Penipuan Kerja – Assalamualaikum Wr. Wb, Baik teman-teman disini Saya akan sedikit bercerita tentang kejadian yang pernah saya alami yaitu saya pernah kena tipu kedok kerja yang terjadi pada tahun 2018 silam setelah Saya lulus dari SMKN Ngraho.

Tapi sebelumnya perkenalkan nama Saya Achmad Luqman Chakim Biasa teman-teman Saya memanggil Luqman. Saya lahir di Bojonegoro untuk tanggal nya yaitu tanggal 14 Agustus 2000. Baik langsung saja berikut ini saya akan bercerita sedikit tentang Penipuan kerja.

Awal Mula Kejadian Penipuan Kerja

Sumber : pixaby.com
Sumber : pixaby.com

Awal kejadian ini bermula ketika aku sedang bingung-bingungnya mencari kerja apalagi saya baru saja lulus dari smk tentunya harus dapat kerja setidak nya mampu mengurangi beban ibu lah di rumah, apalagi saya sudah sama di tinggal almarhum ayah saya “semoga Allah menempatkan tempat yang tebaik disisi nya AMIN”.

Awal Mula Kenal Sama Orang Qnet

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Kejadian itu Saya alami pada tahun 2018, ketika Saya masih begitu aktif dengan sosmed dan waktu itu sosmed yang Saya gunakan facebook. Dimana dalam Facebook Saya banyak sekali groub tentang lowongan kerja atau loker terutama di daerah Jawa Timur.

Singkat cerita ketika ada seseorang yang memposting unggahan tentang tawaran loker di groub tersebut, akhirnya Saya mencoba inbox yang punya kaun tersebut dan baiknya responnya. Tawaran yang di lakukan oleh orang tersebut yaitu kerja di daerah Pasuruan dan di tawarkan kerja di hotel.

Katanya pada hari Rabu nanti aku disuruh ketempat kerja nya, dia berkata “tenang saja untuk makan, tempat tidur, kendaraan sudah ada nanti mas tinggal kerja aja”, itu kata dia yang sampai saat ini masih saya ingat tentunnya.

Pertimbangan dari Guru SMK 

Ketipu bisnis Qnet hora umum
sumber : pixabay.com

Setelah hasil dari inbox tersebut membuat Saya semakin yakin bahwa kerja tersebut bukan penipuan atau istilah dalam bahasa sekarang yaitu Bukan Kaleng-kaleng hehehehehhe.

Akhirnya Saya memutuskan untuk diskusi dengan Bu Amel guru bimbingan konseling di sekolahan saya, setelah saya bercerita panjang lebar akhirnya Beliau  kurang setuju dengan kerjaan tersebut.

Yang membuat Beliau kurang setuju yaitu Alamat dari tempat kerja tersebut kurang jelas, karena Saya orang nya ngeyel hehehe akhirnya saya memutuskan untuk berangkat saja siapa tau dari kerja tersebut merupakan ladang Saya untuk membantu perekonomian keluarga.

Perjalanan Menuju Tempat Kerja

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Saya sendiri berangkat ke Pasuruan sendiri, ya bagaimana lagi namanya mencari kerja. Saya berngkat dari rumah pagi, karena menunggu kendaraan yang lama akhirnya Saya tiba di Pasuruan kurang lebih jam 10 malam.

Sesampai di tempat yang sudah di beri tahu akhirnya Saya memutuskan untuk menelpon seseorang yang mengajak Saya kerja ke tempat tersebut.

Kemudian Beliau mengajak saya ke alun-alu kota Pasuruan untuk di ajak jalan-jalan sekalian menghilangkan penat ketika hampir setengah hari berada di dalam kendaraan.

Akhirnya saya memutuskan untuk segera ke tempat tinggal agar apa, agar saya cepat istirahat karena capek banget lah perjalanan dari Bojonegoro ke Pasuruan.

Persiapan Interview Kerja

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Pagi harinya saya mencoba untuk mengajak dia untuk interview, akhirnya jawaban dia apa “nanti mas habis jumat an interview nya”, lah dari situ perasaan kurang enak yang timbul dari pikiran saya, memang ada ya interview pada siang hari.

Setelah waktu yang saya tunggu akhirnya datang juga yaitu pukul satu siang saya di ajak berangkat oleh dia ke tempat kerja yang kurang lebih 5 kilo meter dari tempat tinggal saya tadi.

Sesampainya disana ternyata sudah banyak sekali oranng berkumpul, kemudian oleh temanku yang ngajak saya tadi saya di ajak masuk kedalam gedung dan ditemaninya duduk sambil ngobrol sebentar sambil menunggu waktu interview datang.

Aku sebenarnya heran kenapa banyak sekali orang dan saya tanyakan pada teman ku tersebut katanya karyawan pada berkumpul di hari minggu “What” kan minggu waktu mereka untuk istirahat atau berkumpul dengan keluarga.

Tidak lama kemudian orang-orang yang tadi di luar ternyata ikut masuk ke dalam gudang tersebut. Lalu setelah itu ada MC didepan telah mengatakan bahawa kami semua yang ada didalam ruangan tersebut akan di berikan sebuah informasi tentang dunia kerja.

Kemudian aku nya mendengarkan acara itu, selanjutnya MC tersebut memanggil beberapa orang untuk kesaksian maju ke depan untuk memperlihatkan hasil dari bisnis tersebut, dan luar biasanya lagi hasilnya dolar bukan rupiah.

Aku sendiri mendengarkan terus acara tersebut sampai selesai, dan acara yang terakhir yaitu sistem kerja dari tempat kerja tersebut, aku mendengarkan dengan seksama sampai acara tersebut bener-bener selesai.

Setelah acara selesai kemudian oleh temanku yang mengajak aku tadi membawakan makan dan minuman, kemudian dia menanyakan bagaimana tadi acaranya wkwkkw basa basi lah dianya.

Berhubung aku belum pernah kenal sama bisnis MLM tersebut dan kayaknya bisnis tersebut kurang baik maka dengan tegasnya saya menjawab untuk Menolak ajakan bisnis MLM tersebut.

Ketika saya menolak dengan tegasnya maka yang ngajak saya tersebut terus mengajak saya agar saya mau bergabung dengan bisis MLM tersebut.

Aku diperlihatkan banyak sekali cek yang katanya tadi belum dicairkan di bank, dan temanku yang saya kenal dari sosmed juga menyatakan kalau dia sudah mengembalikan modal untuk gabung dan tiap bulan minimal dia mendapatkan 250 USD.

Pokoknya dia menyakinkanku untuk mau bergabung dengan bisnis yang sudah dia lakukan tersebut, setelah selesai dijelaskan lalu kami balik ke kost tersebut.

Sesampai di kost dia selalu mengatakan hal yang mewah dari bisnis tersebut agar saya mau bergabung dengan bisnisnya tersebut.

Ternyata banyak sekali yang memang sengaja di tutup – tutupi dari bisnis Mlm tersebut, Banyak sekali kebodohan dan terus mereka publiksikan terus ke downline mereka, ini sangat bertentangan dengan training yang selalu merak adakan, jadi percuma selalu ada training kalau ternyata masih selalu ada kebodohan yang di terapkan.

Besok harinya saya memuutuskan untuk kembali ke rumah dengan perasaan yang kesal, emosi, dan tentunya kecewa.

Sesampai dirumah saya tidak menceritakan tentang apa yang sudah saya lakukan ketika di pasuruan, hanya saya bilangnya saya gagal untuk interview.

Tapi setelah aku tau hal dari bisnis tersebut, kemudian saya memberitahuan kepada teman-teman untuk selalu berhati-hati dalam mencari tempat kerja. Apalagi dengan tawaran yang fantastis dimulai dari gaji, tempat tidur, dan lain-lain lah pokoknya.

Bisnis MLM tersebut ada yang unik ternyata teman-teman yaitu dari segi bicara yang Hora Umum,  itu sih yang biasa MC katakan yaitu salam Hora Umum, misalnya beli motor Hora Umum, beli mobil Hora Umum dan masih banyak lagi kata-kata nya pokonya Hora Umum.

Demikian cerita singkat yang saya buat dengan tema penipuan kerja dari Qnet. Semoga dengan adanya artikel diatas dapat membantu kalian untuk terus berhatti-hati dalam mencari pekerjaan terutama pekerjaan yang penawarannya dari Sosmed. 

Sekian dari saya Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Ketipu Bisnis Qnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *