luqman Hai nama saya Luqman, saya adalah seorang publisher asal Bojonegoro Jawa Timur, saya seorang anak desa yang ingin sukses di dunia marketer.

✔ TERLENGKAP 35+ Makanan Burung Lovebird Agar Cepat Gacor

8 min read

Makanan Burung Lovebird

Menjadi salah satu burung yang ada di dalam daftar primadona pecinta burung di Indonesia, burung Lovebird ini memang hadir dengan keindahan dan juga kecantikan bulunya yang mempunyai corak variatif.

Selain dari segi tampilan fisik yang begitu memukau, daya tarik burung satu ini juga telah datang dari kemudahan perawatan dan juga makanan burung lovebird yang notabene tidak terlalu muluk-muluk.

Walaupun begitu, sebagai salah satu pecinta burung yang memelihara burung Lovebird ini, penting adanya untuk Anda agar selalu menyediakan makanan yang bernutrisi dan tentunya tidak sembarangan agar kondisi burung kesayangan Anda selalu fit dalam menghadirkan kicauan-kicauan merdu.

Makanan Burung Lovebird

Makanan Burung Lovebird
Makanan Burung Lovebird

Saya sudah merangkum kurang lebih 20 jenis makanan burung lovebird yang bagus dan tentunya menyehatkan.

Masing-masing jenis  mempunyai manfaat tersendiri. Ada yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan, membuat suara gacor dan juga yang dapat mempercepat perkembangan biakan atau bertelur.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan burung lovebird:

Biji Milet Putih

Makanan pokok burung lovebird ini yaitu biji-bijian. Sedangkan untuk buah atau sayuran adalah ekstra fooding atau pakan tambahan.

Milet putih ini sendiri adalah makanan utama dari burung lovebird. Tekstur dari biji milet ini mudah untuk dicerna dan juga dapat mengandung zat besi, vitamin B, protein dan juga asam amino yang bagus untuk burung.

Saya pernah membacar di beberapa website yang telah menyarankan agar milet putih ini dicampur dengan millet merah atau canary seed. Padahal untuk sejatinya cukup menggunakan milet putih saja tidak perlu neko-neko ditambah dengan yang lainnnya.

Apalagi jika dicampur menggunakan eksra fooding atau makanan tambahan, jangan sampai. Karena pada dasarnya pakan tambahan ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak ada pada biji-bijian. Sehingga cukup dengan memberikan waktu tertentu saja dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Selain itu dengan pemberian pakan tambahan juga perlu untuk dikontrol agar bervariasi sehingga burung tidak mengalami bosan.

Saya pribadi hanya menjadikan millet putih ini sebagai pakan utama (hampir saya berikan setiap hari). Selain millet putih kami anggap sebagai salah satu makanan tambahan.

Karena itu semua tergantung kepada Anda juga. Sebab ada juga yang berkeyakinan milet putih harus dicampur dengan milet merah.

Karena millet merah berfungsi untuk dapat menjaga kestabilan birahi lovebird sedangkan untuk millet putih berfungsi untuk membuat lovebird agar cepat gacor dan ngekek panjang.

Pilihlah millet lokal sebab teksturnya lebih kecil sehingga dapat mudah untuk dimakan dibandingkan dengan millet import.

Untuk kandungan gizi yang ada pada millet ini sangat baik dan juga digemari oleh burung lovebird. Disamping itu, untuk harganya juga sangat murah.

Baca Juga: Makanan Burung Kenari

Biji Kenari

Jika kita melihat dari kenampakan paruh burung yang dimiliki oleh burung Lovebird, pastilah kita mengerti jika burung ini pada habitat aslinya mempunyai menu makanan berupa biji-bijian.

Oleh sebab itu, tidak heran lagi jika biji kenari menjadi salah satu makanan favorit burung satu ini yang sekaligus memberikan nutrisi yang bagus.

Banyak dari kalangan pecinta burung yanga mempercayai bahwa biji kenari ini mempunyai khasiat yang lumayan bagus untuk berbagai burung kicau agar dapat menghasilkan suara unggulan, khususnya pada burung lovebird ini.

Selain itu, untuk jenis burung lovebird yang masih anakan, menu makanan ini dapat merangsang pertumbuhan agar lebih maksimal.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari umumnya diberikan ke lovebird yang kurang birahi. Karena, efek dari biji bunga matahari ini dapat membuat lovebird naik birahi. Hal ini tentunya sangat cocok untuk diberikan saat lovebird ingin kawin atau ternak.

Kuaci

Kuaci merupakan salah satu cemilan berupa biji semangka, biji bunga matahari dan juga biji waluh yang dikeringkan lalu diasinkan.

Jagung Manis

Selain enak untuk dimakan, jagung manis ini juga menjadi menu favorit untuk berbagai jenis burung kicauan.

Banyak dari penghobi lovebird yang telah memberikan menu makanan ini selain karena kandungan nutrisi yang tinggi, jagung manis ini juga mudah untuk didapatkan di tukang sayur maupun di pasar.

Dengan kandungan Asam Folat, Betakaroten dan juga Vitamin B dan C yang ada di dalam jagung manis, menu ini dapat membantu burung untuk tetap fit dan juga menjaga kesehatan matanya.

Untuk dapat memudahkan burung lovebird dalam memakan makanan ini, Kalian dapat merebus jagung manis terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung tersebut.

Selain mempermudah burung untuk memakannya, perebusan jagung ini juga dilakukan agar penyerapan lebih maksimal.

Jagung Muda

Jagung muda ini juga biasa diberikan ke lovebird sebagai penstabil birahi.

Jagung muda ini dapat menaikkan birahi lovebird hingga stabil tetapi tidak sampai over birahi atau OB.

Terkadang jagung muda ini juga dapat berfungsi untuk meredam birahi lovebird

Oats

Tidak hanya dikenal sebagai menu sehat untuk manusia, oats ini juga ternyata juga mempunyai khasiat dan juga manfaat yang baik untuk burung yang satu ini.

Kandungan gizi seperti protein dan juga kalori yang tinggi di dalam oats ini dipercayai mampu untuk membuat burung lebih sehat dan aktif.

Untuk frekuensi pemberian menu makanan burung lovebird yang satu ini, Kalian dapat memberikannya beberapa kali dalam seminggu, kurang lebih 3 kali, mengingat bahwa oats bukan merupakan salah satu makanan pokok bagi burung lovebird.

Ada baiknya Kalian dapat memberikan pakan oats semenjak burung masih anakan agar terbiasa dan tidak kesulitan nantinya setelah burung dewasa.

Biji Sawi

Biji sawi ini juga dapat menjadi pakan pilihan dari burung lovebird para breeder semua. Biji sawi ini mempunyai kandungan nutrisi berupa protein dan omega3 yang bisa membantu pertumbuhan lovebird dan yang terpending yaitu mengkonsumsi biji sawi tidak akan membuat si burung mengalami obesitas.

Gabah Beras Merah

Makanan burung lovebird lainnya yaitu gabah beras merah. Gabah beras merah ini banyak sekali kandungan karbohidatnya, sehingga akan dapat membantu proses pertumbuhan burung dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung.

Kalian juga dapat memberikan pakan berupa gabah beras merah ini dengan cara mencampurkannya dengan millet agar rasanya lebih enak dan juga lovebird tidak mengalami kebosanan.

Juwawut

Makanan burung lovebird berikutnya yaitu Juwawut. Juwawut ini sendiri bentuknya hampir sama dengan millet, hanya saja warnanya kemerahan dan juga berbentuk bulat.

Juwawut ini sangat baik diberikan untuk burung lovebird anda sebab mempunyai kandungan karbohidat 75%, protein 9,8% dan juga zat kapur.

Sangat baik jika diberikan untuk burung anda, apalagi jika burung lovebird anda sedang dalam masa bertelur, maka akan dapat membantu meningkatkan stamina. Dengan begitu si induk akan tetap sehat pada saat bertelur.

Makanan Tambahan Burung Kenari

Makanan Burung Lovebird
Makanan Burung Lovebird

Selain jenis makanan di atas, Anda juga dapat memvariasikan makanan burung lovebird agar tidak merasa bosan, juga agar lebih sehat dan juga cepat gacor tentunya.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan tambahan burung lovebird yang dapat Anda sajikan:

Buah Apel

Menu makanan tambahan untuk burung lovebird yang pertama ini merupakan jenis makanan yang berkelas ya. Kita aja mungkin jarang sekali makan apel, tetapi kenapa burung dikasih makan apel sih. Hehehhe.

Walaupun tidak lazim dan tidak biasa diberikan, apel menjadi salah satu pakan yang bagus sebab selera burung lovebird akan buah dan sayur dapat terbilang cukup banyak.

Buah apel yang telah dipilih sebaiknya buah apel merah karena mempunyai kandungan gizi yang lebih kaya dan juag mudah dimakan karena lebih lunak jika dibandingkan dengan apel hijau.

Buah Anggur Merah

Buah anggur merah diketahui kaya akan kandungan resveratrol, adalah senyawa yang masih merupakan antioksidan polifenol.

Kandungan senyawa ini terkonsentrasi di bagian kulit anggur merah. Sehingga pada saat diberikan ke lovebird, sebaiknya kulit anggur merah tidak dikupas.

Buah Pepaya

Buah papaya mentah ini dapat dipakai sebagai jamu lovebird ngekek panjang jika diracik dengan jahe, kunyit, bawang putih dan juga madu.

Toge

Makanan tambahan burung selanjutnya yaitu kecambah atau toge. Kecambah atau toge ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina lovebird sehingga lebih sehat, aktif dan juga rajin gacor atau buka baruh (berkicau).

Kacang hijau yang sudah berkecambah telah dianggap memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan biji-bijian yang masih mentah. Jadi, tidak salahnya jika berkeinginan untuk terus mencobanya agar suara gacor ngekek yang dimiliki lebih lantang dan juga panjang.

Namanya juga pakan tambahan, jadi kecambah atau toge ini tidak menjadi pakan utama burung Anda ya teman-teman.

Baca Juga: Makanan Burung Hantu

Kangkung Sebagai Cemilan Lovebird

Makanan tambahan burung lovebirs berikutnya yaitu kangkung. Jenis sayuran yang satu ini umumnya diberikan pada saat tertentu saja, yakni pada saat burung akan mengikuti kontes.

Pemberian cemilan yang berupa kangkung ini akan memicu suara si burung gacor dan juga indah. Pemberian pakan berupa kangkung ini tidak baik apabila Anda berikan setiap hari dan tidak baik juga diberikan pada lovebird yang sedang merawat bayinya.

Sawi Putih

Selain dengan sayur kangkung Lovebird ini juga menyukai sayur sawi putih. Sawi putih hanya digunakan sebagai makanan tambahan saja untuk menjaga bulu lovebird agar tetap sehat dan berkicau.

Berikan sayuran atau pakan tambahan selang seling atau tidak setiap hari untuk dapat menjaga keseimbangan asupan nutrisinya.

Sayuran Pakcoy

Sayuran Pakcoy ini dapat diberikan sebagai selingan agar lovebird tidak over birahi. Manfaat dari sayur pakcoy ini untuk menjaga birahi lovebird agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, sayur pakcoy sangat cocok untuk diberikan ke indukan lovebird yang sedang mengerami telur.

Wortel

Wortel ini bermanfaat untuk memperindah warna bulu burung, untuk menjaga kesehatan mata burung, menjaga kesehatan organ tubuh burung dan juga membersihkan racun dalam tubuh.

Telur Rebus

Telur rebus ini adalah pakan tambahan yang baik sekali dimana dapat memicu pertumbuhan burung lebih cepat. Sebab sebagaimana telah kita ketahui bahwa telur rebus ini mempunyai kandungan protein yang tinggi.

Kandungan protein yang tinggi ini akan dapat mempercepat proses pertumbuhan burung, Anda dapat memberikan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Adapun untuk lovebird dewasa hanya cukup 1-2 kali dalam seminggu untuk dapat menghindari obesitas pada burung.

Jangkrik

Pakan tambahan pada burung lovebird berikutnya yaitu jangkrik. Jangkrik juga kaya akan protein. Selain untuk dapat menunjang pertumbuhan, pemberian jangkrik ini juga dapat meningkatkan stress pada burung lovebird. Pemberian makanan tambahan hanya cukup 1-2 ekor dalam seminggu.

Pastikan juga Anda melepaskan pada bagian kaki, tangan dan juga kepala jangkrik ya sebelum memberikan ke burung kesayangan Anda tersebut.

Asinan Tulang Sotong

Makanan tambahan burung lovebird yang selanjutnya yaitu asinan tulang sotong. Asinan tulang sotong ini kaya akan asupan kalsium. Burung lovebird ini juga membutuhkan kalsium dan juga agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Cara penyajiannya adalah dengan mengikat dan juga menggantungkan asinan tulang sotong di dalam sangkar burung dan kemudian biarkan mereka menyantap asinan tulang sotong tersebut dengan sendirinya.

Bubur Bayi SUN

Bubur bayi instan misalnya cerelac, sun dan juga sebagainya juga dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk lovebird. Umumnya para peternak lovebird mencampurkan bubur bayi dengan milet atau pakan pokok lainnya.

Hal ini untuk dapat menghindari rasa bosan terhadap makanannya. Namun tetap saja bubur bayi yang telah mengandung banyak gula yang kurang tepat apabila diberikan setiap hari. Jadi, hanya cukup sekali saja dalam seminggu.

Cangkang Telur Ayam

Cangkang telur ayam ini telah mengandung kalsium untuk pembentukan tulang dan juga paruh Lovebird agar normal dan juga kuat.

Cangkang telur ayam ini juga bagus untuk diberikan ke induk lovebird betina yang sedang bertelur atau mengerami telurnya.

Daun Krokot

Daun krokot ini dapat mendongkrak durasi kerja burung di lapangan dan juga menjadikan suara lovebird tambah keras. Selain itu untuk kerja lovebird di lapangan menjadi lebih ngedur dan juga tahan lama.

Daun Peterseli atau Parsley

Manfaat dari daun peterseli ini untuk menambah stamina dari lovebird dan juga sebagai produktivitas burung yang sedang kawin.

Daun Binahong

Daun binahong ini konon bisa membuat suara burung lovebird yang ngriwik atau receh menjadi gacor dan juga cepat buka paruh.

Daun Dewa

Daun dewa ini memiliki manfaat lebih banyak untuk burung lovebird, misalnya untuk memaksimalkan volume suara lovebird, meningkatkan stamina lovebird, membuat burung lebih aktif, obat anti stress, mengkilapkan bulu burung, menggemukkan burung dan juga menyembuhkan burung lovebird dada nyilet.

Daun Dandelion atau Randa Tapak

Daun dedelion ini telah diyakini dapat menjadikan lovebird rajin bunyi dan juga lebih aktif.

Daun Kemangi

Daun kemangi ini dapat digunakan untuk mengatasi lovebird over birahi, menyembuhkan burung masuk angina, mengatasi indukan lovebird yang kurang produktif, mengatasi kaki bengkak, mengatasi kaki burung bentol akibat gigitan nyamuk, mengatasi bumble foot dan juga untuk mengatasi penyakit bubulan.

Daun Bayam

Khasiat dari daun bayam yaitu untuk dapat membuat lovebird kusumo ini tidak mudah capek, kuat main berkali-kali di lomba, melancarkan pencernaan, meningkatkan memori otak pada saat proses pemasteran, meningkatkan kemampuan melihat dan juga untuk memperkuat tulang serta sendi.

Bawang Putih Tunggal

Bawah putih tunggal ini telah mengandung anti bakteri, anti jamur, anti parasite, anti virus yang dapat bermanfaat untuk mencegah flu pada lovebird, menghangatkan tubuh lovebird, mengobati luka lovebird dan juga mempercepat pertumbuhan ekor lovebird.

Jahe

Jahe ini termasuk ke dalam jamu tradisional yang bagus untuk kesehatan dari burung lovebird.

Manfaat jahe untuk burung lovebird antara lain yaitu untuk menghilangkan serak pada lovebird, mencegah lovebird mabuk di perjalanan, menghangatkan tubuh lovebird dan juga membantuk sistem pencernaan lovebird.

Oyong atau Gambas

Meskipun jarang digunakan untuk pakan lovebird, akan tetapi oyong atau gambas ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk lovebird.

Manfaat dari oyong ini untuk mengatasi gangguan pernapasan lovebird, menajamkan penglihatan lovebird, mengatasi radang tenggorokan lovebird, mengobati lovebird cacingan, sebagai antioksidan lovebird, menstabilkan birahi lovebird dan juga memancing lovebird cepat gacor serta ngekek panjang.

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Diberikan ke Burung Lovebird

Berikut ini adalah daftar makanan atau minuman yang tidak boleh diberikan kepada lovebird:

  • Biji Apel
  • Buah Alpukat
  • Navy Bean
  • Makanan Cokelat
  • Minuman Kopi
  • Minuman The
  • Minuman Alcohol
  • Minuman Coca Cola
  • Minuman Susu
  • Ice Cream
  • Makanan yang mengandung gula (kue, permen)
  • Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging sapi, dan daging kambing
  • Makanan mengandung minyak
  • Makanna cepat saji dari restoran

Baca juga: Jenis Burung Cendrawasih

Cara Memilih Jenis Pakan Harian Burung Lovebird

Makanan Burung Lovebird
Makanan Burung Lovebird

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jenis pakan burung lovebird yang benar dan tepat:

Karbohidrat

Yang pertama yaitu dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat ini tentunya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, tak terkecuali burung lovebird.

Fungsi dari karbohidrat untuk burung ini selain sebagai sumber energy juga untuk dapat memperlancar metabolismenya.

Jika dari metabolismenya baik maka burung tersebut akan lebih aktif bergerak dan berkicau. Untuk dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat sang burung, Anda dapat memberinya pakan berupa jagung muda dan sayur-sayuran.

Protein

Berikutnya, Anda juga sebaiknya untuk selalu mempertimbangkan protein yang terkandung di dalam pakan tersebut.

Protein ini dapat berperan untuk pertumbuhan burung mulai dari sejak pembentukan telur, pertunasan bulu-bulu baru atau pada saat pergantian bulu, pada masa kawin, juga pada anakan yang baru saja menetas agar dapat tumbuh normal dan cepat besar.

Vitamin

Berikutnya, burung ini juga membutuhkan vitamin layaknya manusia. Berikan makanan yang kaya akan vitamin a, b, c, d, e dan juga k yang bersumber dari buah-buahan dan tentunya sayur-sayuran.

Demikian beberapa jenis makanan burung lovebird agar cepat gacor dan juga ngekek panjang. Makanan tersebut dapat diberikan untuk perawatan lovebird harian dan juga lomba.

Namun, Anda jangan sampai lupa untun pantangan makanan dan minuman lovebird, agar lovebird Anda tidak mengalami masalah, seperti suara serak, atau macet bunyinya.

Sekian dan tentunya terimakasih. Salam kicau mania hehehehe….

luqman Hai nama saya Luqman, saya adalah seorang publisher asal Bojonegoro Jawa Timur, saya seorang anak desa yang ingin sukses di dunia marketer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *