Makanan Burung Kutilang

Burung kutilang adalah salah satu burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung ada beberapa alasan kenapa burung ini banyak digemari oleh para pecinta burung yakni karena burung kutilang ini mempunyai ciri khas seperti bunyi suara yang nyaring dan berkarakter.

Bukan hanya suaranya saja yang telah menjadi terkenal jambul yang ada pada kepalanya juga menjadi ciri khas sehingga sangat begitu mudah dikenali jika Anda melihatnya di alam liar, adapun di Indonesia burung ini biasa dijadikan sebagai burung hiasan ada juga yang telah menjadikan sebagai burung kicauan untuk perlombaan.

Untuk Anda yang telah termotivasi burung kutilang Anda ingin menjadikan sebagai kandidat lomba kicauan Anda harus bisa melihat karakter burung kutilang terlebih dahulu.

Kalian juga harus mengerti asupan yang cocok untuk burung ini sebab faktor utama keberhasilan dari burung kutilang yang gacor adalah dari perawatan dan juga asupan makanan.

Penasaran makanan apa saja yang cocok untuk burung kutilang? Mari kalian simak pada ulasan berikut ini:

Makanan Utama Burung Kutilang

Makanan Burung Kolibri

Burung kutilang adalah salah satu jenis burung yang paling diminati untuk dipelihara. Mempunyai bentuk tubuh yang sangat unik, warna bulu menarik dan juga suara yang nyaring adalah alasan burung ini untuk dipelihara.

Bukan hanya itu saja, di dalam segi perawatan, Kutilang mempunyai perawatan yang simple, mudah dan murah.

Salah satunya yaitu jenis makanan yang mudah untuk dicari dan terjangkau. Sehingga dalam masa pemeliharaannya ini tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Secara umum, burung kutilang ini termasuk ke dalam jenis burung omnivore atau pemakan segalanya, baik itu tumbuhan atau serangga lainnya.

Dengan kata lain, burung kutilang tidak mempunyai jenis makanan yang spesifik sehingga mudah untuk dicari dan juga didapatkan.

Burung kutilang pada saat berada di alam bebas biasa memakan buah-buahan yang lunak sampai berbagai jenis serangga. Terkadang, kutilang akan bersama gerombolan burung pipit untuk mencari makanan di rumput atau di daerah sawah.

Agar Anda tidak salah, maka simaklah jenis makanan kutilang yang bagus dan baik pada berikut ini:

1. Serangga

Untuk makanan utama dari burung ini yaitu serangga, serangga adalah jenis makanan yang terbilang cukup favorit juga dapat membantu untuk membuat burung kutilang cepat gacor sebab akan merangsang pertumbuhan dari kutilang.

Adapun jenis serangga yang biasa di makan oleh kutilang antara lain yaitu jangkrik, ulat, kupu-kupu dan juga serangga yang lain.

Di dalam habitat aslinya burung kutilang ini biasa memakan serangga-serangga yang berada di pohon bahkan burung kutilang dianggap sebagai sahabat para petani sebab suka membantu untuk membersihkan serangga yang merugikan petani.

Baca juga: Jenis Burung Lovebird

2. Buah- Buahan

Untuk makanan utama yang biasa di konsumsi oleh burung kutilang adalah buah-buahan, buah yang dikonsumsi oleh kutilang juga tidak seperti halnya burung yang lainnya adapun buah yang biasa di makan adalah buah papaya, pisang dan juga buah-buahan lainnya.

Namun ada beberapa buah yang tidak digemari oleh burung kutilang adalah jenis buah yang bertekstur keras, kecuali buah yang mempunyai tekstur lembut kutilang.

Berikut ini adalah daftar buah-buahan yang biasa dimakan oleh burung kutilang:

Pepaya

Papaya adalah salah satu buah sebagai jenis makanan dari burung kutilang yang menjadi favorit. Ia dapat menjumpai papaya ini di perkebunan atau ladang milik para petani.

Selain itu, untuk Anda yang sekarang tengah memelihara burung kutilang di rumah, untuk mendapatkan papaya ini juga sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk memberi burung ini makan.

a. Pisang

Jenis buah sebagai sumber makanan untuk kutilang lainnya yaitu buah pisang. Sama halnya dengan buah papaya, pisang ini juga mempunyai kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk tubuh kutilang.

Selain kutilang dewasa, anakan kutilang ini dapat diberikan pisang sebagai jenis makanannya juga. Namun, untuk cara pemberiannya, Anda harus menghaluskan pisang ini terlebih dahulu sebelum memberikannya ke anakan kutilang tersebut.

b. Sawo

Siapa dari kalian yang tidak kenal dengan buah sawo? Sebagian orang tentunya sangat familiar dengan jenis buah yang satu ini.

Selain menjadi salah satu buah favorit manusia, buah Sawo juga termasuk jenis makanan kutilang yang digemarinya.

Sawo ini mempunyai tekstur buah yang lembut dan juga kaya akan mineral. Sehingga, sangat baik sekali untuk sistem pencernaan burung yang satu ini.\

3. Makanan Buatan

Selain kutilang gemar dengan makanan alami burung kutilang ternyata juga menyukai makanan buatan, makanan buatan yang sudah dimaksud bukan jenis makanan yang terbuat dari bahan-bahan kimia yah.

Melainkan makanan alami yang sudah di buat atau di produksi ini secara otomatis di pabrik bahan-bahan yang dipakai juga sebenarnya bahan alami seperti makanan utama dari burung kutilang di habitat aslinya.

Namun jika sudah masuk ke dalam pabrik bahan makanan ini dicampur dan juga di produksi secara masal alhasil seperti voer atau sejenisnya.

Diatas adalah jenis makanan utama burung kutilang jika Anda mempunyai burung kutilang yang masih anakan mungkin menu makanaan dapat berbeda dengan makanan burung kutilang yang sudah dewasa.

Sebab jika burung kutilang yang masih anakan diberi makanan yang sama seperti burung kutilang dewasa nantinya bisa tidak cocok dan juga hasilnya dapat menyebabkan penyakit yang serius.

Baca juga: Makanan Burung Kenari

Makanan Burung Kutilang Agar Cepat Gacor

Untuk dapat membantu burung kutilang agar cepat gacor atau rajin bunyi Anda perlu untuk memberikan makanan yang berkualitas, apa saja makanan itu? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Jangkrik

Seperti yang sudah admin sampaikan diatas kami sudah memberitahu bahwa kutilang mempunyai kesukaan pada serangga khususnya pada serangga yang kecil misalnya jangkrik, ulat hongkong dan juga sejenisnya.

Namun tahukan Anda bahwa jangkrik juga bisa membantu burung kutilang lebih cepat di dalam pertumbuhan dan juga membuat suara lebih gacor.

Adapun jangkrik dapat Anda berikan setiap beberapa kali dalam sehari atau dalam beberapa minggu sekali agar makanan yang sudah diberikan tidak selalu monoton.

Dapat juga Anda berikan 2 atau 3 ekor jangkrik sehari menurut para pakar burung kicau jangkrik memang salah satu solusi bagi setiap burung kicauan yang mandeg atau berhenti bunyi.

2. Memberikan Makanan Tambahan

Untuk makanan tambahan yang dimaksud bagi burung kutilang adalah makanan yang mempunyai nilai gizi atau protein melebihi dari makanan utama. Tujuan dari pemberian makanan tambahan untuk kutilang adalah.

Agar burung kutilang lebih cepat di dalam pertumbuhan atau dapat membantu kutilang lebih cepat gacor, adapun untuk makanan tambahan dapat berupa voer burung khusus untuk burung kicauan atau vitamin dan juga jamu.

Kedua makanan tambahan inilah layak untuk Anda berikan sebab jika Anda ingin burung kutilang Anda cepat gacor Anda harus bisa memberikan makanan yang mempunyai kualitas lebih baik dari makanan utama.

Makanan utama saja tidak akan cukup untuk membuat burung kutilang gacor dengan cepat adan beberapa jenis makanan tambahan yang dapat Anda jumpai di toko yang menyerdiakan vitamin.

3. Rutin Memberikan Air Minum yang Bersih

Jika makanan merupakan salah satu hal penting, untuk minuman juga sangat penting sekali untuk burung kutilang sama halnya seperti manusia, manusia akan lebih hidup tahan lama jika hanya minum namun tidak bisa hidup tahan lama jika hanya makan saja.

Hal ini dikarenakan manusia mempunyai organ tubuh yang hampir 99% terdiri dari air, maka dari itu Anda juga harus selalu memberlakukan burung kutilang seperti manusia, adapun air minum untuk kutilang adalah yang sudah di rebus terlebih dahulu agar nantinya kuman yang terdapat pada air hilang.

Dengan melihat beberapa penjelasan makanan burung kutilang pada penjelasan di atas, maka teman-teman dapat membuat burung kutilang yang sedang dipelihara tersebut menjadi lebih dari beberapa cara atau tips sederhana di atas.

Maka dari itu Anda harus mengerti makanan burung kutilang anakan apa saja makanannya dan juga cara memberikan makanan tersebut? Yuk simak pada penjelasan berikut ini.

Baca juga: Makanan Burung Lovebird

Cara Memberikan Makanan Burung Kutilang Anakan

Sebelumnya Anda harus dapat menyiapkan beberapa bahan makanan terlebih dahulu misalnya pur atau wur ayam, sedotan aqua atau sejenisnya jika tidak ada biasa memakai lidi, berikutnya Anda siapkan wadah untuk menaruh makanan atau minuman ini.

Langkah – Langkah Memberi Makan Kutilang Anakan

Campurkan bahan makanan yang sudah Anda persiapkan tersebut, misalnya pur ayam dan air, kamudia aduk sampai lunak porsi antara pur ayam dan air juga harus seimbang perbandingannya antara 50% air 50% pur ayam atau voer ayam agar nantinya tidak terlalu padat juga dan tidak terlalu encer.

Lalu siapkan burung kutilang anakan yang Anda miliki, siapkan sedotan aqua atau lidi yang sudah Anda siapkan. Masukan sedotan aqua ke dalam mulut anakan kutilang dengan hati-hati agar nantinya tidak melukai mulut burung kutilang tersebut.

Sebelum Anda memasukkan sedotan ke mulut burung kutilang anakan, Anda sedot terlebih dahulu atau isikan sedotan itu dengan ramuan atau campuran pur ayam dan juga air yang sudah diaduk dengan rata dan sudah mempunyai tekstur yang lunak.

Kemudian buka rongga mulut kutilang lebar-lebar namun pelan saja sebab mulut burung kutilang masih lunak bisa saja sobek jika Anda buka secara paksa. Jika sudah terbuka Anda dapat langsung masukan adonan makanan tadi.

Jangan lupa jika sudah melolohkan burung kutilang anakan Anda harus memberikan minuman atau air yang sudah Anda siapkan agar nanti makanan yang tadi Anda berikan akan dengan mudah di cerna oleh pencernaan.

Diatas adalah beberapa langkah memberikan makanan kepada burung kutilang anakan, cukup mudah untuk bahan dan juga langkah-langkah bukan?

Namun jika Anda mempunyai burung kutilang yang sudah dewasa dan juga tidak kunjung bunyi atau gacor solusi termudah adalah dengan cara memperbaiki asupan makanan yang biasa dimakan, untuk itu berikut ini ada beberapa cara efektif untuk dapat membuat burung kutilang menjadi gacor.

NB: “Boleh Copy Paste, Tetapi Selalu Sertakan Sumbernya”

 

 

Tinggalkan komentar