9+ Makanan Burung Hantu Beserta Jenisnya (Lengkap)

Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes, burung ini yang paling popular sejak dahulu dan memiliki harga yang cukup mahal meskipun yang masih anakan.Burung hantu termasuk dalam hewan karnivora atau pemakan daging.

Selain itu burung hantu juga merupakan hewan yang aktif di malam hari atau nocturnal. Sehingga wajar jika Anda melihat burung hantu yang menjadi burung peliharaan akan lebih banyak tidur pada siang hari.

Makanan burung hantu sebenarnya tidak begitu sulit ditemukan. Apalagi makanan burung hantu juga merupakan hewan-hewan kecil yang bisa kamu temukan di kehidupaan sehari-hari.Burung hantu ini juga mempunyai kemampuan khusus untuk beradaptasi dengan sumber makanan yang tersedia di lingkungannya.

Diantara banyak jenis burung hantu yang mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda dengan jenis burung yang lainnya. Sehingga kita sebagai penggemar burung hantu harus mengetahui apa saja makanan yang diperlukan burung hantu itu sendiri.

Namun , jika Anda ingin memeliharanya Anda harus merawatnya dengan benar-benar memperhatikan kondisi kesehatannya beserta jenis makanannya.

BERIKUT INI JENIS-JENIS MAKANAN BURUNG HANTU

Makanan Burung Hantu

Karena Burung hantu mempunyai banyak jenis, maka tipe makanannyapun bervariasi.Selain mementingkan makanan dan cara memeliharanya kita tidak lupa juga untuk menyediakan kendang burung hantu yang lebih maksimal agar burung lebih nyaman dan leluasa. Berikut informasi tentang jenis-jenis makanan burung hantu.

1. Tikus

Burung hantu adalah salah satu burung yang kerap digunakan sebagai hewan pembasmi tikus dikalangan pertanian.

Oleh karena itu banyak petani yang menggunakan burung hantu untuk menanggulangi serangan tikus yang lebih efektif dibandingkan pengendalian tikus menggunakan racun tikus.Burung hantu juga Bermanfaat sebagai Predator Alami tikus sawah.

Tikus sawah merupakan salah satu hama jenis mamalia. Jenis ini biasanya merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Burung hantu dapat digunakan sebagai agen hayati dalam pengendalian hama tikus di persawahan. Burung hantu mampu memangsa 2 hingga 5 ekor tikus setiap harinya.

Burung hantu yang biasa dimanfaatkan sebagai pengendali hama tikus adalah jenis barn owl (Tyto alba).Burung jenis ini memiliki sebutan lain yakni burung hantu putih yang memiliki ukuran 34cm dengan ciri yang mudah dikenali.

Alasan memilih jenis ini karena barn owl memiliki karakteristik mudah beradaptasi pada lingkungan perkotaan maupun persawahan.

Barn owl dapat memangsa lebih dari 100 ekor tikus dalam sebulan dengan perkiraan dapat memangsa tikus sawah sebanyak 3600 ekor pertahun.

Pemanfaatan burung hantu ini sebagai pengendali tikus sekaligus membantu petani dalam mengatasi tikus serta dapat mengurasi penggunaan bahan kimia sebagai pengendali hama tikus dalam kegiatan budaya tanaman pangan di Indonesia.

2. Ikan lele

Bagi burung yang hidup di sekitar sungai, maka ikan adalah jenis makanan favoritnya. Kandungan gizi yang melimpah pada ikan akan membuat burung hantu Anda tetap terjaga kesehatannya.

Burung hantu Bubo ketupu (buffy fish owl) adalah jenis burung hantu yang lebih suka makanan yang hidup di air.

Jenis burung ini juga memiliki bulu unik di bagian kepala yang menyerupai daun telinga dan berbadan medium.

Ikan merupakan salah satu makanan yang di sukai burung hantu Bubo Ketupu. Terkadang juga berjalan di tempat berair dangkal untuk mencari ikan,kodok, dan serangga berair. Burung Bubo ketupu yang hidup di penangkaran, bisa hidup hingga usia 30 Tahun.

Makanan yang paling utama dari burung jenis buffy fish owl ini adalah ikan. Oleh karena itu Burung ini mudah ditemukan di Indonesia dan sering dijadikan burung peliharaan.

Burung hantu jenis ini juga memakan potongan ikan lele maupun ikan lele kecil sebagai menu utamanya.

Buffy fish owl diberi makan 4 hingga 6 kali sehari dengan porsi sedang yaitu ikan atau ikan lele. Selain ikan patin dan ikan lele Burung jenis ini juga mengkombinasi pakan lain seperti hewan kecil pengerat dan burung kecil.

3. Daging Ayam

Selain Tikus dan Ikan, Daging ayam juga menjadi makanan favorit untuk semua burung hantu. Jenis burung hantu ini dinamakan burung hantu Spotted wood owl . Burung hantu jenis ini sangat polpuler di inggris. Daging ayam segar bisa menjadi alternatif bagi pemelihara burung hantu yang mencari makanannya dengan mudah dan dapat ditemukan di semua daerah.

Burung hantu jenis ini kerap kali berburu anakan unggas di alam liar. Karena itulah menyelingi pola makanannya dengan daging ayam bisa menggugah selera makan mereka.

Burung Hantu ini juga terkenal coraknya yang keren dan badannya yang besar, sehingga terlihat keren Ketika berada di atas Pundak atau tangan.

Daging Ayam yang kaya lemak dan protein yang cukup membuat burung hantu terlihat tumbuh dengan baik. Burung Hantu jenis ini juga bisa diberikan makan 2 kali dalam sehari. Daging ayam segar dengan aromanya akan membangkitkan nafsu makan burung hantu tersebut.

4. Jangkrik

Burung Hantu tidak hanya suka memakan daging melainkan juga suka makan serangga kecil seperti jangkrik. Jenis burung hantu yang memakan jangkrik biasanya dinamakan Burung Oriental Bay Owl. Burung hantu ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu warna merah pada kelopak matanya.

Makanan Jangkrik ini mudah ditemukan saat malam hari, tidak salah juga jika burung hantu menyukai makanan tersebut. Selain serangga kecil seperti jangkrik burung hantu jenis ini juga memakan tikus-tikus kecil.

Burung hantu jenis ini memiliki tubuh yang kecil dan bahkan menjadi salah satu spesies burung hantu yang memiliki ukuran tubuh terkecil. Tidak salah jika makanannya seperti serangga-serangga kecil.

5. Kumbang besar

Selain daging sama serangga burung hantu juga gemar berburu kumbang besar. Jenis burung hantu ini biasanya dinamakan Tawny Owl. Jenis burung hantu ini sangat popular di inggris, namun cukup banyak juga orang di berbagai negara memeliharanya.

Kumbang Besar adalah makanan berburu yang di sukai burung hantu karena menjadi makanan selingan buat burung tersebut. Di habitat liar banyak sekali makanan yang di jumpai waktu malam hari terutama kumbang besar.

Burung hantu jenis ini berburu dengan serangan bertengger biasanya berlangsung dari sekitar 8 hingga 14 menit tergantung Sebagian besar pada mangsanya. Burung hantu Tawny owl berpotensi akan memakan mamalia kecil yang mereka temui.

6. Burung pipit

Tidak Hanya Daging Ayam, burung hantu juga suka burung pipit terutama Burung hantu Elang.Burung hantu yang memiliki karakteristik fisik yang hamper sama dengan elang putih sangat sulit dipelihara karena memiliki tingkat stress yang tinggi.

Memberikan makan burung pipit sama telur burung pipit dapat menurunkan stress yang dimiliki burung hantu Elang tersebut. Oleh karena Itu Sekarang banyak dijumpai penjual burung pipit beserta telur sama anaknya di took burung.

7. Ulat hongkong

Tidak asing lagi bagi pencipta burung dengan Ulat Hongkong. Jenis ulat ini juga menjadi makanan pendamping yang disukai burung hantu. Ulat Hongkong yang berukuran kecil tersebut juga cocok untuk burung hantu, sebagai variasi makanan.

Namun Kebanyakan burung hantu yang berbadan kecil makannya jangkrik. Bisa juga dikasih makan Ulat Hongkong, tetapi dalam porsi yang sangat kecil.

Ulat Hongkong ini juga memiliki protein cukup tinggi, Hampir setara dengan jangkrik serangga lainnya.Pemberian ulat hongkong sebaiknya dilakukan dengan dosis tertentu:  4 atau 7 hari sekali untuk burung hantu berusia chick serta 2 atau 3 hari sekali untuk burung hantu dewasa.

8. Burung emprit

Di habibatnya yang liar burung hantu juga memakan burung emprit. Namun tidak semua jenis burung hantu yang mampu mengonsumsi makanan jenis tersebut.

Jenis burung hantu yang memakan burung emprit yaitu Burung Hantu Celepuk dan Typo Alba.

Burung tersebut memberikan makanan dengan memanfaatkan skill alaminya Atau keterampilan burung hantu berburu mangsa secara alami di alam liar.

Setelah kita lepaskan burung hantu akan mencari makanan dengan jenis yang masih hidup secara naluri akan berlatih menyergapnya.Untuk takaran memberikan makanan burung hantu ini yang pas yaitu kita berikan sebanyak 2 kali sehari.

9. Daging yang masih fresh

Hampir semua jenis burung hantu menyukai daging yang masih fresh atau daging segar. Anda  juga tidak akan kesulitan jika harus mennyiapkan daging yang masih fresh tersebut yaitu berupa daging sapi karena dapat kita jumpai di pasar.

Jenis Burung hutan Yang memakan daging yang masih fresh biasanya dinamakan Burung Tyto Alba. Yang Kaya manfaat proteinnya daging yang masih fresh ini juga sangat bagus untuk menjaga burung hantu Anda Tetap sehat.

Oleh karena itu, Pemilihan makanan pada burung hantu Tak bisa asal harus memperhatikan jenisnya. Setiap jenis burung hantu pasti berbeda juga dengan makanannya.

Yang perlu sangat diperhatikan saat memelihara burung hantu sebagai hewan nocturnal juga jangan  dipaksa untuk bangun pada siang hari karena banyak manusia yang memelihara namun tidak memperhatikan hal tersebut. Hal itu dapat menyebabkan stress pada hewan.

Merawat burung hantu sangatlah praktis dan mudah, Namun sifat Malam adalah salah satu kesulitannya. Tetapi tidak sia-sia jika kita memelihara burung hantu ini karena harga jual burung yang sangat eksotis ini sangat tinggi.

Tinggalkan komentar