9+ Makanan Burung Agar Mudah Gacor dan Cara Membuatnya

Burung kolibri adalah salah satu jenis burung yang biasa hidup di alam liar dan merupakan jenis burung liar.

Mungkin sebagian dari para kicau manis tidak mengerti jenis burung ini, terutama untuk seorang pemula. Akan tetapi untuk para kicau mania yang sudah lama menekuni burung peliharaan, maka umumnya akan mengerti dan bahkan ingi mempunyai burung yang satu ini.

Hummingbird atau biasa disebut dengan burung kolibri ini mempunyai kemampuan terbangnya yang baik, dengan mempunyai bentuk tubuh yang mungil kecil.

Akan tetapi, yang namanya burung, kebanyakan darinya mempunyai ciri khas suara kicauan yang telah dimilikinya, misalnya burung kolibri yang menjadikan para kicaumania ingin memeliharanya.

Jika teman-teman hendak memelihara burung ini tentunya ingin mengetahui, makanan yang biasa di konsumsi oleh burung kolibri ini, terutama untuk seorang pemula.

Namun, sebelum mengerti makanan burung kolibri, maka akan memberikan informasi tentang jenis burung yang dilindungi, sehingga burung ini mampu untuk mengeluarkan kicauan terbaiknya.

Makanan Burung Kolibri Agar Cepat Gacor

Makanan Burung Kolibri
Makanan Burung Kolibri

Dari penjelasan di atas tidaklah cukup untuk mendapatkan kualitas dari burung kolibri tersebut, maka berikutnya yaitu dengan cara memberikan pakan yang biasa disukainya.

Makanan dapat memberikan peranan penting agar setiap harinya burung ini menjadi lebih aktif dan juga rajin untuk berkicau.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa makanan utama dari burung kolibri pada saat di alam bebas yaitu madu atau nectar yang telah dihasilkan oleh bunga.

Akan tetapi pada saat kolibri ini dipelihara umumnya dapat kita ganti dengan cairan yang manis-manis yakni misalnya: madu, susu, sirup atau yang lainnya. Yuk mari kita simak penjelasan satu-persatu dari makanan burung kolibri:

Baca Juga: Jenis Burung Pleci

1. Madu

Madu adalah salah satu pakan yang paling digemari oleh burung kolibri, manfaat dari madu untuk kolibri ini yaitu untuk membuat kolibri lebih fighter dan untuk menghangatkan tubuhnya agar kolibri lebih rajin berbunyi.

Akan tetapi madu ini juga tidak bagus jika diberikan secara terus menerus tanpa adanya makanan tambahan yang lainnya, sebab madu yang sifatnya panas, dapat mengakibatkan kebotakan kepalanya, dan juga dapat membuat kolibri menjadi lebih galak serta mudah emosi.

2. Nektar Kemasan

Anda juga bisa mencoba mencari nektar kemasan di toko online atau ecommerce, nanti Anda akan mendapatkan beberapa merk nektar untuk burung kolibri. Nektar ini sudah diracik khusus agak mirip dengan nektar aslinya.

Sehingga kandungan yang ada di dalamnya sudah pasti baik untuk performa burung konin atau Kolibri Ninja dan juga jenis kolibri yang lain.

Untuk nektar yang dijual di pasaran mempunyai warna pink yang kelihatannya memang manis.

3. Nektar Buatan

Di atas kami sudah menjelaskan tentang nektar kemasan yang dijual secara online. Lantas, jika nektar buatan seperti apa?

Sama saja, bedanya dengan nektar buatan, Anda yang membuatnya sendiri. Caranya sangat mudah, perlu siapkan air, gula dan sirup. Lali campur semua bahan ini secukupnya saja agar tidak terlalu manis.

Setelah itu, berikan nektar buatan ini ke burung kolibri sebagai extra fooding. Burung ini kemudian akan memakannya karena rasanya mirip dengan nektar aslinya.

4. Susu Kental Manis

Sebetulnya aneh melihat burung Kolibri meminum susu kental manis. Namun, ternyata banyak sekali kicau mania yang telah memanfaatkan susu kental manis sebagai nektar.

Pemberian dari susu kental manis ini jangan terlalu banyak sebab dapat menyebabkan burung kegemukan.

Untuk itu, jadikanlah susu kental manis sebagai extra fooding saja atau minuman pendamping untuk dapat mendongkrak stamina.

Baca Juga: Makanan Burung Hantu

5. Kroto

Jenis makanan utama yang seharusnya selalu disediakan setiap hari pada burung kolibri adalah kroto. Namun, untuk sekarang ini mendapatkan kroto sangat sulit.

Meskipun begitu, Anda harus selalu berusaha untuk mencari demi burung kesayangan. Karena, tanpa kroto, burung kolibri dapat kehilangan stamina, lemas dan jarang berbunyi.

Oleh karena itu, Anda dapat memberikan kroto setidaknya satu cepuk setiap hati. Hal ini untuk dapat menambah energi burung, meningkatkan stamina dan juga membuah kolibri gacor.

6. Buah Jeruk

Untuk yang belum mengerti, buah jeruk ini dapat membuat suara Kolibri terdengar jernih dan juga ngeplong. Namun, sayang banyak dari burung ini yang kurang menyukai air jeruk.

Mungkin saja karena rasa jeruk ini yang terlalu asam, sehingga burung tidak suka. Jika Anda rutin dan juga membiasakan makan jeruk manis, mungkin burung Kolibri akan menyukainya.

7. Ulat Kandang atau Ulat Balap

Ulat kandang atau ulat balap ini bisa Anda berikan pada kolibri sebagai sumber protein

8. Putih Telur

Untuk putih telur ini dapat diberikan sebagai sumber protein pada burung kolibri.

9. Voer

Makanan utama burung Kolibri yang tidak boleh ketinggalan yaitu voer. Mengapa harus voer? Bukankan di alam liar burung kolibri tidak makan voer?

Ya, burung kolibri di alam liar ini sudah mengkonsumsi nektar dan juga kandungan cukup untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Namun, sebab di dalam kandang tidak bisa mencari nektar , jadi untuk asupan gizinya bida didapat dari voer tersebut.

Pakan voer ini mengandung karbohidrat sehingga tubuh dari burung kolibri tidak akan kurus. Namun, Anda berikan voer yang khusus untuk Kolibri atau burung-burung kecil.

Karena, bentuk kolibri kecim memancang. Ia akan kesulitan apabila Anda memberikan voer yang besar-besar.

Oh iya, jangan memberikan voer dalam porsi yang besar. Alasannya yaitu burung bisa mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

Baca Juga: Makanan Burung Lovebird

Penutup

Demikian beberapa penjelasan tentang makanan burung kolibri agar rajin bunyi. Ingat dari daftar makanan diatas ada yang sebagai makanan utama dan juga makanan tambahan.

Sehingga Anda harus pintar untuk memilih makanan burung kolibri, mana yang seharusnya diberikan setiap hari, mana juga yang hanya untuk pakan EF.

Jika menurut admin, pakan sehari-hari burung kolibri bisa kroto, air gula, dan juga voer. Untuk pakan Ef dapat berupa madu, nektar buatan, nektar kemasan, buah-buahan manis, susu kental manis dan lainnya.

Jika artikel diatas bermanfaat untuk Anda, jangan lupa bagikan ke teman-teman lain ya. Salam kicau mania.

Baca Juga: Makanan Burung Kenari

Tinggalkan komentar