Pakaian Adat Sunda : Jenis, Keterangan, dan Gambarnya {Lengkap}

8 min read

pakaian adat sunda

Pakaian Adat Sunda – Kebanyakan dari pakaian adat digunakan pada saat upacara adat. Mereka menggunakan pakaian yang sama. Namun tidak untuk jenis pakaian adat Sunda ini. Pakaian adat yang digunakan orang kaya akan berbeda dengan pakaian yang digunakan oleh orang biasa bahkan oleh rakyat jelata.

Bukan menjadi hal baru memang, akan tetapi untuk versi pakaian adat Sunda ini kalian akan melihat kentara banger perbedaannya. Ada nama pakaian adat tersendiri untuk beberapa kaum, seperti rakyat jelata, bangsawan, dan juga untuk rakyar kelas menengah.

Artinya bukan berarti kita untuk membeda-bedakan ya, melainkan memang sudah menjadi salah satu warisa para leluhur. Ada beberepa keunikan tersendiri agar baju adat Sunda ini berbeda dengan baju adat dari daerah lainnya.

Menurut strata sosialnya, Anda akan bakalan mengenal nama-nama pakaian adat Sunda untuk semua jenis kalangan mulai dari rakyat jelata, rakyat kelas menengah, dan untuk kalangan bangsawan.

Berdasarkan dengan keperluannya, ada jenis pakaian adat Sunda untuk acara resmi dan juga untuk pernikahan. Kalau yang jenis ini sudah sangat biasa ya, soalnya baju adat daerah lain pun demikian sama.

Sejarah Pakaian Adat Sunda

pakaian adat sunda
sumber : romandecade.org

Setiap suku di Negara Indonesia ini pasti mempunyai lebih dari satu jenis pakaian adat. Ada beberapa suku yang telah membedakan pakaian adat berdasarkan acara yang akan dihadiri, akan tetapi ada pula beberapa suku yang membedakan pakaian adat berdasarkan kasta penggunanya.

Sunda merupakan salah satu suku yang membedakan pakaian adat berdasarka kasta. Tidak tanggung-tanggung lagi, Anda dapat menemukan pakaian adat dari semua kalangan masyarakat biasa sampai bangsawan di suku sunda ini.

Jenis pakaian adat suku Sunda yang telah dibedakan berdasarkan  kasta ini tidak bermaksud untuk mengina kalangan masyarakat biasa atau dapat memicu kecemburuan sosial antar masyarakat, akan tetapi memang pembedaan pakaian adat ini sudah diwariskan secara turun temurun.

Sampai sekarang ini, pakaian adat Sunda masih sering untuk digunakan dan juga dilestarikan. Pada setiap acara adat, misalnya pernikahan, pakaian adat tetap digunakan oleh sebagian besar masyarakat yang berdarah Sunda.

Bahkan di beberapa acara kenegaraan atau sebuah pesta rakyat di Jawa Barat, Pakaian adat Suku Sunda masih sering digunakan.

Nama Pakaian Adat Sunda

Jas atau kebaya beludru warna hitam dengan sulam benang emas merupakan ciri khas baju adat Sunda yang digunakan oleh kaum bangsawan. Pakaian yang digunakan oleh kaum bangsawan laki-laki Sunda telah terdiri dari jas berbahan beludru dan juga celana panjang bahan beludru yang berwarna hitam yang dihiasi sulam benang emas.

Jenis Pakaian Adat Suku Sunda

Pakaian adat Sunda tidak hanya dapat dibedakan berdasarkan kasta pemakainya saja, akan tetapi ada juga jenis pakaian adat yang dibedakan berdasarkan acaranya, misalnya pakaian pengantin atau untuk menghadiri acara resmi.

Agar Anda tidak bingung lagi untuk membedakan pakaian adat Sunda, berikut ini merupakan penjelasan tentang setiap jenis pakaian adat suku Sunda.

1. Pakaian adat Sunda untuk rakyat keturunan bangsawan

Pakaian adat sunda untuk rakyat keturunan bangsawan atau kasta tertinggi di lingkungan masyarakat Jawa Barat. Mereka merupakan salah satu rakyat yang kaya karena keturunan bangsawan dan juga kebanyakan jadi seorang pengusaha. Baju adat mereka akan lebih spesial lagi.

a) Untuk wanita

Berikut ini adalah jenis baju adat kaum bangsawan yang digunakan oleh seorang wanita.

Baju kebaya beludru

Bahan dari kain kebaya yang digunakan wanita keturunan bangsawan terbuat dari bahan beludru, jadi kesannya akan lebih mewah, tebal, dan tentunya mahal. Penjahitannya pun memakai benang emas.

Batik rengreng

Kain batik untuk sebuah bawahan dari kebaya beludru harus kain batim yang mempunyai motif rengreng.

Tusuk konde

Karena wanita Sunda bersanggul, maka tusuk konde yang bertahtakan emas berlian atau imitasi asalkan blink-blink nya pun tidak boleh ketinggalan.

Gelang keroncong

Nah, untuk ini adalah penambah kesan mewah dari penampilan wanita Sunda. Gelang emas dari keroncong ini memang Nampak sederhana namun lambang kekayaan. Sampai sekarang ini pun masih demikian.

Perhiasan

Ada sebuah anting, cincin, dan juga gelang yang terbuat dari emas asli bahkan ada juga yang ditambah dengan berlian.

Peniti rantai

Nah, untuk pakaian adat sunda pria tadi menggunakan jam berantai, maka untuk seorang wanita menggunakan peniti rantai. Sama-sama digunakan pada bagian depan baju.

b) Untuk pria

Berikut ini adalah beberapa jenis aksesoris yang digunakan oleh kaum pria.

Jas

Nah, untuk seorang pria menengah tidak sepenuhnya mereka menggunakan berbahan jas, soalnya menggunakannya masih seperti memnggunakan baju. Jika untuk baju adat bangsawan ini benar-benar memakai jas.

Kain yang dipakai pun kain beludru, sama seperti kain kebaya wanita bangsawan. Warnanya pun selalu warna hitam.

Kain Dodot

Nah, jika yang digunakan oleh wanita sebagai bawahan tadi sebuah kain Bating rengreng, kalau untuk seorang pria ini memakai Kain Dodot dengan motif Parang Rusak.

Benten

Nah, untuk kalian pasti sudah familiar banget dengan penampilan pria Sunda dengan sabuk celananya. Nah, untuk seorang pria bangsawan ini pun juga demikian. Ada Benten atau Sabuk emas yang  telah melingkari pada pinggangnya.

Bendo

Penutup kepala atau udeng. Wah, padahal satu adat bukan, akan tetapi namanya berbeda. Untuk seorang rakyat kecil namanya ikat Logen, ternyata beda lagi istilahnya jika yang menggunakan adalah seorang bangsawan.

Selop hitam

Sandal selop yang berwarna hitam berlapis beludru. Sama seperti sandal manten, kita pahamnya.

Disinyalir para raja terdahulu memakai pakaian adat Sunda yang satu ini, jadi identiknya baju ini merupakan baju untuk bangsawan.

2. Pakaian adat Sunda untuk rakyat menengah

Kayaknya kasar banget jika sebuah istilah rakyat jelata lebih ke miskin ya, soalnya pakaian adat untuk seorang rakyat menengah ada sendiri. Ternyata sudah benar ya yang penulis gambarkan akan arti rakyat jelata sebelumnya.

Soalnya untuk arti dari kelas rakyat menengah di dalam penggunaan pakaian adat Sunda ini lebih ke masyarakat yang mempunyai mata pencaharian sebagai wirausaha namun tidak mempunyai keturunan bangsawan.

Sama seperti halnya pakaian adat sunda untuk kalangan rakyat jelata, baju adat Sunda untuk rakyat menengah ini pun akan beda jenisnya antara yang digunakan wanita dan juga pria.

a) Pakaian adat Sunda rakyat menengah untuk pria

Jas Takwa

Wah, iya dong tentunya harus berbeda sama pakaian adat rakyat jelata, makanya rakyat menengah menggunakan jas takwa yang sebenarnya merupakan berupa baju berkancing. Kainnya yang tebal berwarna hitam, makanya mirip sebuah jas.

Baju Bedahan

Baju ini juga sebuah baju pangsi, namun dengan warnanya yang putih. Kesan lebih mahalnya pun diperoleh dari pada baju pangsinya rakyat jelata.

Kain batik

Sarung batik juga bisa. Intinya bawahannya harus serba batik. Akan tetapi tidak digunakan kain aja ya, soalnya kainnya ini hanya sebagai tambahan bagian luar celana pangsi.

Arloji emas

Ini dia yang membuat bedanya. Akan tambah jelas banget kasta rakyat Jawa Barat kalau menggunakan pakaian adat, soalnya yang termasuk warga kelas menengah ini menggunakan arloji panjang yang digantungkan pada suku, dan berbahan dari emas.

Beubeur

Ikat kepala

b) Pakaian adat Sunda rakyat menengah untuk wanita

Baju kebaya

Untuk baju kebaya yang digunakan oleh seorang wanita dari kalangan rakyat menengah ini sudah mengusung model modern. Banyak warna yang dipakai dan bahkan dikombinasi dengan baju kebaya ini.

Kain batik

Langsung digunakan sebuah rok. Dililitkan atau dijahitkan yang berbentuk rok terlebih dahulu.

Kelom Geulis

Kelom Geulis ini merupakan istilah untuk sandal yang digunakan oleh wanita kalangan menengah. Bukan sandal Bakiya lagi, melainkan sandal Kelom Geulis yang berarti sandal Selop.

Perhiasan

Sama halnya dengan wanita rakyat jelata, perhiasan emas telah menjadi kebanggaan tersendiri untuk seorang wanita. Untuk para wanita pedagang ini, emas yang digunakan akan lebih banyak dan modern modelnya.

Karena pada pakaian adat wanita sunda kelas menengah ini sudah modern, maka fashion untuk wanita Bandun pun akan lebih condong ke style baju adat yang satu ini. Dapat kalian lihat pada acara-acara yang digelar di daerah Bandung.

Selendang

Beubeur

3. Pakaian Adat Sunda untuk rakyat jelata

Rakyat jelata dalam hal ini yaitu rakyat atau warga Sunda dari sebuah kalangan rakyat biasa. Bukan keturunan bangsawan. Sebut saja pekerjaan mereka yaitu kerja sebagai buruh. Maka untuk pakaian adat Sunda yang akan mereka gunakan akan sangat sederhana.

Adapun beberapa nama pakaian adat Sunda yang mereka gunakan akan berbeda antara seorang pria dan wanita. Berikut ini adalah nama-namanya :

a) pakaian adat Sunda untuk rakyat jelata pria

pakaian adat Sunda ada3 nama pakaian untuk seorang rakyat jelata pria, yaitu Baju Salontreng, Sarung Poleng, Ikat Logen, Celana Komprang, dan juga Sandal Tarumpah. Mereka pada umumnya menggunakannya untuk keseharian juga.

Baju Salontreng

Baju Salontreng ini merupakan nama baju yang digunakan oleh para rakyat jelata dengan warna putih atau hitam polos. Ada juga sarung poleng yang harus digunakan untuk pelengkap dari baju ini.

Sarung Poleng

Layaknya sebuah sarung biasa dan memang sebuah sarung. Tidak hanya digunakan sebagai bawahan tapi ya, melainkan akan hanya diselempangkan di bawah. Di luar Baju Salontreng tadi. Layaknya persis orang-orang yang hendak ronda malam.

Celana Komprang

Untuk warnanya pada umumnya berwarna hitam, namun ada juga warna yang lainnya. Yang dapat membedakan dengan jenis atau mode celana lainnya yaitu pada jahitan celana bagian bawah.

Celana ini dengan model jahitannya biasa dengan ditambahkan kain ikat. Panjangnya pun sampai ke betis. Komprang-komprang bermakna lebar, jadi tidak akan membentuk kaki. Seperti kulot begitu akan tetapi bahannya kain asli bukan kain kaos.

Ikat Logen

Ikat Logen ini merupakan nama penutup kepala yang biasa digunakan oleh orang sunda. Kalau kalian pergi ke Bandung, pasti kalian akan banyak menemui pria yang menggunakan Udeng. Nah, itulah nama Ikat Logen.

Sandal Kayu atau Sandal Tarumpah

Seperti bakiya’ gitu deh modelnya. Para pria Sunda tidak akan bakalan ketinggalan melengkapi sebuah penampilan mereka dengan sandal Tarumpah ini. Dapat digunakan untuk keseharian maupun digunakan pada saat ada acara adat saja.

b) Pakaian adat Sunda untuk rakyat jelata wanita

intinya Negara Indonesia itu kaya. Sunda pun mempunyai andil didalamnya. Ada sebuah ciri khas pakaian Sunda rakyat jelata untuk seorang pria, ada juga nama pakaian adat Sunda untuk rakyat jelata yang khusus untuk wanita.

Sinjang Bunjel

Kata “sinjang” ini telah berasal dari bahasa Jawa yang berarti “jarik” atau sebuah kain panjang bermotif batik.

Beubeur

Nama lain dari ikat pinggang atau Beubeur ini. Jadi, setelah menggunakan Sinjang Bunjel ini, para wanita Sunda menggunakan Beubeur ini.

Kamisol

Kamisol ini merupakan jenis pakaian di dalam layaknya para pengantin yang menggunakan kebaya. Pada umumnya baju kebaya ini satu set dengan Kamisol untuk dapat mendukung bentuk tubuh.

Baju kebaya

Baju kebaya yang digunakan oleh wanita Sunda dan perempuan Sunda sama seperti kebaya pada umumnya.

Selendang

Selendangnya dapat diselempankan, di dalam pemakaiannya, dapat juga digunakan sebagai penutup kepala.

Dandanan Junjung Bun

Dandanan Junjung Bun ini jika di dalam bahasa modernnya dapat bermakna jambul rambut. Karena para wanita Sunda sering untuk menyanggul rambutnya.

Sandal Jepit

Sandal yang biasa kalian gunakan di rumah itu sudah termasuk di dalam salah satu aksesoris owanita Sunda lho. Intinya sederhana banget deh pokoknya.

Pelenis Suweng

“Suweng” yang mempunyai arti anting. Seorang wanita Sunda biasa menggunakan anting yang melingkar misalnya cincinnya. Anting Roda Dunia, begitu sebuah istilah yang sering penulis dengar.

Ali Meneng

Berasal dari sebuah kata “ ali” yang sebenarnya merupakan “ali-ali” yang mempunyai makna cincin. Kemudia untuk kata “meneng” yang mempunyai makna diam. Bentuk dari cincin ini polos, hanya saja melingkat begitu.

Gelang Bahar

Masuk di dalam jenis aksesoris juga yang biasa digunakan untuk melengkapi penampilan para wanita Sunda. Gelang ini merupakan murni berasal dari akar tanaman bahar.

4. Pakaian adat Sunda untuk acara pernikahan

Jadi, yang menggunakan pastinya seorang pengantin ya, hehe. Untuk undangannya biasa digunakan pakaian adat Sunda menengah, tidak kalah modern intinya.

Di dalam hal ini, untuk pakaian adat Sunda dipilah-pilah lagi, yaitu ada 3 macam :

Tata busana pengantin Siger

Sanggul yang dipakai bernama Sanggul Puspasari. Set dari baju pengantin ini dapat dibilang versi terbaru dan tentuny modern banget. Untuk warnanya banyak dan dapat couple warnanya.

Tata busana pengantin Putri

Sama-sama memakai sanggul Puspasari, namun untuk pakaian adat Sunda yang kali ini mengharuskan dari mempelai pria menggunakan kostum warna hitam beludru.

Tata busana pengantin Sukapura

Wah, untuk nama sanggulnya lebih keren ini, yaitu Sanggul Ciwidey. Tata busana pengantin Sukapura ini merupakan model pakaian adat Sunda yang sangat kuno banget, soalnya dari mempelai wanita harus menggunakan kebaya berwarna putih.

Selain itu, untuk mahkota yang digunakan oleh mempelai wanita tidak sebesar dua versi sebelumnya. Mahkotanya pun tidak menutupi dahi. Simple banget bukan.

Jadi, yang dapat membedakannya yaitu bentuk kondenya. Kalau untuk bajunya, dapat untuk disamakan. Akan tetapi detailnya tetap berbeda ya. Kalian jika disuruh milih dari ketiga bentuk baju ini, mau pilih yang mana?

5. Pakaian adat Sunda untuk acara formal

a) Untuk pria

Beskap

Ya, inilah sebuah nama lain dari baju pangsi yang sudah dijelaskan diatas. Beskap ini bahkan akan lebih sempurna, sehingga akan lebih berwibawa untuk pembawaannya.

Selain itu juga, Beskap identic dengan kesan formal. Sangat cocok deh pokoknya untuk menghadiri acara resmi.

Benar-benar baju yang ini seperti jas. Sama modelnya dengan baju adat yang digunakan rakyat Jawa Barat secara umum.

Kain samping

Kain samping yaitu kain yang digunakan sebagai kain luaran celana.

Bendo

Selop

Jam rantai

b) Untuk wanita

Kebaya

Untuk kebayanya hanya satu warna saja. Harus polos tanpa adanya motif. Kebaya ini terbuat dari kain beludru.

Kain bebat

Kain bebat ini untuk bagain bawahan ya. Dinamakan “Bebat” karena penggunaanya hanya dililitkan saja.

Karembong

Unik lagi lho nama lainnya dari selendang ini. Dapat disampirkan pada bahu dan menyilang.

Selop

Perhiasan

Beubeur

Kamisol

Pakaian adat Sunda inilah yang telah menjadi inspirasi utama dari pakaian adat pada saat ada event pemilihan Mojang Bandung.

Baju pangsi merupakan nama baju adat yang dikenal secara umum. Dari ke lima model baju yang sudah kami bahas diatas, nama-nama bajunya memang berbeda, akan tetapi sebenarnya namanya yaitu baju Pangsi.

Penutup

Perbedaan dari pakaian adat Sunda diataranya dari si rakyat jelata, saudagar, dan juga tentunya keturunan bangsawan tersebut adalah buktui sejarah yang tidak akan pernah terlupakan. Kental banget dengan pengaruh nenek moyang, jika pada saat itu memang di daerah Jawa Barat masih ada perbedaan strata sosial yang sangat kental.

Yang pasti kain kenal selama ini yaitu jenis pakaian adat Sunda rakyat mengeha, karena unsur modernnya yang sangat jelas banget. Baju Pangsinya tidak harus baju kebaya polos serta warna hitam, melainkan dapat memakai banyak warna dan juga banyak motif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *