✓ Senjata Tradisional Sulawesi Selatan Penjelasan dan Gambarnya

3 min read

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan – Senjata tradisional Sulewesi Selatan atau Makassar beserta gambar dan keterangannya adalah informasi penting yang harus diketahui oleh semua warga Negara Indonesia. Tak perlu perduli apapun agama, suku dan juga rasnya, semua warga Indonesia wajib mengetahui informasi senjata pusaka Sulsel tersebut.

Sejarah yang ada menyatakan ada banyak senjata khas tradisional Sulawesi Selatan yang dikenakan di berbagai macam keperluan dan kebutuhan. Apakah itu hanya untuk keperluan alat masak hingga alat perang melawan musuh.

Meskipun pada saat ini banyak sekali senjata modern yang telah hadir, rasanya aneh jika keberadaan dari senjata tradisional Sulawesi Selatan selalu diabaikan begitu saja oleh kita sebagai warga Negara.

Oke, tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah sedikit kumpulan informasi tentang senjata tradisional Sulawesi Selatan yang pernah ada.

Baca juga: Senjata Tradisional Indonesia

Macam-macan Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan
sumber: silontong.com

Penjelasan dan juga gambar hal terkait dengan senjata tradisional Sulsel ini akan kami sampaikan dengan sebaik-baiknya kepada seluruh pembaca.

Hal ini bertujuan untuk agar para pembaca mendapatkan informasi yang utuh dari blog ini. Utuhnya informasi tentang beberapa senjata tradisional Indonesia sebenarnya sudah pernah kami ulas beberapa waktu yang lalu.

Berikutnya yaitu beberapa lembaga pendidikan yang sangat strategis peranannya di dalam mengenalkan sekaligus membudayakan dari senjata tradisional ini. Para guru dan murid dapat bekerjasama dalam melaksanakan kampanye untuk melestarikan senjata kuno di daerah Sulawesi Selatan.

Berdasarkan hukum adat, keberadaan dari senjata tradisional Sulawesi Selatan ini harus mendapatkan posisi yang kuat secara hukum internasional sampai tidak mudah hilang keberadaanya ditelan oleh zaman sekarang ini.

Apalagi sampai ada beberapa Negara lain yang mengklaim sebagai miliknya, dan ini tentunya sudah pernah terjadi. Semoga tidak terjadi lagi. Aamiin!

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi yang teman-teman. Langsung saja restuemak.com akan membahas satu persatu tentang senjata tradisional Sulawesi Selatan. Berikut ini adalah informasi yang dilengkapi dengan penjelasan dan gambarnya:

1. Senjata Tradisional Badik Makassar

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan
sumber: helloindonesia.id

Senjata tradisional yang pertama yaitu Badik Makassar yang dapat mencerminkan nama senjata dan juga daerah yang ada di Sulawesi Selatan. Ini dapat mempertegas bahwa senjata klasik yang ada ciri khas dari daerah ini sampai tidak ada daerah lain yang dapat mengklaimnya.

Badik Makassar memiliki kale atau bilah yang pipih, batang atau perut buncit dan tajam serta juga cappa” atau ujung yang runcing. Badik yang berbentuk seperti itu dapat disebut dengan nama Badik Sari.

Badik sari ini terdiri dari atas bagian pangulu atau gagang badik, sumpa’ kale atau tubuh badik dan juga banoang atau sarung badik.

Anda dapat melihat Badik Makassar ini berada di museum nasional khususnya berada di daerah Makassar.

2. Senjata Tradisional Badik Raja

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan
sumber: asyraaahmandi.com

Senjata Badik raja merupakan salah satu jenis badik yang berasal dari daerah Kajuara, Kabupaten Bone. Sesuai dengan namanya, senjata tradisional Sulawesi Selatan ini pada zaman dahulu biasa dipakai oleh para raja-raja Bone.

Masyarakat sekitar telah mempercayai apabila badik ini bernama lain gencong raja ata bontoala ini dibuat oleh mahluk halus, tidak heran apabila nilai sakral yang dimiliki sudah menjadi sangat tinggi.

Badik raja berukuran agak besar dengan panjang kurang lebih 20 – 25 cm. bentuknya seperti badik lampo battang dengan bilah yang membungkuk dan juga perut bilah yang membesar.

Badik ini sendiri dibuat dari logam kualitas tinggan dan juga biasa dilengkapi dengan pamor indah pada bagian hulunya, misalnya pamor timpalaja atau pamor mallasoancale.

Baca juga: Senjata Tradisional Jawa Timur

3. Senjata Tradisional Badik Lagecong (Gecong)

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Senajta tradisional Badik Lagencong ini mempunyai nilai kehormatan tersendiri yang berada di masyarakat Sulawesi Selatan.

Ukurannya memang hanya sejengkalan orang dewasa, kecil akan tetapi mematikan. Yang unik dari badik jenis ini yaitu adanya racun yang ada pada bilahnya tersebut.

Sekali melukai, lawan tersebut tidak akan butuh waktu lama untuk menghembuskan nafas terakhirnya. Badik ini pada zaman dahulu dikenakan untuk berperang atau di dalam keadaan terdesak. Jenis senjata tradisional Sulawesi Selatan ini sekarang banyak dicari oleh orang sebagai salah satu koleksi.

4. Senjata Tradisional Badik Luwu

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Sesuai dengan namanya, Badik Luwu ini berasal dari budaya masyarakat kabupaten Luwu pada masa silam. Ada sebuah kepercayaan yang telah dimiliki oleh sebagian masyarakat Bugis apabila badik tersebut disepuh dengan bibir kemaluan gadis perawan, maka orang dengan ilmu kebal atau apapun akan mati jika ditusuk.

Bentuknya yang membungkung kayaknya bungkuk kerbau atau mabbukku tedong dan juga bilahnya lurus dan meruncing pada bagian ujung.

Seiring dengan bertambahnya usia zaman, tidak mengerti apakah prinsip mereka masih berlaku sampai saat ini juga.

5. Senjata Tradisional Badik Lompo Battang

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Di dalam bahasa Bugis, Lompo Battang dapat berarti perut besar. Maka tidak heran lagi jika kita melihat bentuk bilahnya memang tampak seperti perut yang besar.

Jenis senjata tradisional Sulawesi Selatan ini juga mempunyai keunikan tersendiri hingga banyak kolektor benda budaya yang telah memburu senjata tradisional ini.

Ada yang untuk benar-benar dijadikan sebagai salah satu koleksi da nada juga yang untuk diperjual belikan dengan harga yang fantastis

Baca juga: Pakaian Adat Sulawesi Selatan

6. Senjata Tradisional Alamang

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Senjata Alamang merupakan salah satu senjata tradisional sejenis pedang yang sudah dianggap sakral bagi masyarakat di daerah Sulawesi Selatan.

Di tempat asalnya tersebut pedang ini biasa disebut juga dengan Sonri atau Salapu.

Bilah dari senjata ini berbentuk lurus dan juga tajam di bagian bawah. Adapun pada ujungnya yang meruncing kebawah.

Di dalam istilah Bugis dapat dikenal juga dengan sebutan Sudang dalam istilah Makassar dan Labbo Penai di dalam istilah Toraja.

Bentuk dari senjata tradisional Alamang ini adalah gabungan dari 3 jenis senjata, yakni Tappi, Badik dan juga Tombak.

Senjata ini mempunyai filosofi sebagai salah satu simbol kedaulatan, kemakmuran dan juga kewibawaan di suatu kerajaan.

Berdasarkan dengan beberapa literature dimasa lampau Rajak tidak akan lagi meninggalkan kerajaannya jika tidak membawa Alamang atau Salapu.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan tentang senjata tradisional Sulawesi Selatan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika kita memungkinkan akan melaksanakan pembaharuan dimasa yang akan datang sesuai dengan situasi dan juga kondisi.

Terimakasih sebanyak-banyaknya atas kehadiran anda di blog restuemak.com ini dan kami selalu menggunggu komentar, kritik dan tentunya saran demi kemajuan serta kebermanfaatan bersama di dalam memberikan informasi tersebut.

                                         Senjata Tradisional Sulawesi Selatan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *