luqman Hai nama saya Luqman, saya adalah seorang publisher asal Bojonegoro Jawa Timur, saya seorang anak desa yang ingin sukses di dunia marketer.

25+ Rekomendari Makanan Burung Kenari Agar Gacor (Lengkap)

6 min read

Makanan Burung Kenari

Selain mempunyai bulu yang indah, burung kenari ini juga mempunyai kicauan yang indah. Untuk dapat memperoleh suara kicauan atau gacoran yang maksimal, maka Anda harus mengerti makanan burung kenari yang bagus untuk suara mereka.

Namun selain itu, Anda juga tetap harus dapat memperhatikan cara merawat burung kenari agar si burung tersebut dapat hidup sehat dan juga bisa gacor dengan lebih semangat.

Karena akan tidak maksimal jika kalian sudah memilih jenis burung kenari yang bagus akan tetapi tidak memperhatikan jenis makanannya, sebab tidak akan maksimal.

Sebetulnya makanan dari burung kenari ini sama dengan makanan pada burung lainnya.

Walaupun demikian, Anda tidak boleh asal begitu saja. Karena hal ini dapat berpengaruh besar pada kicauan si burung. Dimana pada setiap jenis makanan tentunya mempunyai peran dan tujuan yang berbeda-beda.

Pakan Harian Burung Kenari

Makanan Burung Kenari
Makanan Burung Kenari

Ingin mengerti beberapa daftar makanan dari burung kenari yang dapat bikin tambah facor dan juga cepat bertelur. Berikut ini adalah daftar makanan selengkapnya:

Jagung Manis

Pemberian makanan jagung manis secara teratur pada burung kicau dapat menghindarkan burung ini dari masalah pencernaan, penyakit mata dan juga anemia serta dapat membantu menyehatkan bulu si burung tersebut.

Selain itu juga jagung manis ini kaya akan kalori, vitamin dan tentunya mineral jadi sangat cocok diberikan pada burung lomba.

Untuk cara pemberian makanannya Anda cukup sanyat jagung lalu gandung pada sangkar.

Wortel

Tujuan pemberian sayuran wortel pada burung kicau tidak lain agar warna pigmen pada burung tetap terjaga seperti halnya burung kenari merah.

Hal ini dapat dikarenakan wortel mempunyai kandungan karotein yang sangat tinggi. Untuk cara penyajiannya, Kalian cukup merebus kemudian memarutnya atau bisa juga dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

Cabai Merah

Bumbu dapur yang satu ini memang sudah diyakini oleh para kicau mania sebagai salah satu media untuk memenuhi kebutuhan vitamin c dan juga zat warna atau karotein pada burung kicau.

Untuk cara pemberian makanan ini Anda cukup memberikan secara utuh atau dihilangkan bijinya terlebih dahulu. Dan perlu diingat burung tidak mempunyai reseptor rasa jadi tidak akan merasa kepedasan.

Telur Puyuh Rebus

Di dalam alam liar burung kenari telah menjadikan telur puyuh sebagai salah satu sumber pakan utama sebagai pengganti serangga sebab mempunyai kandungan protein yang begitu tinggi.

Kita semua tentunya sudah mengerti bahwa telur puyuh mempunyai kandungan senyawa zeaksantin, kolin, lutein, vitamin dan juga beberapa jenis mineral penting.

Semua kandungan senyawa ini sangat penting untuk tubuh kenari sebab dapat menjaga kesehatan, stamina, performa dan meningkatkan hormone estrogen serta progesteon yang dapat membuat burung kenari menjadi lebih cepat birahi.

Untuk Anda yang memiliki kenari petarung, maka pemberian pakan telur yang kaya akan kalori ini bisa mampu menunjang aktivitas berat yang dilakukan oleh burung agar tidak gampang sakit.

Disarankan untuk kalian memberikan kuning telurnya saja, karena mempunyai kandungan gizi dan vitamin yang lebih bagus untuk burung.

Baca Juga: Makanan Burung Hantu

Gambas atau Oyong

Oyong atau gambas adalah salah satu tanaman sayuran dari suku labu-labuan yang sangat bermanfaat untuk burung kicau salah satunya yaitu dapat membantuk burung rajin berbunyi.

Akan tetapi ingat pemberian oyong ini tidak boleh dilakukan terus menerus sebab dapat membuat kotoran burung jadi berair.

Berikan oyong kepada burung dalam keadaan dipotong-potong dan  juga cukup diberikan sekali dalam seminggu.

Apel

Buah yang berasal dari daerah subtropis ini memang sudah lama diyakini oleh para kicau mania sebagai solusi untuk mengatasi kegemukan pada burung kicau, sumber vitamin dan juga mineral, mengatasi suara serak, sumber antioksidan alami dan juga sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan burung.

Anda dapat memberikan potongan apel dalam ukuran sedang hanya cukup 1 kali sehari.

Catatan: Pastikan jika bijinya tidak ikut untuk disajikan, karena di dalamnya mengandung racun sianida yang dapat mematikan.

Mentimun

Timun atau sebagian orang lebih mengenalnya dengan sebutan ketimun ini adalah jenis buah yang mempunyai kandungan air yang cukup tinggi.

Makanan jenis ini sangat berperan dalam menurunkan kadar lemak di dalam burung dan juga menurunkan tingkat birahi dari burung kenari tersebut.

Untuk cara pemberiannya kalian cukup dengan memotong timun lalu gantung kedalam sangkar atau dapat juga ambil bijinya kemudian keringkan dan berikan pada burung peliharaan tersebut.

Sawi

Sayuran sawi ini mempunyai banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung peliharaan. Selain itu sawi juga sangat berperan untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan burung.

Untuk cara pemberian Kalian cukup gantungkan sawi yang masih segar dalam sangkar burung.

Sayuran Segar

Sayuran segar juga telah diyakini mempunyai peran penting untuk mendongkrak hormon yang ada didalam burung kenari dan juga membuatnya jadi cepat birahi.

Jenis sayuran ini diantaranya yaitu sawi hijau, gambas, sawi putih, jagung manis dan juga daun gingseng, hal ini dapat dikarenakan jenis sayuran ini mempunyai kandungan senyawa yang dapat meningkatkan hormone estrogen dan juga progesteron.

Buah Segar

Selain dengan telur puyuh dan juga sayuran segara burung kenari yang susah berahi juga wajib memberikan makanan tambahan atau dalam istilah kerennya dapat disebut dengan extra fooding (exfood atau eggfood) berupa buah segar misalnya apel, pisang dan juga jenis buah lainnya.

Menurut para peternak burung kenari senior jenis buah yang sangat cocok diberikan pada burung kenari yaitu apel merah yang mempunyai rasa manis bukan yang kecut.

Makanan Indukan Kenari Pada Saat Meloloh

Untuk kalian yang belum mengerti jenis pakan indukan pada burung kenari yang sedang meloloh anakannya, silahkan cek beberapa tipe makanan pada berikut ini:

Pakan Tambahan

Untuk indukan burung kenari yang masih meloloh anaknya sebaiknya Kalian harus rajin memberikan pakan tambahan berupa telur rebus dan egg food.

Cara membuatnya yaitu Anda cukup dengan rebus telur ayam atau puyuh selama 20 menit lalu belah menjadi 2 bagian dan juga gantungkan kedalam kandang.

Sedangkan untuk pembuatan egg food Anda hanya cukup campur telur rebus dengan sepotong roti tawar dan juga sedikit minyak zaitun.

Biji Bijian

Untuk pemberian pakan jenis ini sebagiknya biji itu direbus terlebih dahulu selama 20 menit lalu dinginkan dan juga simpan ke dalam kulkas semalam.

Untuk pemberian pakan berupa biji rebus atau biji yang sudah berkecambah sebaiknya dilaksanakan selama 3 sampai 4 minggu secara rutin tentunya dengan takaran 1 sendok teh pada setiap pagi dan sore hari.

Buah dan Sayur Segar

Silahkan kalian memberikan sepotong buah apel merah atau jenis apel yang mempunyai rasa manis pada pagi hari.

Sedangkan untuk jenis sayurannya Kalian dapat memberikan sawi atau sayuran berdaun dan juga parutan wortel.

Ingat pemberian pakan sayur dan juga buah ini harus dilakukan secara rutin kurang lebih selama 2 hingga 3 minggu setelah piyik menetas.

Baca Juga: Jenis Burung Cendrawasih

Vitamin dan Mineral

Untuk pemberian jenis pakan yang satu ini sebaiknya Anda pakai produk vitamin dan juga mineral tambahan yang sudah dijual dipasaran.

Cara pemberiannya yaitu Anda dapat mencampurkan produk ini dengan air minum atau pakan yang ingin diberikan kepada indukan burung kenari.

Pakan Anakan Kenari Umur 2 Minggu Kebawah

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan burung kenari yang masih berumur 2 minggu ke bawah yang bisa Anda berikan.

Kuning Telur Rebus

Kuning telur yang biasa dipakai untuk diberikan sebagai pakan lolohan yaitu kuning telur puyuh atau ayam.

Kenapa kuning telur yang dijadikan sebagai salah satu jenis pakan lolohan anakan kenari, yang pasti kandungan nutrisi yang terdapat pada kuning telur ini dapat memenuhi kebutuhan gizi anakan burung kenari yang sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tubuhnya.

Untuk cara memberikan pakan ini, Anda cukup haluskan kuning telur rebus lalu silahkan berikan pada indukan atau langsung ke anakan melalui spet.

Sawi Putih Atau Hijau

Bagi jenis sayuran sebaiknya Anda berikan kepada indukan kenari yang sedang meloloh itupun dengan ketentuan anakan yang ingin diloloh sudah berusia 5 hari sejak menetas dari telur.

Apabila Anda ingin memberikan kepada anakan kenari sebaiknya diblender dulu sampai membentuk pasta kemudian lolohkan dengan alat spet.

Untuk Anda yang tidak ingin repot, saya sarankan sebaiknya Anda pakai saja bubur bayi instan misalnya cerelac, sun atau jenis lainnya.

Untuk cara melolohnya Anda cukup seduh bubur dengan air hangat lalu berikan kepada anakan kenari memakai spet. Dan ingat pastikan Anda memakai air hangat bukan air panas ketika menyeduh buburnya tersebut.

Por Fancy Atau Lainnya

Cara membuat pakan lolohan memakai por sangat mudah sekali Anda cukup menghaluskan por memakai blender atau jenis lainnya.

Kemudian setelah itu silahkan campur dengan kuning telur ayam atau puyuh rebus atau dapat juga diberi tambahan sedikit air bersih.

Lalu silahkan berikan kepada indukan burung kenari atau dapat juga diberikan langsung kepada anakan kenari melalui alat spet tersebut.

Cara Meloloh Anakan Burung Kenari

Mengingat anakan kenari kenari yang telah berusia 2 minggu masih membutuhkan alat spet untuk menuapi makanan padanya tersebut.

Berikut ini adalah cara terbaik memberikan pakan lolohan anakan burung kenari yang memakai spet.

Anda tidak perlu untuk memisahkan anakan kenari dari indukannya atau mengangkatnya dari sarang terkecuali apabila diperlukan.

Usia minimal anakan burung kenari yang boleh diberikan makan melalui spet ini sekitar 5 hari.

Penyepetan atau pemberian pakan lolohan yang ada pada anakan kenari ini dilakukan 3 kali sehari.

Kemudian lakukan langkah ini secara rutin sampai anakan burung kenari dapat makan sendiri atau indukannya ingin melolohnya.

Racikan Pakan Kenari Agar Gacor

Makanan Burung Kenari
Makanan Burung Kenari

Ingin mengerti racikan pakan burung kenari agar mudah gacor dan juga rajin ngerol panjang, silahkan Anda dapat mengecek beberapa jenis makanan berikut ini:

Kroto (Telur Semut Rangrang)

Kroto adalah sebuah nama telur yang telah dihasilkan oleh semut rangrang atatu dalam bahasa jawa disebut dengan tlangkrang atau krangkang.

Kandungan protein didalam telur ini sangat tinggi sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan penambah stamina, vitamin dan juga intensitas gacor ngerol burung kenari.

Telur semut rangrang atau kroto ini sebaiknya diberikan pada burung kenari yang masih muda sampai beranjak dewasa.

Buah Apel

Buah apel ini termasuk ke dalam daftar jenis buah yang mempunyai kandungan nutrisi dan air yang cukup, selain itu tekstur dari buahnya sangat lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan tambahan dari burung kenari sebab dapat merangsang mood burung kenari untuk rajin berkicau atau gacor.

Cara memberikannya yaitu Anda cukup iris apel lalu gantung dalam sangkar. Sebaiknya pakai jenis apel yang mempunyai rasa manis seperti apel merah.

Telur Puyuh Rebus

Ekstra food yang satu ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu pakan atau menu yang wajib ada pada daftar burung kenari lomba.

Kenapa saya katakana demikian soalnya hanya telur jenis ini saja yang mempunyai kandungan protein tinggi dan juga nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh burung kenari tersebut.

Selain itu bentuk dari telurnya juga sangat pas dan juga cocok untuk dijadikan sebagai menu atau pakan tambahan.

Niger Seed Dan Biji Fumayin

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam biji fumayin atau niger seed ini juga diyakini dapat meningkatkan kualitas gacor burung kenari. Tapi ingat kedua jenis biji ini tidak boleh diberikan secara berlebihan.

Niger seed ini mempunyai sifat menghangatkan tubuh, jadi berikanlah apabila kondisi cuaca sedang dinging sedangkan untuk biji fumayin ini cenderung membuat nafsu makan burung menjadi meningkat atau malah ketagian makan.

Bijian Mix

Bijian mix ini adalah sebuah istilah pakan burung kenari yang terdiri dari beberapa campuran jenis biji-bijian tanaman diantaranya yaitu canary seed, milet merah dan putih, biji sawi, egg food san lain sebagainya.

Pakan atau makanan jenis ini adalah pakan pokok jadi harus selalu hadir setiap anda ingin memberikan makanan kepada burung kenari kesayangan Anda.

Apabila Anda kesulitan meracik bijian mix ini silahkan Anda beli saja di toko pakan burung terdekat, karena lebih praktis, higienis dan juga komplit dari pakan kiloan.

Daun Mengkudu Muda

Menurut para pemilik burung kenari lomba, daun mengkudu muda ini dapat dijadikan sebagai pakan tambahan burung kenari bakalan atau dewasa agar cepat dan juga rajin gacor.

Untuk pemberiannya Anda cukup beberapa lembar daun mengkudu muda kalau bisa yang masih kuncup lalu gantung di dalam sangkar.

Demikian beberapa jenis makanan burung Kenari agar cepat gacor dan juga ngekek panjang. Makanan tersebut dapat diberikan untuk perawatan kenari harian dan juga lomba.

Namun, Anda jangan sampai lupa untun pantangan makanan dan minuman kenari, agar kenari Anda tidak mengalami masalah, seperti suara serak, atau macet bunyinya.

Sekian dan tentunya terimakasih. Salam kicau mania hehehehe….

 

luqman Hai nama saya Luqman, saya adalah seorang publisher asal Bojonegoro Jawa Timur, saya seorang anak desa yang ingin sukses di dunia marketer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *