. Sebagaimana telah diketahui, harga per ekornya tembus Rp. 1.000.000.

3. Ikan Koi Taisho Sanke

Jenis ikan koi berikutnya yang harus Anda ketahui yaitu Koi Taisho Sanke, ikan koi ini hampir sama dengan jenis Kohaku. Hanya saja untuk jenis taisho sanke ini lebih mengandalkan cantiknya corak hitam yang telah di milikinya di bagian atas.

Adapun ketiga warna yang dimiliki yaitu hitam, merah dan hitam kombinasi. Ciri-ciri jenis koi ini adalah jenis ikan koi yang mudah dijumpai, hal ini disebabkan taisho sanke sangat mudah untuk di pijahkan. Untuk harga satu ekornya mulai dari Rp. 300.000.

4. Ikan Koi Goromo

Jenis ikan Koi Goromo ini memiliki nama lain yaitu Koromo. Ikan ini adalah hasil persilangan antara jenis koi Kohaku dengan jenis Asagi.

Pada bagian atas tubuhnya terdapat beberapa corak bulatan-bulatan hitam keunguan bagaikan buah anggur.

Ciri-ciri dari ikan Koi Goromo ini yaitu mempunyai 4 varian warna corak yakni: ungi, biru, hitam dan indigo. Untuk harga ikan Koi jenis Koromo atau Goromo ini mulai dari Rp. 400.000 per-ekor.

5. Ikan Koi Kawarimono

Bagaimana pun untuk para pecinta koi tentu kebingungan dengan berbagai jenis ikan koi ini, hal ini disebabkan semua jenis koi ini sendiri rata-rata memang bernama istilah Jepang.

Jenis berikutnya adalah Koi Kawarimono, yang merupakan spesies hybrid atau persilangan. Ciri utama dari jenis koi ini adalah memiliki warna tubuh yang malah tidak jadi aneh, seperti koi pada umumnya.

Koi yang satu ini tidak mempunyai warna tubuh merah khas ikan koi pada umumnya. Akan tetapi warna tubuhnya justru warna-warna yang lain misalnya ungu polos, hijau polos, biru polos, coklat polos dan warna-warna polos lainnya.

Untuk harga ikan koi jenis ini kisaran lebih murah dari jenis yang sebelumnya yaitu hanya dengan harga Rp. 200.000 per ekor.

6. Ikan Koi Shiro Bekko

Jenis ikan berikutnya adalah Shiro Bekko, tentunya nama jenis koi dong! Ya, Koi Shiro Bekko ini memiliki warna dasar kulit putih susu.

Ciri-ciri utama dari jenis koi ini bercorak tutul-tutul hitam yang agak jarang. Ikan ini sudah menjadi primadona oleh para pecinta koi karena dipandang sangat manis, seperti permen susu dan juga sangat cantik sekali untuk di pandang.

Untuk harga ikan koi jenis Shiro Bekko ini sekitar Rp. 800.000 per ekor.

7. Ikan Koi Ogon

Jenis ikan koi selanjutnya adalah ikan Koi Ogon. Ciri utama dari ikan Koi Ogon ini sungguh sangat indah warnanya yaitu kuning keemasan.

Jenis ikan Koi Ogon ini sudah ditemukan sejak tahun 1946 oleh seseorang yang bernama Sawati.

Ikan kIo jenis ini merupakan persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan Koi Shiro-Fuji. Awal percobaan ini memang belum bisa menghasilkan warna emas seluruh tubuhnya.

Akan tetapi setelah 6 kali lamanya generasi keturunan dari Koi yang disilangkan lagi, jadi untuk jenis ikan Koi Ogon emas super eksotik dengan harga Rp. 1.500.000 per ekor.

8. Ikan Koi Ogon Yamabuki

Jenis ikan Koi Ogon Yamabuki ini lebih dikenal dengan nama Ogon saja atau Ogon biasa. Sedangkan untuk ciri-ciri dari ikan Koi ini memiliki warna kuning keemasan dengan sedikit background kulit putih susu.

Dengan tambahan sirip kombinasi antara warna putih dan juga kuning. Harga dari Ikan Koi Ogon Yamabuki ini senilah Rp. 900.000 per ekor.

9. Ikan Koi Ogon Platinum

Sebagaimana pada jenis Ogon emas untuk Koi Ogon Platinum ini sendiri tidak menampakkan ciri-ciri khas, yaitu tidak ada warna putih dan merah pada tubuhnya.

Justru tubuh jenis ikan Koi ini warnanya lebih ke server sangat mewah, nuansa platinum ini sungguh terdapat pada dirinya. Tidak heran lagi jika satu ekornya berada di harga Rp. 1.200.000

10. Ikan Koi Utsurimono

Untuk jenis ikan Koi Utsurimono ini memiliki 3 varian warna dasar kulit yang berupa putih susu, merah kejinggaan dan kuning.

Masing-masing dari warna tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri dan nama sendiri dalam bahasa Jepang, yaitu Shiro Utsuri (warna putih), Hi Utsuri (warna merah), dan juga Ki Utsuri (warna kuning). Untuk harga satu ekornya mulai dari Rp. 800.000.

11. Ikan Koi Hikarimoyomono

Jenis ikan koi berikutnya adalah Ikan Koi Hikarimoyomono. Ikan jenis ini mempunyai ciri-ciri terdapat corak aneh di bagian punggungnya yang lebih seperti tulang rusuk hitam melintang pada bagian sisi kanan dan kiri punggung.

Koi Hikarimoyono ini cukup langka keberadaanya dibanding dengan beberapa jenis koi lainnya dan jarang yang punya. Untuk harga dari ikan koi ini Rp. 700.000 per ekor.

12. Ikan Koi Shusui

Untuk jenis koi yang hampir sama dengan Hikarimoyono yaitu Koi Shusui. Walaupun terbilang mirip, akan tetapi porsi warnanya lebih banyak warna merahnya.

Coraknya seperti tulang rusuk yaitu ciri-cirinya yang menjari kelabu pada bagian punggungnya. Untuk harga Ikan Koi jenis ini adalah Rp. 400.000 per ekor.

13. Ikan Koi Hikari Utsurimono

Ikan Koi Hikari Utsurimono merupakan jenis ikan dengan variasi warna dari Koi Utsurimono yang mempunyai warna dasar kuling merah kejinggaan.

Sedangkan untuk ciri-ciri utamanya yaitu terdapat corak hitam sebagaimana jenis Koi pada biasanya. Harga ikan Koi Hikari Utsurimono yaitu Rp. 900.000 per ekor.

14. Ikan Koi Kinginrin

Ikan Koi Kinginrin merupakan jenis ikan koi yang memiliki ciri-ciri seperti tubuhnya mirip dengan karper. Sementara itu untuk kulitnya berwarna kuning, tidak menampakkan bahwa ia adalah jenis ikan koi pada umumnya.

Kangirin merupakan jenis koi dari hasil persilangan. Tubuhnya yang dominan mirip karper ini lebih sering disebut dengan ikan karper atau ikan mas. Untuk harganya juga cukup mahal yaitu Rp. 900.000 per ekornya.

15. Ikan Koi Asagi

Jenis ikan Koi Asagi ini menjadi salah satu spesies ikan koi yang tidak kalah unik. Hal ini disebabkan pada punggungnya berwarna biru agak kelabu. Sementara itu di bagian kepalanya lebih membawa putih dan juga warna merah seperti Koi pada umumnya.

Ciri-ciri dari ikan koi ini, apabila semakin banyak warna birunya atau dominan biru maka akan lebih mahal harganya. Sedangkan untuk harga nomalnya yaitu Rp 1.100.000 per ekor.

16. Ikan Koi Shusui Asagi

Jenis ikan Koi Shusui Asagi ini lebih memiliki tubuh dengan corak warna putih dan juga terdapat bercak polkadot sisi hitam yang menjari pada bagian punggungnya.

Pada siripnya berwarna oranye dan di bagian dekat ekor juga terdapat sedikit warna jingga yang memperindah. Harga dari Ikan Koi Shusui Asagi yaitu Rp. 600.000 per ekor.

17. Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis ikan Koi Shiro Utsuri ini lebih memiliki lekuk tubuh dengan warna putih bercorak hitam-hitam. Ikan ini sangat cantik sekali pada saat berenang di air,nampak berkilau seperti batuan alam.

Ciri utama koi jenis ini yaitu ukuran tubuhnya yang cukup besar mirip Karper atau ikan mas. Corak hitamnya ini sendiri terdapat pada bagian samping tubuh dan sedikit di pangkal sirip. Untuk harga ikan Koi Utsuri yaitu Rp. 700.000 per ekor

18. Ikan Koi Ki Utsuri

Jenis ikan koi selanjutnya yaitu Ki Utsuri yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Koi Ki Utsuri ini memiliki warna kombinasi jingga dan hitam.

Ciri-ciri utama dari jenis koi ini adalah warna dasarnya jingga dengan hitam sebagai coraknya yang telah berpadu cantik. Untuk ukuran tubuhnya memang agak kecil, sirip dan ekornya yang berwarna hitam.

Jenis utsuri juga terdapat warna jingga kemerahan, akan tetapi kebanyakan berwarna jingga atau oranue yang sangat mudah di jumpai. Harga Ikan Koi Ki Utsuri yaitu Rp. 850.000 per ekor.

19. Ikan Koi Ki Bekko

Jenis ikan Koi Ki Bekko yang warnanya sangat cantik sekali, kuning cerah dan terang. Ada beberapa spot atau variasi corak hitam sebagaimana ikan koi pada umumnya.

Jenis ikan Koi Bekko ini sudah menjadi favorit para pecinta koi baik di nusantara atau di dunia. Untuk harga Koi Ki Bekko ini Rp.500.000 per ekor.

20. Ikan Koi Aka Bekko

Masih sama dengan jenis Bekko, jenis Aka ini tidak jauh berbeda dengan Koi Ki Bekko. Hanya saja yang dapat membedakannya yaitu dimana warna dasar kulitnya yang lebih oranye. Sangat mirip dengan ikan mas atau ikan Karper.

Corak hitamnya yang terkonsentrasi pada area tubuh di bagian atas atau sedikit menyamping, sepanjang punggung. Ikan Koi Aka Bekko ini juga menjadi spesies yang paling dicari, untuk satu ekornya di hargai Rp. 500.000.

21. Ikan Koi Tancho

Unik sekali jenis ikan koi ini yaitu Koi Tancho. Kulitnya yang mulus sangat manis sekali ditambah dengan warna putih susu dan jidatnya di kepala terdapat bulatan warna jingga kemerahan.

Koi Tanchi ini sangat disukai karena banyak yang memberikan penilaian bagus dan di anggap sebagai pembawa hoki atau keberuntungan. Bulatan inilah seperti koin yang menyala dan satu ekornya biasa di hargai Rp. 800.000.

22. Ikan Koi Tancho Khikusui

Untuk varian ikan Koi Tancho Khikusui ini mempunyai ciri-ciri yaitu dengan tubuh warna putih susu dan juga bulatan jingga pada kepalanya seperti motive polkadot tetapi tidak banyak.

Ternyata beberapa jenis dari ikan Koi Tancho mempunyai perbedaan pada warna bulatan pada dahi dan tubuhnya.

Jika pada ikan koi Khisusui, bulatan warna jingga dan juga tubuhnya putih bersih, putih susu semuanya. Untuk harga Ikan Koi Tancho Khikusui yaitu Rp. 700.000 per ekor.

23. Ikan Koi Tancho Goromo

Koi Tancho Goromo merupakan jenis koi yang mempunyai tubuh putih keperakan. Pada bagian kepalanya terdapat corak bulatan dengan warna hitam.

Akan tetapi, bulatan ini tidak asimetris dan terkadang di sekitar bulatan tersebut ada warna jingga atau merahnya. Untuk perlu diketahui, satu ekornya di lepas senilai Rp. 700.000 per ekor.

24. Ikan Koi Tancho Goshiki

Jenis ikan koi selanjutnya adalah Tancho Goshiki. Ciri utama dari koi ini lebih memiliki warna tubuhnya bukan putih, tetapi malah abu-abu.

Di bagian kepalanya juga terdapat bulatan yang berwarna oranye. Siripnya sendiri berwarna putih. Pada bagian punggung terdapat garis pendek warna putih susu. Untuk harga Ikan Koi Tancho Goshiki yaitu Rp. 700.000 per ekor.

25. Ikan Koi Tancho Kohaku

Jenis ikan Koi Tancho Kohaku ini mempunyai warna tubuh putih layaknya susu. Terdapat bulatan oranye yang melekat pada dahinya.

Seluruh tubuhnya hanya terdapat warna susu saja, termasuk sirip-siripnya putih. Bahkan bola matanya ikut berwarna putih susu, dengan titik pupil hitam yang kecil sekali. Untuk harga ikan koi ini sekitar Rp. 700.000 per ekor.

26. Ikan Koi Tancho Kujaku

Ikan Koi Tancho Kujaku memang masih sama dnegan jenis ikan Koi Tancho Kohaku, akan tetapi jenis Kujaku ini memiliki titik-titik hitam pada bagian warna putih di tubuhnya.

Sirip titik hitamnya juga merata pada seluruh tubuh bagian atas dan samping. Sementara di bagian perut bawahnya tetap putih susu. Untuk harga jenis koi ini berkisar Rp. 700.000 per ekor.

27. Ikan Koi Tancho Sanke

Untuk semua jenis ikan Koi Tancho mempunyai bulatan di bagian dahi, sedangkan si Sanke ini sendiri juga punyai pada bagian dahinya, yaitu warna oranye. Tubuhnya berwarna putih susu dengan bercak hitam khas koi yang dapat memberikan kesan elegan.

Pada siripnya berwarna putih susu dengan sedikit bercak hitam yang berpadu cantik. Satu ekor dari ikan Koi Tancho Sanke yaitu Rp. 700.000

28. Ikan Koi Matsuba

Jenis ikan Koi Matsuba ini telah membawa bentuk tubuh relative besar mirip Karper atau ikan mas. Warna ditubuhnya bermacam-macam mulai dari warna oranye dan ada juga yang warna kuning.

Ciri-ciri dari ikan Koi ini terdapat sekumpulan sisik dengan warna kehitaman memanjang dari bawah kepala sampai dekar dengan ekornya. Harga dari Ikan Koi Matsuba ini sekitar Rp. 500.000 per ekor.

29. Ikan Koi Kumpay Slayer

Jenis ikan ini cukup unik, yaitu mengsung nama “Butterfly Koi”. Akan tetapi, pada dasarnya jenis ini bernama Koi Kumpay Slayer yang mempunyai sirip cukup panjang melambai layaknya kupu-kupu. Sehingga begitulah alasan kenapa koi ini disebut sebagai butterfly koi.

Kombinasi pada warnanya yaitu jingga dan silver keputihan atau kuning dan silver keputihan. Untuk satu ekornya seharga Rp. 1.500.000. tergantung jenis ikan Koi yang beraneka ragam.

30. Ikan Koi Kujaku

Koi Kujaku ini merupakan jenis ikan koi yang biasa disebut juga dengan ikan Champion. Seolah hendak mengikuti lomba ikan hias, pada warna tubuhnya ini menggelora nampak sangat cerah dengan kombinasi merah, putih dan banyak polkadot sisik hitam pada bagian punggungnya.

Pada bagian siripnya berwarna putih susu menselaraskan di tubuhnya. Untuk harganya ini sendiri yaitu Rp. 500.000 per ekor.

31. Ikan Koi Hariwake

Jenis ikan Koi Hariwake mempunyai bentuk tubuh layaknya ikan koi pada biasanya. Akan tetapi, koi hariwake memiliki warna putih dan kuning.

Untuk warna dasar kulitnya yaitu putih susu, dengan corak kuning yang besar pada bagian dekat kepala dan pada bagian dekat ekornya.

Mempunyai sirip dada, sirip perut dan juga ekor warna putih susu juga senantiasa menampakkan jenis ini semakin indah. Harga dari Koi Hariwake yaitu Rp. 600.000 per ekor.

32. Ikan Koi Kumonryu

Jenis Ikan Koi Kumonryu yang memiliki warna dengan kombinasi putih susu dan hitam legam. Warna putihnya ini sendiri lebih banyak daripada hitamnya. Untuk coraknya memang cenderung abstrak sekali tetapi tetap meninggalkan kesan yang unik. Jadi dapat dipastikan tiada yang mempunyai bentuk corak tubuh yang serupa.

Sedangkan pada sirip dadanya sediri ada yang putih semua, ada juga yang hitam semua. Untuk harga Ikan Koi Kumonryu per ekornya yaitu Rp. 600.000.

33. Ikan Koi Kumonryu Beni

Kumonryu Beni adalah salah satu ikan koi yang masih dalam keluarga Kumonryu. Sama halnya dengan Kumonryu, Kumonryu Beni ini juga mempunyai keunikan yakni pada pola warnanya dapat berubah-ubah sepanjang hidupnya.

Namun, hal yang bisa membedakan yaitu kombinasi warna yang dimiliki antara keduanya. Kumonryu hanya mempunyai warna abu-abu atau putih dengan kombinasi warna hitam, sedangkan Kumonryu Beni mempunyai kombinasi warna-warna  abu-abu atau putih, merah dan hitam. Untuk harga sekitar Rp. 500.000.

34. Ikan Koi Kikokuryu

Ikan Koi Kikokuryu adalah salah satu jenis ikan koi dengan dasar putih dikombinasikan dengan daerah hitam pada bagian satu baris sisik, sepanjang bagian belakang luar baris dan juga pada kepala di sekitar mata dan hidung. Kikokuryu biasanya dianggap versi metalik Kumonryu. Untuk harga sekitar Rp. 700.000.

35. Ikan Koi Kin Kikokuryu

Ikan Koi Kin Kikokuryu adalah jenis ikan kon yang menggabungkan warna oranye atau kuning dengan pola hitam dan putih Kikokuryu untuk membentuk berbagai terbaru dari koi di industri.

Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi
Cara Merawat Ikan Koi

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat ikan koi dengan benar dan tepat.

  • Kolam ikan harus mempunyai kedalaman minimal 50 cm.
  • Gunakan air bersih untuk mengisi kolam.
  • Gunakan filter air agar kebersihan kolam selalu terjaga.
  • Pilih ikan koi yang sehat agar mudah menyesuaikan dengan kondisi di kolam. Ciri ikan koi yang sehat yaitu bergerombol, aktif dan lincah.
  • Gunakan tanaman air seperti alda sebab adanya tumbuhan air akan memberikan nutrisi pada ikan.
  • Berikan pelet yang sudah direndam selama 30 – 60 detik agar ikan koi mudah mencerna.
  • Untuk kolam yang berukuran 1,5 meter dengan jumlah koi maksimal, berikan pakan 100 gram/hari. Jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sering memberi makan.
  • Memberi nutrisi seperti wortel, udang dan lainnya selama 2 minggu sekali.
  • Suhu kolam harus selalu 24-26 derajat celcius.

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis ikan koi bagus yang biasa dipelihara atau dibudidayakan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sampai salah pilih jika ingin ikan koi yang berkualitas.

Dengan memahami secara detail tentang jenis ikan koi dan harganya, maka akan lebih memahami juga bagaimana cara memelihara ikan koi tersebut secara maksimal. Sehingga ikan akan tumbuh sehat dan mempunyai pola warna yang menarik.

Semoga dengan adanya artikel diatas bisa bermanfaat untuk Anda ketika hendak memelihara ikan koi. Sekian dan Terimakasih.

luqman Hai nama saya Luqman, saya adalah seorang publisher asal Bojonegoro Jawa Timur, saya seorang anak desa yang ingin sukses di dunia marketer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *