35+ Rumah Adat Indonesia Beserta Asalnya dan Penjelasannya (Lengkap)

Rumah Adat Indonesia – Tak hanya beberapa keanekaragaman hayati, Negara Indonesia juga mmepunyai ragam agama, kepercayaa, budayam suku dan adat isitiadat setiap daerah, termasuk juga rumah adat yang sudah menjadi identitas dari masyarakat Indonesia ini.

Pada setiap provinsi, rumah tradisional sudah menjadi salah satu ikon pada wilayahnya masing-masing. Rumah adat ini adalah warisan turun temurun oleh nenek moyang yang harus dijaga kelestariannya.

Setiap desain rumah adat pasti mempunyai gaya arsitek dari bangunan itu sendiri, mulai dari bahan pembuatan rumah, struktur bangunan, keunikan, bentuk rumah, simbol fungsi dan tentunya sejarah rumah tradisional Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Yuk, langsung saja restuemak.com akan sedikit menjelaskan tentang 35+ rumah adat Indonesia yang lengkap dengan penjelasan dangan gambarnya.

Table of Contents

Pengertian Rumah Adat

rumah adat indonesia beserta daerah asalnya

Rumah adat atau dapat disebut juga dengan rumah tradisional ini adalah rumah  yang sudah dirancang khusus untuk generasi atau garis keturunan yang sama tanpa ada bagian rumah yang telah dirubah.

Dengan kata lain, rumah adat ini dibangun dengan cara memperhatikan budaya dan kebiasaan atau kepercayaan dari para leluhur ata nenek moyang Negara ini.

Jenis-jenis Rumah Adat di Indonesia

rumah adat indonesia beserta daerah asalnya

Rumah adat sebagai salah satu media pembelajaran dan juga wawasan mengenal warisan leluhur Negara Indonesia dari berbagai macam suku di seluruh wilayah Nusantara ini.

Berikut ini restuemak.com akan sedikit memberikan penjelasan tentang 50 rumah ada yang berada di Indonesia.

Rumah adat Jawa Timur atau rumah Joglo Situbondo

Rumah adat Situbondo Jawa Timur ini merupakan bentuk rumah dengan bentuk yang hampir sama dengan rumah adat Jawa Tengah. Ini dapat di lihat dari segi tampilan dan juga bentuk arsitektur hampir sama.

Baca juga : Tarian Jawa Timur

Rumah adat Jawa Tengah atau Rumah Joglo

Rumah adat joglo yang berasal dari jawa tengah ini adalah rumah adat dari suku Jawa dari bagian tengan dari Pulau Jawa. Rumah adat ini mempunyai beberapa ruangan unik di dalamnya.

Dan pada ruangan-ruangan inilah mempunyai fungsi yang tersendiri, ada ruangan pendoppo yang dikenakan sebagai ruang tamu. Umumnya depan rumah sebagai ruang terbuka.

Rumah Adat Jawa Barat atau Rumah Sunda

Rumah sunda adalah salah satu rumah adat di Indonesia yang memiliki bentuk rumah panggung yang tidak terlalu tinggi. Pada bagain depan rumah adat sunda ini, terdapat tangga atau dapat disebut dengan golodog.

Rumah adat Sumatera Utara atau Rumah Balon

Rumah balon yaitu rumah khas daerah sumatera utara yang berasal dari daerah Batak. Ada juga beberapa jenis rumah balon dan juga mempunyai gaya arsitektur rumah orang batak.

Rumah adat Sumatera Barat atau Rumah Gadang

Rumah gadang merupakan jenis rumah adat yang berasal dari daerah Minangkabau, yang sampai sekarang ini masih banyak kita jumpai di daerah Provinsi Sumatera Barat.

Nah, untuk rumah gadang ini juga ada di Negara Malaysia, karena kebudayaan melayu pada zaman dahulu menyebar sampai ke Semenanjung Melaya.

Rumah Adat Sumatera Selatan atau Rumah Limas

Seperti halnya namanya, rumah limas adalah salah satu rumah yang berbentuk seperti limas pada atapnya. Rumah ini mempunyai lantai rumah yang berundak atau dapat disebut dnegan kekijing. Umumnya, rumah limas ini terdiri dari 2 sampai dengan 4 kekijing.

Rumah limas ini mempunyai tiang setinggi 1,5 meter sampai dengan 2 meter diukur dari permukaan tanah. Selain itu, rumah limas ini terdiri dari 3 ruangan yakni ruang depan, ruang tengah dan juga ruang belakang yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Baca juga: Tarian Bali

Rumah adat Nanggroe Aceh Darussalam atau Rumah Krong Bade

Rumah adat Nangroe Aceh Darusalam atau biasa dikenal dengan nama rumah ada kronge bade ini berasal dari daerah Provinsi paling barat di Indonesia, yakni Nangroe Aceh Darussalam.

Rumah adat Bangka Belitung atau Rumah Rakit Limas

Rumah adat Bangka Belitung yang adalah daerah Pulau, sampai menambahkan pada aksen rakit, sebagai salah satu pembeda dan pehanda, untuk dapat menunjukkan ciri khas dari Bangka Belitung bahwa Bangka Belitung mempunyai rumah adat yang berbeda dan juga unik.

Rumah adat Jambi atau Rumah Panggung Kajang Leko

rumah adat panggung kajang leko, merupakan jensi rumah adat yang berasal dari provinsi Jambi. Rumah adat ini adalah rumah adat yang cukup lengkap, karena didalam rumah ini, mempunyai 8 ruangan di dalamnya.

Rumah adat Bengkulu atau Rumah Rakyat

Salah satu rumah adat di Indonesia yang berada di Bengkulu yakni rumah rakyat, Rumah adat yang satu ini juga rumah adat yang cukup kompleks. Namun tidak sekompleks dengan rumah adat jambi.

Rumah adat Lampung atau Rumah Nowou Sesat

Rumah adat sowou sesat ini berasal dari Lampung yang mempunyai arti yakni rumah ibadah, menurut cerita dari warga sekitar. Rumah ini didirikan atas keinginan dalam beribadah.

Mempunyai keinginan dalam membangan keluarga dan juga mendidik anak, atas pondasi untuk ibadah, sehingga rumah nowou sesat ini sebenarnya mempunyai makna yang sangat baik dan dalam.

Baca juga: Pakaian Adat Maluku

Rumah Adat Banten atau Rumah Badui

Rumah adat badui merupakan jenis rumah yang di buat oleh suku badui yang tinggal di daerah banten. Ciri khas dari rumah adat badui ini yakni sedikit lebih tinggi seperti rumah panggung akan tetapi tingginya tak sampai setengah meter.

Rumah adat Madura atau Rumah Tanean Lanjhan

Rumah tanean lanjhan ini adalah jenis rumah adat yang berasal dari daerah Madura dan Jawa Timur. Namun,  jika dapat dinilai dari segi kebudayaan dan adatnya mempunyai sedikit perbedaan yang mencolok.

Misalnya seperti kedua daerah ini yang mempunyai rumah berbeda-beda, jika di Jawa Timur kita biasa menyebutnya dnegan rumah adat Joglo Situbondo, maka di daerah Madura justru yang dapat ditemukan rumah tanean lanjhang.

Rumah Adat DKI Jakarta atau Rumah Kebaya

Rumah kebaya adalah salah satu rumah adat yang mempuynyai kekkentanal dengan budaya Betawi. Sampai dari bentuk desain rumah adat kebaya yang cukup khas dan juga mudah untuk dikenali.

Rumah Adat DI Jogjakarta atau Rumah Bangsal Kencono

Bangsai Koncono merupakan salah satu rumah adat Indonesia yang berada di provinsi Jogjakarta, pada zaman dahulu rumah ini hanya dapat ditempat tinggali oleh seorang raja Jawa dan juga bengasawan dari kerajaan saja.

Umumnya untuk lokasi tempat berada di sebelah tengah dari keraton kasultan, rumah adat yang satu ini mempunyai banyak sekali folosofi dalam nilai-nilai kehidupan.

Kerana pada setiap ruang dan juga bangunan adat ini, mempunyai perlambangan filosofi tersendiri, mulai dapat diambil dari tingkah laku manusia, alam semesta dan juga dapat di ambil dari kehidupan didalamnya.

Rumah Adat Riau atau Rumah Selaso Jatuh Kembar

Selaso jatuh kembar ini merupakan jenis rumah adat di Indonesia yang berasal dari Provinsi Riau. Berdasarkan dengan sejarah, rumah adat selaso ini jatuh kembar dan mempunyai rumah yang memiliki dua selasar.

Baca juga: Pakaian Minangkabau

Rumah Adat Kepulauan Riau atau rumah Belah Bubung

Belah bubung merupakan jenis rumah tradisional yang berasal dari provinsi Kepulauan Riau. Rumah ini mempunyai ciri khas yang berbeda yakni dengan bentuk atap yang berfariasi.

Atap lipat yang berbentuk curam kebawah dan juga atap lipat yang berbentuk datar, serja juga atap layar yang berbentuk menyusun dan juga atap panjang yang berbentuk sejajar sama, serta atap yang bergabung melintang..

Rumah Adat Bali atau Rumah Gampura Candi Bentar

Gapura candi adalah salah satu rumah adat yang berasal dari daerah Bali, Pura ini masih saja mengangkat dan juga menjungjung tinggi Budaya dan adat istiadat di daerah Bali.

Rumah Adat Kalimantan Barat atau Rumah Panjang

Panjang adalah salah satu rumah adat yang berasal dari daerah Kalimantan Barat, tepatnya yaitu pada suku dayak Borneo Barat. Rumah adat ini hampir sama dengan rumah panggung yang memanjang.

Rumah Adat Kalimantan Tengah atau Rumah Betang

Betang adalah salah satu rumah adat yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah. Rumah batang ini sebetulnya juga hampir mirip dengan aksitekturnya dengan rumah pandang yang berada di Kalimantan Barat.

Rumah Adat Kalimantan Timur atau Rumah Lamin

Rumah Lamin adalah salah satu rumah adat yang berasal dari suku dayak Timur, Banjar dan Kutai. Rumah lamin ini berbentuk seperti rumah Dayak Panjang dan Rumah Bentang.

Rumah Adat Kalimantan Selatan atau Rumah Bubungan Tinggi

Bubungan adalah salah satu rumah adat tradisional dari suku dayak selatan, dimana gaya dari arsitektur, rumah dayak yang satu ini sedikit berbeda dengan rumah dayak pada umumnya.

Baca juga: Senjata tradisional Jawa Tengah

Rumah Adat Kalimantan Utara atau Rumah Baloy

Beloy adalah salah satu rumah adat yang berasal dari daerah Kalimantan Utara, meskipun provinsi Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi baru. Namun untuk rumah adatnya dan juga kebudayaan sudah ada sejak jaman dahulu.

Rumah adat baloy ini terinspirasi dari rumah suk tidung, yang berada di daerah wilayah Kalimantan Utara. Serta juga rumah adat Kalimantan Utara dapat dikenakan sebagai maskot daerah dan juga sebagai daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Rumah Adat Sulawesi Utara atau Rumah Pewaris

Pewaris adalah salah satu jenis rumah adat yang berasal dari Minahasa, yang dimana dalah suku asli dari Provinsi Sulawesi Utara. Rumah leluhur atau rumah welawangkoa yang hampir sama dengan rumah panggung.

Rumah Adat Sulawesi Tengah atau Rumah Tambi

Rumah adat tambi merupakan salah satu jenis rumah tradisional yang berasal dari wilayah Sulawesi Tengah, rumah ini mempunyai bentuk seperti persegi panjang, dimana dengan bentuk yang menyerupai rumah panggung.

Rumah Adat Sulawesi Tenggara atau Rumah Buton

Rumah adat Buton ini merupakan salah satu rumah adat di Indonesia yang berasal dari provinsi Sulawesi Tenggara, dari berbagai bentuk seni kontruksi dari bangunannya yang cukup unik.

Karena rumah adat ini dapat di buat dengan empat lantai dan hanya memakai kait kayu, tanpa memakai pasak dan juga paku. Semua ini dapat menunjukan bahwasanya masyarakat Sulawesi Tenggara memiliki keterampilan bangunan yang luar biasa.

Rumah Adat Sulawesi Selatan atau Rumah Tongkonan

Rumah adat tongkongan ini adalah salah satu rumah adat yang berasal dari suku toraja, rumah adat ini mempunyai ciri khas yang begitu mencolok terutama pada bagian atapnya tersebut.

Atap rumah adat tangkongan ini berbentuk seperti bentuk perahu terbalik, selain ini ada dibagain tersebut juga terdapat tanduk kerbau yang berada pada bagian depan rumah dan juga yang paling uniknya lagi rumah adat ini memiliki dua fungsi yang berbeda.

Rumah Adat Gorontalo atau Rumah Dulohupa

Rumah adat doluhupo ini merupakan salah satu jenis rumah adat yang berasal dari daerah Gorontalo, rumah adat di Indonesia ini mempunyai gaya atap yang berseni, dengan struktur bangunan yang menyerupai rumah khas panggung tersebut.

Baca juga: Senjata Tradisional Bali

Rumah Adat Maluku atau Rumah Baileo

Rumah adat bailoe ini adalah salah satu jenis rumah ada dari Provinsi Maluku, rumah adat yang satu ini lebih dapat menampilkan kemajemukan agama di Maluku, di mana terdapat beberapa aksen dari agama dan juga melambangkan kebudayaan setempat.

Ciri khas yang telah terlihat yaitu pada ukuran yang lebih besar jika dapat dibandingkan dengan rumah modern pada sekarang ini. Oleh karena itu rumah adat ini tidak hanya dipakai sebagai tempat tinggal saja.

Rumah Adat Maluku Utara atau Rumah Sasadu

Rumah adat sasadu ini merupakan salah satu rumah adat yang berasal dari Maluku Utara, rumah adat ini yang berbentuk seperti rumah panggung dengan beberapa dekorasi bangunan yang sangat unik.

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat atau Rumah Dalam Loka

Rumah dalam loka ini adalah salah satu rumah adat yang berasal dari suku-suku asli yang telah mendiami daerah Nusa Tenggara Barat, suku ini diantara lain yaitu suku Sumbawa, suku dompu, susu sasak dan juga suku dongu.

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur atau Rumah Musalaki

Rumah adat Mulasaki ini merupakan salahh satu rumah adat yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, jadi akan hampir sama dengan rumah adat Nusa Tenggara Barat, akan tetapi banyak perbedaan dari bentuk arsitektur dan juga dari segi filosofi.

Rumah Adat Papua atau Rumah Honai

Rumah Honoi ini adalah salah satu rumah adat yang berasal dari Provinsi Papua, rumah honoi ini berasal dari provinsi papua, dan hanya dibangun dengan kayu dan lalang, diaman dindingnya terbuat dari kayu dan juga atapnya dari ilalang tersebut.

Baca juga: Upacara Adat Jawa Tengah

Rumah Adat Papua Barat atau Rumah Mod Aki Aksa

Rumah mod aki ini dapat dibilang dengan rumah kaki seribu yang berasal dari daerah Papua Barat. Bentuknya yang hampir sama dengan rumah adat honai ini, akan tetapi rumah ada ini berbentuk rumah adat panggung.

Dimana rumah adat mod aki ini mempunyai ciri khas yatu memiliki banyak penyangga dibagian bawah lantai rumah. Sehingga rumah adat mod aki aksa biasa disebut dengan rumah kaki seribu.

Rumah Adat Teluk Cendrawasih atau Rumah Lgkojei

Rumah Lgkojeiini adalah salah satu rumah adat yang berasl dari suku wamesa yang terletak di Provinsi Teluk Cendrawasih. Rumah adat ini hampir sama dengan rumah mod aki aksa.

Penutup

Demikianlah sedikit penjelasan informasi dari restuemak.com tentang rumah adat yang berada di indonesia dengan beberapa penjelasan dan juga gambar yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia dengan lengkap.

Semoga dengan adanya artikel diatas dapat menambah wawasan anda semuanya tentang rumah adat di Indonesia ini, Sekian dan Terima Kasih.

                                                          Rumah Adat Indonesia

Tinggalkan komentar