Pakaian Adat Bengkulu – Salah satu warisan dari budaya Nusantara, adalah pakaian adat daerah Bengkulu. Pakaian adat ini hampir mirip dengan pakaian adat Melayu. Memang benar pakaian adat Bengkulu adalah campuran dari Melayu Jambi, Melayu Riau, Melayu Deli, Palembang, dan juga Lampung.

Namun pakaian adat Bengkulu lebih mempunyai sebuah ciri khas yaitu berwarna merah dan bermotif lempangan emas, seperti yang ada pada warna pakaian adat Bangka Belitung.

Pakaian adat Bengkulu ini pada umumnya digunakan pada saat tertentu, seperti untuk pengantin, pernikahan, festival, dan juga penyambutan acara khusus.

Baca Juga : Pakaian Adat Betawi

Pakaian Adat Daerah Bengkulu

Pakaian Adat Daerah Bengkulu
Pakaian Adat Daerah Bengkulu

Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera. Provinsi Bengkulu ini sebenarnya adalah sebuah provinsi yang kaya dengan berbagai sumber daya alamnya.

Provinsi Bengkulu selain kaya dengan berbagai macam sumber daya alamnya, provinsi Bengkulu ini juga kaya akan berbegai hasil pertanian dan pertambangan, provinsi Bengku ada sejak pada tanggal 18 November 1968.

Bahkan ternyata Bengkulu juga mempunyai banyak sekali kekayaan budaya yang turun – temurun di wariskan dari nenek moyangnya mereka.

Selain itu juga provinsi Bengkulu juga dikenal dengan sebuah kota pesisir yang dikenal di penjuru dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia terbesar di dunia.

Sedangkan untuk para penduduk dari adat Bengkulu rata-rata bermayoritas mirip dengan sebuah budaya melayu, selain itu Bengkulu juga mempunyai berbagai khas budaya, seperti halnya dengan pakaian adat, rumah adat, tarian tradisional, dan juga musik tradisional.

Nama dari pakaian adat Bengkulu, yakni biasa disebut dengan Rejang Lenong. Setiap pakaian adat Nusantara tentunya mempunyai ciri khas yang unik dan juga dilengkapi beberapa aksesoris sebagai sebuah tambahan. Berikut ini adalah pakaian adat daerah Bengkulu, yakni :

Tahukan dari Anda semua bahwa pakaian adat daerah Bengkulu ini di bedakan menjadi 3 jenis pakaian adat, tergantung dari suku tersebut, dikarenakan ritual dan juga kepercayaan setiap suku berbeda-beda. Namun yang biasa terkenal yaitu pakaian adat suku Melayunya. Berikut ini adalah gambar pakaian adat Pada pakaian adat Bengkulu pria terdapat 2 jenisnya. Berikut ini adalah penjelasannya :

Pakaian Adat Daerah Bengkulu Pria

Pakaian Adat Daerah Bengkulu Pria
Pakaian Adat Daerah Bengkulu Pria

a. Suku Rejang dan Pasemah

Untuk jenis pakaian adat suku Rejang dan Pasemah terdiri dari jas, celana panjang, penutup kepala atau peci yang mempunyai bentuk mancung ke atas mirip dengan penutup kepala yang biasa digunakan pada pakaian adat Melayu Riau. Untuk penutup kepala ini pada umumnya dikenal dengan nama detar.

b. Suku Melayu

Pada jenis pakaian adat daerah Bengkulu yang ada pada suku Melayu untuk pengantin pria meliputi baju bermotif khas yang terbuat dari kain beludru atau kain wol, celana bermotif sampa bawa lutut sedikit, sarung lipat, dan juga menggunakan songkok atau mahkota dengan motif khas dan sunting.

Baca Juga : Pakaian Suku Aceh

Biasanya para pengantin pria menggunakan beberapa perhiasan, seperti hiasan dada yang berupa kalung sribulan dan emping, hiasan pinggang bentuk pending, kaos kaki dan sepatu, dan juga menggunakan gelang dan keris.

Pakaian Adat Daerah Bengkulu Wanita

Pakaian Adat Daerah Bengkulu Wanita
Pakaian Adat Daerah Bengkulu Wanita

Berikut ini adalah penjelasan dari pakaian adat daerah Bengkulu untuk wanita :

a. Suku Rejang dan Pasemah

Pakaian adat wanita Bengkulu dari suku Renjang dan juga Pasemah hampir sama dengan suku Melayu yang menggunakan baju kurung khas Bengkulu, ditambah dengan aksesoris lain serta menggunakan alas kaki atau terompah, sandal, selop, atau sepatu.

b. Suku Melayu

Pakaian pengantin wanita dari suku Melayu meliputi kain lecap benang, kebaya atau kurung lengan dengan panjang bermotif khas yang terbuat dari kain beludru atau wol, kain glamor bermotif khas dan juga gelang, serta menggunakan singal atau perhiasan kepala (mahkota) yang bermotif khas layaknya kembang goyang.

Pengantin wanita juga menggunakan sebuah hiasan aksesoris berupa kalung dan juga gelang, serta sepatu dengan kaos kaki sebagai alas kakinya.

Keunikan Pakaian Adat Bengkulu

Keunikan Pakaian Adat Bengkulu
Keunikan Pakaian Adat Bengkulu

Berikut in adalah keunikan dari pakaian adat Bengkulu, salah satunya yaitu terdapat pada bahan dan juga bentuk dari masing-masing bagian pakaian adat. Salah satunya yaitu terdiri dari jas, alas kaki, celana panjang dan juga penutup kepala yang memang unik.

Untuk jasnya sendiri seperti pada dasarnya yang memang terbuat dari bahan wol atau beludru dengan warna hitam, sedangkan untuk celananya terbuat dari bahan kain satin dengan warna yang gelap, serta untuk penutup kepalanya dibuat degan model agak lancip ke atas seperti penutup kepala pada pakaian adat Melayu Riau.

Sedangkan untuk keunikan yang lain dari pakaian adat Bengkulu pada wanita salah satunya yaitu memiliki kesamaan dengan pakaian adat Melayu. Yakni berupa baju kurung dengan lengan panjang dan juga terbuat dari kain beludru.

Selain itu juga untuk baju kurung tersebut terdapat sebuah hiasan dengan bermotif sulaman emas dan mempunyai bentuk agak bulat-bulat yang menyerupai lempengan uang logam. Sedangkan untuk warna yang umumnya digunakan yaitu warna merah tua, biru tua, hitam, dan juga lembayung.

Pada umumnya baju kurung ini dapat dipadukan dengan bawahan yang hampir sama dengan kain songket yang berbahan dari sutra dan juga terdapat motif benang-benang emas.

Nah, teman-teman demikanlah sedikit penjalasan tentang pakaian adat Bengkulu yang telah saya tulis secara singkat dan jelas untuk Anda.

Semoga dengan adanya artikel diatas dapat memberikan banyak sekali manfaat dan menjadi sarana untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia dari waktu ke waktu. Jangan lupa untuk selalu share artikel ini ke teman-teman kalian juga ya, Terima kasih.

Baca Juga : Upacara Adat Jawa Timur

5+ Pakaian Adat Bengkulu Penjelasan dan Gambarnya {Lengkap}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *